Harga Cat Minyak

Cat Minyak Adalah ?☑️ Ulasan lengkap sejarah, sifat & karakter, keunggulan dan harga cat minyak terbaru 2021 untuk tembok & melukis ☑️

Seperti yang kita ketahui bersama, kelebihan menggunakan cat minyak adalah menjadikan warna tampak mengkilap. Ketika proses pengecatan selesai, hasil akhir tersebut akan terlihat mengkilap bahkan ada beberapa yang sampai menyala dalam kegelapan.

Hal ini tentunya sangat menarik karena cat tersebut tidak hanya diaplikasikan pada tembok saja, tetapi bisa juga digunakan ketika sedang melukis. Lalu apa sebenarnya definisi dari cat minyak dan Bagaimana sejarah terciptanya cat minyak?

Tentang Cat Minyak

cat minyak
Via : Arttalk.com

Cat minyak adalah jenis cat yang komponennya tersusun atas partikel partikel pigmen warna yang dapat diikat menggunakan media minyak (Linen dan papaver). Pada dasarnya cat minyak berbentuk seperti cairan pasta dan membutuhkan campuran minyak linen/ thinner untuk mencairkan dan menggunakannya.

Sederhananya, komponen penyusun cat minyak adalah campuran dari tiga unsur yakni pigmen, thinner dan binder. Pigmen merupakan elemen warna, sedangkan minyak berfungsi sebagai Binder atau operator yang mengikat pigmen untuk diaplikasikan pada kanvas maupun media yang akan diberi warna.

Sedangkan peran thinner pada cat minyak adalah sebagai media yang ditambahkan kedalam campuran pigmen minyak kental untuk membuatnya jadi lebih ecer dan mudah digunakan pada kuas dan media lukis. Cat minyak merupakan pewarna yang digunakan dengan teknik pewarnaan.

Berbeda dengan cat akrilik, cat air, maupun cat tembok air yang cepat kering oleh penguapan, cat lukis akan mengering oleh proses oksidasi makna, minyak bereaksi secara kimia dengan oksigen di udara dan secara bertahap berubah dari cairan gel yang akhirnya menjadi keras dan tidak bisa digunakan.

Sejarah Perkembangan Cat Minyak

Dalam catatan sejarah, penggunaan cat minyak untuk pertama kalinya berhasil ditemukan pada tahun 650 M tepatnya di gua-gua lembah Bamyan di Afghanistan. Bukti sejarah ini berhasil ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 2008 lalu.

Penggunaan oil paint sudah mulai digunakan di negara Inggris pada abad ke-13 sampai abad ke-15 hanya untuk keperluan dekorasi yang sederhana. Sifat yang lama keringnya membuat material ini jarang digunakan pada era itu. Hingga pada abad ke 17 material ini mulai umum digunakan untuk melukis.

Lalu apa nama alat untuk meletakkan cat minyak? Perlu teman teman ketahui bahwa nama alat untuk meletakkan cat minyak adalah “Palet”. Alat bernama palet ini memiliki fungsi untuk meletakkan cat lukis dan mencampurnya sehingga menjadi warna baru untuk digunakan pada media lukis.

Sifat dan Karakter Cat Minyak

Setiap jenis produk tentunya memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda beda. Demikian halnya pada cat lukis ini. Pada dasarnya, cat minyak merupakan pewarna yang digunakan dengan teknik pewarnaan. Hal inilah yang membuat material ini memiliki ciri dan sifat khusus.

Sifat cat minyak memiliki daya kering yang baik membuatnya lebih flexibel dan mampu untuk mengikuti gaya dan karakter penggunanya. Karakter cat yang mudah untuk ditaklukan dibandingkan dengan cat air membuatnya makin banyak diminati di tahun 2021 ini.

Dengan penggunaan yang benar, sifat cat minyak bisa sangat ekspresif, realis, nyata, halus dan benar benar mengikuti karakter penggunanya. Melalui karakter dan sifat cat lukis inilah lahir banyak sekali genre genre lukisan seperti Realisme, Kubisme, Low Brow, Abstrak Ekspressionisme, Impressionisme dan Ekspresionisme.

Sifat dan karakter warna dari tipe cat lukis ini ialah tebal dan kompak. Oleh karenanya, teknik yang dipakai untuk media ini juga benar-benar berlainan sama yang dipakai pada media cat air. Pada media cat lukis berikut lahir teknik-teknik lukisan seperti underpainting, Chiaroscuro dan lahirnya istilah brush stroke dari sebuah lukisan.

Cat Minyak Untuk Tembok

Ada berbagai macam merk yang memiliki keistimewaannya masing-masing dan Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Diantara merk merk cat tembok terbaik seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux, Vinilex , Propan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun sebelum kita ulas perkembangan harganya di pasaran, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu ragam jenis dan merk cat minyak terbaik dan tahan lama versi hargabangunan.id.

Cat Minyak Tembok Avian

cat minyak untuk tembok avian

Jika membahasa masalah cat tembok, merk Avian pasti tidak akan pernah ketinggalan. Avian merupakan salah satu jenis cat minyak untuk tembok yang memiliki beberapa keistimewaan. Selain banyaknya pilihan warna, harga cat minyak Avian juga lebih terjangkau dan mudah didapatkan. Berikut beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh cat satu ini.

  • Menghasilkan Film Cat Mengkilap

Keistimewaan pertama yang dimiliki oleh cat minyak Avian adalah warna hasil pengecetan terlihat begitu mengkilap. Teksturnya lembut dan halus sehingga menghasilkan tembok yang rapi dan terlihat sedap dipandang.

Daya tutup yang dihasilkan juga sangat bagus bahkan bisa terbilang sangat keras dan tangguh. Untuk mendapatkan harga cat minyak Avian yang murah, Anda perlu membeli ukuran yang besar.

  • Tahan Cuaca Ekstrem

Masalah ketahanan cat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena memang setiap waktu cuaca bisa berubah-ubah dan tidak menentu. Cat Avian memiliki lapisan yang kuat sehingga akan tetap tahan meskipun dalam cuaca buruk. Katalog warna yang tersedia bisa menginspirasi Anda dalam memilih warna terbaik.

Cat Minyak Untuk Tembok Avitex

cat minyak untuk tembok avitex

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *