Harga Atap Baja Ringan

⭐Promo harga baja ringan per batang 2022 berbagai merk & ukuran☑️ harga borongan atap baja ringan per M2 Kaso, Reng, Taso, Kanal C☑️

Penggunaan baja ringan untuk konstruksi, terutama untuk pembuatan rangka konstruksi bangunan seperti atap, belakangan ini memang semakin populer. Seperti halnya pada besi wiremesh dan juga besi siku, baja ringan ini sendiri merupakan material yang dibentuk pada kondisi dingin.

Meski banyak manfaat atau penggunaannya, Anda harus tahu lebih dulu profilnya, apakah baja ringan C, W, Z jenis, hingga kelebihan dan kekurangannya. Yang pertama mari kita ulas macam macam ukuran baja ringan dan juga harga baja ringan yang dijual di pasaran.

Mengenal Atap Baja Ringan

Ada beberapa jenis model rangka atap yang cocok jika menerapkan material baja ringan sebagai material utamanya. Model rangka atap ini semakin hari semakin berkembang sehingga tak heran jika makin banyak pula yang berminat menggunakannya. Berikut adalah beberapa modelnya.

  1. Rangka Atap Baja Ringan Piramid

rangka atap piramid

Jenis rangka atap piramid ini sebenarnya sudah sangat familiar digunakan di masyarakat dan yang menggunakannya pun sudah sangat banyak. Dibandingkan dengan jenis rangka atap lainnya, model atap ini justru proses perangkaiannya yang paling tidak rumit.

Karena ini jugalah model ini banyak digunakan. Untuk perangkaian, bisa dimulai dengan membuat rancangan atau denahnya dulu. Dengan begitu nantinya bisa diketahui berapa banyak material yang dibutuhkan.

  1. Rangka Atap Baja Ringan Minimalis

rangka atap minimalis

Konsep rumah minimalis pada dasarnya adalah dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada untuk membuat hunian yang nyaman dan tetap sesuai kebutuhan.

Ini jugalah yang diterapkan pada model rangka atap minimalis dengan menggunakan material baja ringan. Jenis model ini sekilas mirip dengan model kanopi, yaitu cenderung sederhana tanpa banyak detail.

Konsep minimalis yang menekankan pada penggunaan ruang yang ada dengan maksimal membuat model rangka minimalis ini tidak perlu terlalu rumit. Bentuknya sebagian besar mirip dengan bangunan segitiga yang tidak membutuhkan terlalu banyak material untuk rangka.

Karena tidak membutuhkan banyak material, maka Anda pun tidak perlu membeli terlalu banyak baja ringan. Tertarik untuk menggunakannya ?

  1. Rangka Atap Baja Ringan Memusat

rangka atap baja ringan

Berikutnya ada jenis rangka atap memusat yang juga bisa menjadi inspirasi model rangka atap untuk rumah Anda. Konsep memusat yang dimaksud pada jenis rangka atap ini adalah dengan mengumpulkan rangka-rangka yang akan dibuat pada satu titik tertentu.

Jenis atau model rangka atap ini biasanya banyak diterapkan pada rumah berkonsep modern sehingga akan memberikan kesan mewah. Namun kekurangannya, jika Anda menggunakan model rangka atap ini, material baja ringan yang dibutuhkan pun banyak jumlahnya.

  1. Rangka Atap Baja Ringan Model Limas

rangka atap limas

Model jenis rangka atap selanjutnya adalah rangka atap limas. Model rangka atap ini sebenarnya ada kemiripan dengan model rangka atap segitiga. Bedanya hanya pada ukuran ruangnya yang lebih luas. Selain itu, pada proses perakitannya terbilang lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak material baja ringan.

  1. Rangka Atap Baja Ringan Lingkaran

rangka atap lingkaran

Model rangka atap berikutnya yang bisa menjadi pilihan rangka atap untuk rumah Anda adalah model berbentuk lingkaran. Rangka atap lingkaran ini sebenarnya merupakan jenis rangka atap yang paling sulit pengerjaannya dibandingkan jenis-jenis lainnya.

Detailnya rumit membuat jenis rangka atap ini tidak banyak menjadi pilihan. Selain itu, tentu saja membutuhkan material yang lebih banyak. Biasanya jenis rangka atap ini banyak digunakan di bangunan-bangunan mewah seperti restoran atau lainnya.

Jika ingin menerapkannya pada rumah sebenarnya bisa saja. Namun, Anda harus tetap mempertimbangkan kecocokan model ini untuk rumah yang Anda bangun.

  1. Rangka Atap Baja Ringan Persegi Panjang

rangka atap

Model rangka atap persegi panjang biasanya digunakan untuk rangka atap kanopi. Namun bisa juga diterapkan untuk bangunan utama. Keunggulan jika diterapkan pada bangunan utama adalah proses pembuatannya yang lebih mudah dan cepat karena bentuknya persegi panjang.

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam pemasangannya adalah bagian kuda-kuda yang merupakan penyangga harus dipasang dengan benar-benar kuat.

Ukuran Baja Ringan

jenis baja ringan

Ukuran baja ringan standar SNI memiliki ketebalan 0,75 mm – 1,00 mm hingga 31 mm – 100 mm dengan panjang per batang 6 meter. Selain ukuran tersebut, material ini juga memiliki varian ukuran lainnya tergantung jenis dan profilnya. Secara lengkap bisa anda lihat pada tabel ukuran dibawah ini.

Jenis Panjang Ketebalan Tinggi profil
Kaso (kanal C) 6 meter 0.60 mm, 0.65 mm, 0.70 mm, 0,75 mm dan 1.00 mm 75 mm
Reng 6 meter 0.45 mm 28 – 40 mm
Taso 6 meter 0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm 75 mm
UNP (Kanal U) 6 meter 0.50 mm, 0.65 mm 50 mm
Canal W 6 meter 0,8 mm, 1,0 mm 65 mm
Canal Z 6 meter 0,8 mm, 1,0 mm 65 mm

Jenis & Profil Baja Ringan

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *