Harga Genteng Beton Flat dan Gelombang 2024

4 min read

Promo harga genteng beton terbaru 2024☑️ Daftar harga genteng beton flat dan gelombang per m2 dan per biji Termurah☑️

Salah satu material atap rumah yang banyak diminati di tahun 2024 ini adalah genteng beton. Jenis genteng yang satu ini banyak sekali dijumpai pada lingkungan cluster cluster perumahan dilingkungan perkotaan maupun pedesaan.

Anda pastinya juga tidak inginkan bahan bangunan yang anda beli nantinya tidak berkualitas dan gampang rusak. Jadi untuk memilih bahan bangunan sebagai material atap rumah, jangan sampai anda salah dalam memilih.

Untuk itu, simak dengan baik informasi mengenai hal penting terkait dengan genteng beton seperti spesifikasi, ukuran, kelebihan, kekurangan, serta perkembangan harga genteng beton terbaru di tahun 2024 ini.

Apa itu Genteng Beton?

harga genteng beton
Contoh gambar genteng beton

Genteng beton adalah material atap bangunan yang terbuat dari bahan dasar pasir, semen, air, kapur mill, dan fly ash. Mutu sebuah genteng beton didasarkan pada standar mutu SNI 0096:2007.

Untuk yang belum mengetahui apa itu material Fly ash, bahan dasar tersebut merupakan limbah dari batubara yang ternyata mengandung racun didalamnya. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan fly ash pada genteng beton harus memiliki izin dan pengawasan resmi dari Mentri Lingkungan Hidup.

Pada standar mutu genteng beton (SNI 0096:2007), dijelaskan bahwa produk genteng beton harus memenuhi kualitas syarat tertentu seperti beban lentur, sifat tampak, daya penyerapan air, ketahanan terhadap rembesan air (impermeabilitas) serta ukuran kerataan.

Secara umum, genteng beton diklasifikasikan menjadi dua yakni genteng beton profil (gelombang) dan genteng beton rata (flat).

Pembuatan genteng beton ini rata rata menggunakan metode response surface yang fungsinya untuk menguji kekuatan beban lentur dari genteng beton sebelum dijual dipasaran.

Genteng  beton  memiliki  syarat mutu beban  lentur  sebagai  syarat  mutu  paling penting.  Genteng beton yang memenuhi uji beban lentur yang sesuai dengan nilai SNI 0096:2007 akan memberikan kekuatan daya tekan yang memenuhi standar di Indonesia.

Ukuran Genteng Beton

ukuran genteng beton

Ukuran genteng beton standar di Indonesia adalah 33 cm × 42 cm untuk profil genteng Flat dan gelombang. Kebutuhan tiap 1 Meter persegi (m2) membutuhkan 10 pcs genteng beton dengan sudut kemiringan pemasangan minimal 25 derajat.

Mengenai detail spesifikasi genteng beton standar SNI, bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

Spesifikasi Keterangan
Panjang Genteng 33 Cm
Lebar  Genteng 42 Cm
Berat / Pcs 4,4 kg
Kekuatan Beban Tekan 150 kgf
Isi / Meter Persegi (m2) 10 pcs
Daya Penyerapan air max 7%
Jarak Reng 25,5 Cm
Kebutuhan Per m2 10 pcs/m2
Sudut Kemiringan Atap Kemiringan minimal 25′ atau 4:12

Spesifikasi Jarak Pemasangan Genteng Beton Flat

  • Jarak pemasangan genteng Flat Horizontal dengan berat 4,5 kg : Jarak reng adalah 28 cm dengan tingkat kemiringan sudut 35°
  • Jarak pemasangan genteng Flat Multiline dengan berat 3,5 kg : Jarak reng adalah 36 cm dengan tingkat kemiringan sudut 35°
  • Jarak pemasangan genteng Flat Garuda Besar dengan berat 4,2 kg : Jarak reng adalah 37 cm dengan tingkat kemiringan sudut 30°
  • Jarak pemasangan genteng Flat Garuda Kecil dengan berat 4,2 kg : Jarak reng adalah 37 cm dengan tingkat kemiringan sudut 35°
  • Jarak pemasangan genteng Flat Italy dengan berat 4,2 kg : Jarak reng adalah 37 cm dengan tingkat kemiringan sudut 30°
  • Jarak pemasangan genteng Flat Imperial dengan berat 3,5 kg : Jarak reng adalah 36 cm dengan tingkat kemiringan sudut 40°

*Notes : Pemasangan genteng beton dengan sudut kemiringan < 25 derajat di kawasan yang memiliki curah hujan tinggi, disarankan agar menggunakan underlay.

Sedangkan pada sudut kemiringan < 40 derajat di kawasan yang sering diterpa angin kuat/ tinggi, dianjurkan menggunakan sekrup dalam instalasinya.

Harga Genteng Beton Flat

genteng beton flat
Contoh gambar genteng beton flat

Untuk anda yang kebetulan sedang mencari refrensi perkembangan harga genteng beton flat, berikut hargabangunan.id ulas rangkuman daftar harga genteng beton flat terbaru 2024 yang kami kumpulkan dari berbagai Marketplace.

Produk Satuan Harga
Genteng beton flat triple S classic 1 Pcs Rp 5.500
Genteng beton flat Cisangkan Minimalis 1 Pcs Rp 8.950
Genteng beton flat Cisangkan Multiline 1 Pcs Rp 9.550
Genteng beton flat Purnama Birry 1 Pcs Rp 7.100
Genteng beton flat Purnama Royal 1 Pcs Rp 4.600
Genteng beton mutiara flat profile 1 Pcs Rp 6.850
Genteng beton flat monier excel plano 1 Pcs Rp 9.600
Genteng beton flat garuda 1 Pcs Rp 5.200
Genteng beton flat CP Cengkareng 1 Pcs Rp 10.000
Genteng beton ringan Java Line 1 Pcs Rp 4.700
Genteng beton ringan Goodyear Karangpilang 1 Pcs Rp 5.100
Genteng beton ringan gemini Karangpilang 1 Pcs Rp 5.150
Genteng beton ringan motif garis minimalis 1 Pcs Rp 7.000
Genteng beton ringan motif urat karangpilang 1 Pcs Rp 7.600
Genteng beton flat finishing Duco 1 Pcs Rp 9.200
Genteng beton Bambe Bisma Karangpilang 1 Pcs Rp 4.300
Genteng beton flat platinum grey 1 Pcs Rp 4.900
Genteng beton ringan shingle korea flat 1 Pcs Rp 7.100
Genteng beton ringan red colour 1 Pcs Rp 5.300

Harga Genteng Beton Gelombang

genteng beton gelombang
Contoh gambar genteng beton gelombang

Selanjutnya bisa anda simak ulasan harga genteng beton per meter (m2) untuk varian genteng beton gelombang. Tabel dibawah ini berisi rangkuman daftar harga genteng beton gelombang terbaru 2024 dari berbagai sumber yang kredibel.

Produk Satuan Harga
Genteng beton gelombang Karangpilang Per M2 Rp 111.200
Genteng Beton Gelombang Garuda Universal Per M2 Rp 53.000
Genteng Beton Garuda Gelombang/ Nglayur Per M2 Rp 47.750
Genteng Beton Gelombang tipe Nusantara Per M2 Rp 44.500
Genteng Beton Gelombang model minimalis Per M2 Rp 72.100
Genteng Beton Gelombang Warna Merah Modern Per M2 Rp 85.300
Genteng Beton Gelombang Mutiara All Colour Per M2 Rp 71.900
Genteng Gelombang Concrete beton Elabana Per M2 Rp 115.500
Genteng Beton Gelombang Cisangkan Per M2 Rp 95.900
Genteng Beton Ruby Model Garuda Gelombang Per M2 Rp 69.200
Genteng Beton Cisangkan Majestic Gelombang Per M2 Rp 68.900
Genteng Beton Cisangkan Oriental Gelombang Per M2 Rp 70.200
Genteng Beton Cisangkan Victoria Gelombang Per M2 Rp 92.000
Genteng Beton Cisangkan Gelombang Dual Slate Per M2 Rp 101.200
Genteng Kaca Beton Gelombang Type Elabana Per M2 Rp 67.000

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Beton

genteng beton

Sebuah produk material tentunya memiliki paket keunggulan dan kelemahan, tak terkecuali pada genteng beton. Berikut beberapa point penting terkait kelebihan genteng beton yang perlu anda ketahui sebelum menggunakannya.

Keunggulan :

  • Tahan Lama dalam Pemakaian Jangka Panjang

Penggunaan genteng beton sangat efektif untuk diaplikasikan pada penggunaan jangka panjang. Material dasar pada genteng beton membuatnya mampu bertahan dari terpaan berbagai cuaca yang ada di Indonesia.

  • Cocok Dalam Berbagai Jenis Cuaca

Material dasar pada genteng beton yakni pasir, semen, air, kapur mill, dan fly ash membuatnya mampu bertahan menghadapi intensitas panas yang tinggi maupun curah hujan yang tinggi.

  • Material yang Kuat dan Anti Hama

Penggunaan genteng beton sangat cocok digunakan pada rumah rumah minimalis maupun mediteran. Material pada genteng ini membuatnya sangat kuat, kokoh, serta tahan terhadap serangan berbagai hama seperti rayap, dll.

  • Model dan Warna yang Beragam

Genteng beton memiliki berbagai model dan warna yang bisa anda pilih. Misalkan saja genteng beton dengan tipe nusantara, tipe garuda, tipe flat serta tipe royal. Ke-empat varian tersebut juga dibekali dengan beraneka ragam warna yang siap untuk dijadikan dekorasi atap rumah anda.

  • Menurunkan Suhu Didalam Rumah

Penggunaan genteng beton sebagai atap rumah juga memiliki keunggulan yakni dapat menurunkan suhu panas yang ada didalam rumah saat siang hari. Hal ini karena massa termal genteng beton yang berat serta komposisi materialnya akan membantu mengatur suhu dalam ruangan.

  • Produk Beredar Luas di Pasaran dan Mudah Ditemukan

Anda bisa membeli genteng beton di kawasan perkotaan maupun di daerah daerah atau lingkungan pedesaan. Pasalnya, produksi genteng beton sangat masiv bertebaran hampir diseluruh wilayah Indonesia/

Kekurangan :

Setelah anda mengetahui berbagai keunggulan yang ada pada genteng beton, kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengetahui juga apa saja kelemahan kelemahan yang ada pada jenis genteng tersebut. Berikut ulasannya.

  • Harga Relatif Tidak Murah

Jika dibandingkan dengan genteng tanah liat, harga genteng beton relatif sedikit lebih mahal. Namun jika dibandingkan dengan genteng keramik atau metal, harga genteng beton masih dibilang terjangkau.

  • Material yang Berat

Genteng beton memiliki bobot material yang cukup berat. Akibatnya, anda harus memiliki struktur rangka atap yang kuat juga untuk menjadi penopangnya. Hal ini karena beban penggunaan genteng beton cukup tinggi dibandingkan jenis genteng lainnya.

  • Rentan dengan Keretakan/ Pecah

Penggunaan genteng beton dalam waktu yang lama akan mengakibatkan material menjadi sedikit rapuh. Akibatnya, genteng jadi rentan terjadi keretakan/ pecah saat terkena tekanan yang tinggi.

  • Memerlukan Sudut Kemiringan Atap Tertentu

Kelemahan genteng beton berikutnya yaitu tidak bisa digunakan untuk semua sudut kemiringan atap rumah. Genteng beton tidak boleh digunakan pada kemiringan kurang dari 4:12, hal ini karena material yang berat akan berbahaya jika diletakkan pada kemiringan yang tajam.

Info Material Bangunan Lainnya :
Harga Genteng Metal Harga Genteng Keramik
Harga Cat Genteng Harga Genteng Tanah Liat

Harga genteng beton terbaru 2024 yang kami paparkan diatas tentunya sewaktu waktu dapat berubah karena melihat harga yang ada pada setiap kota berbeda. Pastinya terdapat selisih meskipun tidak akan banyak. Sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page