Harga Besi Siku Semua Ukuran Terbaru 2024

8 min read

Promo harga besi siku lubang & polos terbaru 2024☑️ Ragam ukuran, Jenis & Tabel berat besi siku per batang lengkap dan plus minusnya☑️

Perkembangan material yang digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan kian bervariasi. Hal ini tidak hanya membuat tampilan bangunan menjadi lebih menarik, namun juga bisa meningkatkan kekuatan bangunan.

Selain besi hollow dan juga besi beton, contoh yang saat ini sering digunakan adalah besi siku, yang variasinya juga beragam. Ada besi siku lubang, polos dan lain sebagainya. Lalu sebenarnya jenis besi apa besi siku itu ? dan apa saja kegunaannya dalam konstruksi bangunan? Berikut ulasannya.

Apa itu Besi Siku ?

besi siku

Besi siku adalah logam/ batang besi yang dibentuk menyerupai huruf L dengan sudut 90′ (berpenampang siku siku) dengan panjang standar 6 m. Dinamakan besi siku karena bentuk sudutnya yang menyerupai segitiga siku siku.

Besi siku dibentuk menyerupai huruf L agar sangat stabil dan mampu menahan tekanan dan beban berat yang cukup besar.

Besi jenis ini sering digunakan untuk membingkai atau membangun berbagai furniture, dekorasi rumah, struktur pendukung, dan juga rak serbaguna.

Meskipun dinamakan dengan sebutan ‘besi siku’, material ini sebenarnya terbuat dari baja galvanis dengan dua jenis yang berbeda – sama dan tidak sama. Besi siku ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah besi siku lubang dan besi siku polos.

Jenis Jenis Besi Siku :

Besi siku ini terdiri dari beberapa jenis dengan ukuran bentuk, bahan pembuat dan fungsi yang juga berbeda. Agar bisa memilih jenis besi siku mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, perhatikan beberapa jenisnya berikut:

  1. Besi Siku Lubang

Jenis yang pertama adalah besi siku lubang. Jenis ini memiliki lubang di kedua sisinya. Lubang-lubang tersebut berfungsi untuk tempat baut atau drat.

  1. Besi Siku Polos Sama sisi

Sesuai namanya, besi siku polos ini adalah besi yang tidak terdapat lubang-lubang di sisi-sisinya. Bentuknya biasanya sama sisi dengan sudut 90 derajat.

  1. Besi Siku Polos Tidak Sama sisi

Berbeda dengan jenis sama sisi, besi yang satu ini memiliki bentang sudut sebesar 45 derajat. Kedua sisi tidak sama panjang, salah satu sisi lebioh panjang daripada sisi lainnya. Umumnya ukuran besi siku tidak sama sisi adalah 150 × 90, 100 × 75 dan 125 × 75.

  1. Besi Siku Galvanis

Berikutnya adalah jenis besi siku galvanis. Jenis besi ini adalah baja siku angle bar yang telah mengalami proses pelapisan oleh galvanis atau proses galvanisasi. Proses ini sendiri merupakan proses pelapisan dengan lapisan non korosi.

One Reply to “Harga Besi Siku Semua Ukuran Terbaru 2024”

  1. Hi! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same subjects? Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page