Rekomendasi Atap Transparan Terbaik dan Harganya

Posted on

Sesuai namanya, polycarbonate EZ-lock ini terbuat dari bahan dasar polikarbonat. Permukaannya datar dengan varian semi transparan & transparan dengan pilihan warna bervariasi. Jenis ini juga sudah dibekali dengan teknologi perlindungan UV.

  1. Onduline Transparan

atap onduline transparan

Terakhir, ada jenis atap onduline transparan yang terbuat dari serat selulosa serta campuran bahan lain. Ketahanannya tinggi dengan variasi pilihan warna lebih beragam. Bobotnya lebih ringan dan lebih fleksibel sehingga mudah dibentuk.

Harga Atap Transparan

atap transparan

Dari segi harga, atap bening sebenarnya relatif tergantung seberapa besar area rumah yang akan dipasangi dengan atap model bening ini. Terdapat beragam merk atap transparan murah dengan kualitas terbaik yang dijual dipasaran. Anda tinggal menyesuaikan harga atap transparan dengan keuangan yang ada.

Baca Juga : Harga Besi Hollow

Untuk jenis atap transparan dengan perlindungan UV bisa didapatkan mulai dari kisaran harga Rp 135.000 – Rp 520.000 per m2. Selengkapnya bisa anda lihat pada tabel daftar harga atap transparan dibawah ini.

Jenis Atap Ukuran Harga
Solartuff Transparan 76 cm x 0.8 mm Rp 130.000
Fiber Transparan Survivor 70 cm x 0.8 mm Rp 10.500
Spandek Transparan Trimdek 70 cm x 1 mm Rp 350.200
Genteng Metal Transparan 60 cm x 70 cm Rp 135.000
Alderon Gelombang Transparan 83 cm x 1.2 mm Rp 55.000
Onduline Onduclair Transparan 70 cm x 1 mm Rp 335.000
UPVC SUN PANEL Twinwall 83 cm x 10 mm Rp 140.500
PC Exceltech ESR1000 107 cm x 0.8 mm Rp 275.000
Polycarbonate Transparan 920 cm x 1.5 mm Rp 230.000

Keunggulan Atap Transparan

Penggunaan atap bening untuk berbagai penggunaan sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas tentu bukan tanpa alasan. Ada berbagai kelebihan yang diberikan jika menggunakan atap bening dibandingkan jenis atap lain.

  1. Lebih Hemat Listrik karena Pencahayaan Alami Lebih Maksimal

Pencahayaan alami yang lebih maksimal masuk ke dalam ruangan atau bagian rumah yang menggunakan atap bening ini tentu bisa membuat penggunaan energi listrik lebih efektif. Saat siang hari sudah tidak perlu menyalakan lampu sehingga dipastikan lebih hemat energi.

  1. Tetap Aman untuk Kesehatan

Meski dengan atap bening cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam ruangan, Anda tidak perlu khawatir dari segi kesehatan. Hal tersebut karena kebanyakan jenis atap transparan ini sudah dibuat dengan menerapkan teknologi perlindungan terhadap sinar UV.

  1. Tampilan Rumah Lebih Modern dan Futuristik

Kelebihan selanjutnya adalah dari segi penampilan. Dengan menggunakan atap bening ini tampilan rumah Anda jadi tampak lebih modern dan futuristik.

Kekurangan Atap Transparan

  1. Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada pula kekurangan yang harus menjadi perhatian. Seperti misalnya tidak semua jenis atap bening sudah memiliki perlindungan terhadap sinar UV. Karena itu Anda harus lebih cermat dalam memilihnya.
  2. Selain itu, penempatannya juga harus dipikirkan matang-matang, bagian rumah mana yang bisa dan tepat untuk dipasang atap ini. Karena sifatnya bening tentu akan mengurangi privasi bagian rumah yang dipasangi atap ini.

Penggunaan Atap Transparan

Sumber : Channel BRP Karya

Atap model bening cukup banyak diminati untuk berbagai kebutuhan. Seperti beberapa penggunaan berikut yang sering dijumpai.

  1. Atap Kolam Ikan Koi

Penggunaan pertama atap bening ini adalah untuk kolam ikan koi. Kolam ikan koi yang biasanya diletakkan semi outdoor tentu tetap membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Agar tetap terlindung dan kebutuhan cahaya alaminya terpenuhi, maka atap kolam ikan koi pun menggunakan atap transparan.

  1. Atap Greenhouse

Kalau Anda pergi ke kawasan wisata agraris, kebanyakan menggunakan sistem greenhouse yang juga menggunakan atap bening. Dengan teknologi yang diterapkan pada bahan pembuatnya.

Tanaman yang ditanam di bawah atap greenhouse ini bisa tetap mendapatkan cahaya alami maksimal sekaligus terlindung dari cuaca yang tidak sesuai untuk tumbuh kembang tanaman tersebut.

  1. Atap Transparan Dapur

Ini adalah penggunaan atap bening yang sedang trend belakangan ini. Kalau Anda ingin mendesain dapur yang berbeda, dapur semi outdoor maupun dapur full indoor yang lebih modern dan terlihat alami.

Atap bening ini bisa menjadi pilihan. Atap transparan dapur akan membuat pencahayaan alami di dapur lebih maksimal, cocok untuk jenis dapur semi outdoor.

  1. Atap Pabrik Skylight

Penggunaan berikutnya yang juga sering ditemui adalah pada atap pabrik skylight. Pemilihan atap bening memungkinkan cahaya bisa lebih maksimal masuk ke dalam pabrik sehingga penggunaan cahaya dari lampu bisa lebih diminimalisir.

  1. Atap Transparan untuk Jemuran

Jemuran mungkin bukan bagian inti rumah, namun memiliki peran penting. Dengan menggunakan atap jemuran transparan, cahaya masuk lebih maksimal. Dengan begitu jemuran bisa tetap kering meskipun tidak terkena cahaya matahari langsung.

  1. Atap Teras Rumah Semi Outdoor

Penggunaan atap bening yang paling sering ditemui adalah untuk atap teras rumah semi outdoor. Dengan atap model bening, tampilan rumah akan terlihat lebih modern.

  1. Atap Kanopi Baja Ringan

Penggunaan terakhir untuk atap bening ini adalah untuk kanopi baja ringan. Bagian kanopi dari sebuah bangunan yang biasanya dipakai di restoran atau café tentu akan lebih menarik jika menggunakan atap kanopi baja ringan dengan jenis atap bening.

Info Atap Jenis Lainnya :
Atap Spandek Atap Baja Ringan
Atap GRC Atap Kalsiboard

Demikian tadi penjelasan tentang atap transparan versi Hargabangunan.id yang perlu Anda ketahui. Dengan penjelasan di atas kini Anda sudah tahu apa kegunaan dari atap transparan ini dan jenis apa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

10 comments

  1. Lengkap dan detail iformasinya. Minta saran dong kak, kebetulan saya cari atap transparan untuk dipasang diatas kolam koi dengan ukuran 4×5 meter. Baiknya pakai jenis apa yang yg irit biaya tentunya :)) rekomendasi yang termurahhhh

    1. Kalu memang fokusnya cari yang harga paling murah ya pake atap asbes transparan aja sudah cukup kok..tapi atap ini punya kekurangan umurnya yg tidak trlalu panjang..Tapi kl kakak ada dana lebih pake atap kaca tempered aja sekalian buat jangka panjang :))

    1. Kl sy pribadi prefer yg sesuai dengan budgeting yg disiapkan.. Tp kl misal diminta untuk memilih, tentunya sy akan lebih memilih kaca tempered..krn selain usia material yg lebih panjang, dari segi interface (tampilan) juga terkesan lebih elegan . .

  2. Sy lg cari atap transparant utk garasi & tempat jemuran. Adakah rekomendasi bagusnya pk jenis apa ?
    Pastinya utk pemakaian jangka panjang.

    1. kl saya pribadi prefer menggunakan kaca tempered 8mm atau 10mm dengan rangka besi hollow kak untuk garasinya..sedangkan untuk atap jemuran mungkin cukup menggunakan spandek transparan dengan rangka galvalum atau baja ringan.

  3. saya ada lahan 1 M x 4M untuk area cuci baju & setrika, posisi di belakng rumah, enaknya pake atap yang bahannya apa? terimakasih banyak

    1. Mungkib bisa pakai merk twinlit atau alderon yg transparan kak… tapi kl dirasa butuh yg lebih murah (irit biaya) bisa pakai fiber gelombang bening.

  4. saya ingin pasang kanopi sekaligus untuk peneduh tanaman di bawahnya..saran atap yang terbaik sekaligus ekonomis apa pak?
    informasi tambahan..nanti nya di bawah atap akan saya pasang paranet double dengan kerapatan 85%

Leave a Reply

Your email address will not be published.