Atap Bitumen: Jenis, Ukuran, Harga & Cara Pemasangan

4 min read

Mengenal apa itu Atap Bitumen onduline dan kelebihan kekurangannya☑️ Promo harga atap bitumen terbaru 2023 berbagai jenis dan ukuran☑️

Ada banyak sekali material yang digunakan untuk membuat sebuah atap, salah satu yang juga sering digunakan adalah atap bitumen. Atap jenis ini terbuat dari bahan dasar bitumen atau aspal yang dicampur dengan material lainnya yang membuatnya kokoh dan awet.

Agar lebih mengenal tentang atap ini, simak penjelasan mengenai jenis, harga, serta kelebihan kekurangannya di bawah ini. Akan kami kupas secara tuntas informasi detailnya!

Mengenal Atap Bitumen

atap bitumen
Contoh gambar atap bitumen

Menurut KBBI, arti bitumen sendiri merupakan cairan aspal yang terbentuk dari hasil persenyawaan hidrogen dan hidrokarbon yang dicampur dengan oksigen, sulfur, dan juga klor.

Sedangkan untuk pengertian atap bitumen adalah jenis atap rumah yang komponennya terbuat dari material aspal, fiberglass, pasir batu dan alga coating. Selain dikenal dengan nama atap bitumen,  atap jenis ini memiliki beberapa sebutan lain diantaranya yaitu genteng aspal, atap sirap aspal dan genteng asphalt single.

Jika Anda mendengar istilah tersebut maka semuanya adalah sama yaitu bitumen. Atap jenis ini pertama kali muncul pada tahun 1904 di Amerika Serikat dan kini banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Atap ini pertama kali dikembangkan dalam bentuk rol atau gulungan. Hingga pada tahun 1900-an, penjualan genteng bitumen ini mulai meluas di hampir seluruh wilayah Amerika serikat dan berkembang menjadi bentuk genteng bijian.

Ukuran Atap Bitumen

ukuran atap bitumen

Ukuran atap bitumen gelombang memiliki panjang 200 cm, lebar 95 cm dan tebal 0,3 cm. Kemudian untuk ukuran atap bitumen datar memiliki dimensi panjang 1000 mm, lebar 333 mm dan tebal 0,2 cm.  Sedangkan atap bitumen jenis tile memiliki dimensi ukuran 28×100 cm dan 30×100 cm dengan ketebalan 2-3 mm.

Atap Bitumen Gelombang Ukuran
Panjang 200 cm
Lebar 95 cm
Tebal 0,3 cm
Berat 6,5 kg (3.42 kg/m2)
Tinggi gelombang 4 cm
Jumlah gelombang 10
Luas Efektif 1,53 m2/lembar

Tabel diatas merupakan ukuran atap bitumen jenis gelombang. Untuk varian atap bitumen datar, rincian ukurannya bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

Atap Bitumen Datar Ukuran
Panjang 1000 mm
Lebar 333 mm
Berat 11 kg/m2
Exposure 143 mm
Headlap 50 mm
Jumlah per bundle 21
Coverage per bundle 3 m2
Luas Efektif 1,53 m2/lembar

Jenis Atap Bitumen

atap bitumen onduline

Sama halnya dengan genteng atau atap lainnya, atap bitumen juga dibagi menjadi beberapa jenis dan bentuk. Ketahui jenisnya tersebut agar Anda bisa memilih salah satu untuk digunakan. Adapun jenis atap jenis ini yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Bitumen Gelombang

Atap satu ini memiliki bentuk gelombang dan cocok untuk Anda pasang sebagai atap rumah. Sama dengan atap lainnya, atap jenis ini tentu saja menggunakan material dasar berupa aspal. Sedangkan untuk material campurannya yaitu serat selulosa.

2. Bitumen Tile

Jenis atap yang kedua adalah bitumen tile. Sesuai dengan namanya, bentuk dari jenis ini adalah kotak seperti tile. Sedangkan untuk material pembuatannya yaitu kombinasi dari beberapa material diantaranya yaitu batuan granual, aspal, dan fiberglass. Batuan granual yang digunakan biasanya berwarna asli dan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page