6+ Model Rangka Atap Baja Ringan Plus Biaya Pasang

Ini dia 6 Model rangka atap baja ringan yang WAJIB anda tahu☑️ cara menghitung biaya harga pasang atap baja ringan dan plus minusnya☑️

Rangka atap menggunakan material baja ringan merupakan satu dari berbagai inovasi yang ada dalam konstruksi bangunan. Berbagai sifat baja ringan yang dianggap menguntungkan menjadikan material ini pilihan utama untuk beberapa profil rumah.

Kalau Anda berminat untuk menggunakan material ini, penjelasan berikut mungkin akan bermanfaat untuk menambah referensi jenis rangka atap apa yang bisa Anda gunakan, apakah rangka atap minimalis, memusat dan lain sebagainya.

Model Rangka Atap Baja Ringan

Ada beberapa jenis model rangka atap yang cocok jika menerapkan material baja ringan sebagai material utamanya. Model rangka atap ini semakin hari semakin berkembang sehingga tak heran jika makin banyak pula yang berminat menggunakannya. Berikut adalah beberapa modelnya.

  1. Rangka Atap Piramid

rangka atap piramid

Jenis rangka atap piramid ini sebenarnya sudah sangat familiar digunakan di masyarakat dan yang menggunakannya pun sudah sangat banyak. Dibandingkan dengan jenis rangka atap lainnya, model atap ini justru proses perangkaiannya yang paling tidak rumit.

Karena ini jugalah model ini banyak digunakan. Untuk perangkaian, bisa dimulai dengan membuat rancangan atau denahnya dulu. Dengan begitu nantinya bisa diketahui berapa banyak material yang dibutuhkan.

  1. Rangka Atap Minimalis

rangka atap minimalis

Konsep rumah minimalis pada dasarnya adalah dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada untuk membuat hunian yang nyaman dan tetap sesuai kebutuhan.

Ini jugalah yang diterapkan pada model rangka atap minimalis dengan menggunakan material baja ringan. Jenis model ini sekilas mirip dengan model kanopi, yaitu cenderung sederhana tanpa banyak detail.

Konsep minimalis yang menekankan pada penggunaan ruang yang ada dengan maksimal membuat model rangka minimalis ini tidak perlu terlalu rumit. Bentuknya sebagian besar mirip dengan bangunan segitiga yang tidak membutuhkan terlalu banyak material untuk rangka.

Karena tidak membutuhkan banyak material, maka Anda pun tidak perlu membeli terlalu banyak baja ringan. Tertarik untuk menggunakannya ?

  1. Rangka Atap Memusat

rangka atap baja ringan

Berikutnya ada jenis rangka atap memusat yang juga bisa menjadi inspirasi model rangka atap untuk rumah Anda. Konsep memusat yang dimaksud pada jenis rangka atap ini adalah dengan mengumpulkan rangka-rangka yang akan dibuat pada satu titik tertentu.

Jenis atau model rangka atap ini biasanya banyak diterapkan pada rumah berkonsep modern sehingga akan memberikan kesan mewah. Namun kekurangannya, jika Anda menggunakan model rangka atap ini, material baja ringan yang dibutuhkan pun banyak jumlahnya.

  1. Rangka Atap Limas

rangka atap limas

Model jenis rangka atap selanjutnya adalah rangka atap limas. Model rangka atap ini sebenarnya ada kemiripan dengan model rangka atap segitiga. Bedanya hanya pada ukuran ruangnya yang lebih luas. Selain itu, pada proses perakitannya terbilang lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak material baja ringan.

  1. Rangka Atap Lingkaran

rangka atap lingkaran

Model rangka atap berikutnya yang bisa menjadi pilihan rangka atap untuk rumah Anda adalah model berbentuk lingkaran. Rangka atap lingkaran ini sebenarnya merupakan jenis rangka atap yang paling sulit pengerjaannya dibandingkan jenis-jenis lainnya.

Detailnya rumit membuat jenis rangka atap ini tidak banyak menjadi pilihan. Selain itu, tentu saja membutuhkan material yang lebih banyak. Biasanya jenis rangka atap ini banyak digunakan di bangunan-bangunan mewah seperti restoran atau lainnya.

Jika ingin menerapkannya pada rumah sebenarnya bisa saja. Namun, Anda harus tetap mempertimbangkan kecocokan model ini untuk rumah yang Anda bangun.

  1. Rangka Atap Persegi Panjang

rangka atap

Model rangka atap persegi panjang biasanya digunakan untuk rangka atap kanopi. Namun bisa juga diterapkan untuk bangunan utama. Keunggulan jika diterapkan pada bangunan utama adalah proses pembuatannya yang lebih mudah dan cepat karena bentuknya persegi panjang.

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam pemasangannya adalah bagian kuda-kuda yang merupakan penyangga harus dipasang dengan benar-benar kuat.

Potongan Atap Baja Ringan

baja ringan

  1. Clerestory, yaitu potongan baja ringan yang cocok digunakan pada rumah berkonsep modern. Bentuknya mewah dengan dengan desain yang tidak terlalu ramai.
  2. Bowstring adalah potongan atap dengan baja ringan dengan bentuk melingkar yang rumit. Dalam proses merangkainya dibutuhkan rangkaian yang kemudian digabungkan. Pemasangannya pun membutuhkan waktu yang lama.
  3. Vaulted Paralel Chor, yaitu potongan yang cocok diterapkan pada rumah berkonsep minimalis. Bentuk potongannya sederhana, tidak perlu banyak ruang serta ukuran yang dibutuhkan pun tergantung pada luas bangunannya.

Keunggulan Rangka Atap Baja Ringan

  1. Keunggulan / kelebihan rangka model ini yang utama adalah kekuatan dan. Meskipun terbuat dari material baja ringan namun bahan ini justru memiliki kekuatan lebih dibandingkan dengan material lain.
  2. Lebih tahan lama. Ini karena material baja ringan tidak mudah berkarat, tahan terhadap serangan rayap dan tahan terhadap perubahan cuaca. Jadi, konstruksi jadi tidak cepat lapuk dan rusak.
  3. Lebih seragam, karena merupakan buatan pabrik, jadi bentuknya lebih seragam. Selain bentuk, sifat dan kualitasnya pun seragam dan pastinya sudah berstandar.

Kelemahan Rangka Atap Baja Ringan

  1. Pemasangan dan perhitungannya butuh ketelitian. Ini adalah aspek kekurangan / kelemahan rangka atap baja ringan yang harus dipertimbangkan. Jika tidak diperhitungkan dengan teliti, maka konstruksi pun jadi mudah roboh.
  2. Kalau untuk diekspos, rangka atap jenis ini tidak terlihat menarik. Jadi, jika Anda ingin membuat rumah yang menampilkan kesan estetika tinggi, material kurang begitu cocok.
  3. Harganya masih relatif mahal. Material ini adalah material yang dibuat oleh pabrik dengan komposisi bahan khusus, sehingga wajar jika harganya masih tergolong tinggi.

Harga Borongan Pasang Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui apa saja jenis model rangka atap yang bisa digunakan, varian potongan dan kelebihan kekurangannya, berikutnya adalah informasi harga atap baja ringan plus pasang disertai cara pasang hingga perhitungan biaya pemasangannya.

Spesifikasi Harga Per M2
Rangka CNP 0,75 mm  Zincalume + Atap Genteng Metal Berpasir Include Nok Rp 197.500
Rangka CNP 0,75 mm Zincalume + Atap Gelombang Gogreen Rp 182.500
Rangka CNP 0,75 mm Zincalume + Genteng Keramik Kanmuri Rp 332.300
Rangka CNP 0,75 mm Zincalume + Atap Spandek Rp 202.300
Rangka  CNP 0,75 mm Zincalume + Atap Genteng Metal Polos Rp 192.300
Rangka  CNP 0,75 mm Atap Zincalume Rp 127.200
Rangka  CNP 1,00 mm Atap Zincalume Rp 152.400
Rangka atap + rencana genteng atap metal Rp. 124.600
Rangka atao + rencana genteng atap keramik Rp. 129.700
Rangka atap + genteng metal Rp. 192.900
Rangka atap + genteng metal + alumunium foil Rp. 212.800

Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Jika sudah memutuskan akan menggunakan material baja ringan untuk rangka atap rumah Anda, hal berikutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Rumus cara menghitung biaya pasang atap baja ringan sebenarnya mudah asal Anda tahu hal-hal yang perlu disiapkan.

Pertama Anda perlu tahu harga dan spesifikasi baja ringan yang akan digunakan, mulai dari merek hingga harga per batangnya. Setelah itu, buat rancang bangunan kasar untuk memperkirakan ukurannya. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

Biaya = (luas atap rumah x harga baja ringan per m2) + (luas atap rumah x harga penutup atap per m2)

Dimana untuk mengukur luas atap rumah bisa menggunakan rumus berikut:

Luas atap rumah = panjang x lebar : cosinus derajat kemiringan atap

  • Spesifikasi Atap Baja Ringan
Jenis Atap Max Jarak Kuda Kuda Kemiringan Jarak Reng Berat Atap Tekanan Angin
Genteng Keramik 1200 mm 30⁰ 265 mm 45 kg/m2 100 kg/m2
Genteng Beton 1200 mm 30⁰ 300 mm 35 kg/m2 100 kg/m2
Genteng Metal 1600-1800 mm 15⁰-30⁰ 600 mm 5 kg/m2 100 kg/m2
Atap Metal 1600-1800 mm 10⁰-30⁰ 900 mm 5 kg/m2 100 kg/m2
  • Contoh Perhitungan Biaya Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Dari rumus perhitungan biaya pasang atap baja ringan di atas, Anda bisa menerapkannya pada konstruksi rangka atap Anda sendiri. Untuk memudahkan dalam penghitungan, Anda bisa memperhatikan contoh perhitungan harga rangka baja ringan per meter terpasang berikut ini.

Misalnya rumah Anda memiliki hunian bertipe 36. Anda kemudian ingin memasang rangka atap baja ringan berukuran 0,75mm. Rumah bertipe 36 ini memiliki panjang 10 meter dan lebar 7 meter. Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang rangka atap  tersebut?

Pertama hitung luas rumah lebih dulu, yaitu panjang x lebar = 10 x 7= 70m2. Luas rumah ini memiliki luas atap rumah 79 m2. Jika sudah, berikutnya hitung biaya pemasangannya. Asumsikan harga baja ringan per m2 adalah Rp 122.000 sedangkan harga penutup atap per m2 adalah Rp 140.000.

Biaya pemasangan yang dibutuhkan = (79 x 122.000) + (79 x 140.000) = Rp 20.698.000.

Jadi, biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan rangka atap baja ringan tersebut adalah sebesar Rp 20.698.000.

Cara Pasang Atap Baja Ringan yang Benar

Sumber : Channel Tukang Jadi Jadian

Selain berbagai hal sudah dijelaskan di atas, Anda juga harus tahu bagaimana cara pasang atap baja ringan yang benar. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam salah satu kelemahan rangka atap ini adalah jika pemasangannya tidak teliti bisa berpengaruh pada kekuatan konstruksi.

  1. Langkah Persiapan

Sebelum memulai langkah pemasangan, Anda harus menyiapkan apa saja yang dibutuhkan dulu. Pertama siapkan gambar rencana atap dan peletakan kuda-kuda. Jangan menggunakan gambar draf sebagai panduannya. Selanjutnya siapkan juga perlengkapan untuk pemasangan kuda-kuda. Jangan lupa juga untuk menyiapkan perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja.

  1. Langkah Leveling dan Marking

Jika sudah, tahap selanjutnya adalah levelling dan marking. Dimulai dengan memastikan seluruh permukaan atas pada ring balok rata dan siku. Setelah itu, pastikan pastikan juga rangkaian ring balok sudah mengikat seluruh bagian dan tersambung dengan benar.

Selanjutnya beri tanda pada posisi dimana kuda-kuda akan diletakkan berdasarkan gambar rencana atap yang sudah dibuat. Lalu kemudian ukur jarak antar kuda-kuda.

  1. Langkah Pengangkatan dan Pemasangan Kuda-Kuda

Langkah berikutnya adalah pengangkatan dan pemasangan kuda-kuda. Angkat kuda-kuda dengan hati-hati agar tidak ada kerusakan pada kuda-kuda yang sudah dirakit. Pastikan juga bagian kanan dan kiri kuda-kudanya tidak terbalik lalu pastikan posisinya agar tegak lurus.

  1. Kencangkan Kuda-kuda dengan Plat L

Jika sudah, kencangkan dengan plat L. Sampai langkah ini kemudian diulangi hingga semua kuda-kuda terpasang. Baru setelah itu periksa jarak kuda-kuda dari as ke as maksimal berjarak 1,2m.

Periksa juga kedataran dari semua puncak kuda-kuda  dan pastikan garis nok berada pada ketinggian yang sama. Lanjutkan dengan memasang balok nok, pengikat (bracing), reng, outrigger dan ceiling battens.

  1. Memasang Penutup Atap

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, tahap terakhir tinggal memasang penutup atapnya. Sebelum itu, pastikan kembali kuda-kuda sudah terpasang sesuai dengan gambar rancangan dan terpasang dengan benar. Baru setelah itu bisa dilanjutkan dengan tahap pemasangan penutup atap sesuai jenis penutup atap yang digunakan.

Bagaimana sobat Hargabangunan.id ? Sekarang Anda sudah tahu bukan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pemasangan rangka atap baja ringan, baik itu sebelum hingga pemasangannya.

Info Perkembangan Harga Lainnya :
Cara Pasang Bondek Harga Triplek
Harga Wiremesh Harga Besi Hollow

Dengan penjelasan di atas, Anda jadi tahu jenis model rangka atap baja ringan apa yang paling sesuai untuk kebutuhan konstruksi Anda, berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana cara pemasangan yang benar untuk mendapatkan atap yang kokoh dan kuat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *