Harga Baja Ringan Per Batang

Posted on

⭐Promo harga baja ringan per batang 2022 berbagai merk & ukuran☑️ harga borongan atap baja ringan per M2 Kaso, Reng, Taso, Kanal C☑️

Penggunaan baja ringan untuk konstruksi, terutama untuk pembuatan rangka konstruksi bangunan seperti atap, belakangan ini memang semakin populer. Seperti halnya pada besi wiremesh dan juga besi siku, baja ringan ini sendiri merupakan material yang dibentuk pada kondisi dingin.

Meski banyak manfaat atau penggunaannya, Anda harus tahu lebih dulu profilnya, apakah baja ringan C, W, Z jenis, hingga kelebihan dan kekurangannya. Yang pertama mari kita ulas macam macam ukuran baja ringan dan juga harga baja ringan yang dijual di pasaran.

Ukuran Baja Ringan

jenis baja ringan

Ukuran baja ringan standar SNI memiliki ketebalan 0,75 mm – 1,00 mm hingga 31 mm – 100 mm dengan panjang per batang 6 meter. Selain ukuran tersebut, material ini juga memiliki varian ukuran lainnya tergantung jenis dan profilnya. Secara lengkap bisa anda lihat pada tabel ukuran dibawah ini.

Jenis Panjang Ketebalan Tinggi profil
Kaso (kanal C) 6 meter 0.60 mm, 0.65 mm, 0.70 mm, 0,75 mm dan 1.00 mm 75 mm
Reng 6 meter 0.45 mm 28 – 40 mm
Taso 6 meter 0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm 75 mm
UNP (Kanal U) 6 meter 0.50 mm, 0.65 mm 50 mm
Canal W 6 meter 0,8 mm, 1,0 mm 65 mm
Canal Z 6 meter 0,8 mm, 1,0 mm 65 mm

Jenis & Profil Baja Ringan

ukuran baja ringan

Sebelum menggunakan material ini untuk keperluan konstruksi bangunan, Anda harus tahu lebih dulu apa saja jenis, profil dan ukuran baja ringan. Hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam memilih baja ringan serta menentukan komposisi yang sesuai kebutuhan konstruksi bangunan yang dibuat.

  1. Baja Ringan Kaso atau Trus

Baja ringan kaso atau trus ini adalah jenis baja ringan pertama yang harus Anda ketahui. Jenis baja ringan ini umumnya digunakan untuk kaku utama pada konstruksi kuda-kuda. Penggunaannya lainnya adalah untuk tiang penyangga pada konstruksi bangunan yang memiliki beban tidak terlalu berat seperti untuk kanopi.

Jenis baja ringan kaso ini terdiri dari 2 profil, yaitu profil C dan profil W. Baja ringan jenis kaso ini lebih mudah dalam pemasangan sehingga untuk memasangnya tidak dibutuhkan waktu lama. Jenis baja ringan kaso ini umumnya memiliki dimensi ukuran ketebalan mulai dari 0,75 – 1,00mm.

  1. Baja Ringan Reng

Jenis baja ringan selanjutnya adalah baja ringan reng. Jenis ini mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai huruf W. Umumnya jenis baja ringan ini digunakan untuk atap bangunan tempat meletakkan genteng. Jenis baja ringan yang juga sering disebut dengan profil B ini memiliki ukuran ketebalan dimensi antara 0,40 – 0,60mm.

Sebelum adanya baja ringan, pembuatan reng pada jaman dahulu banyak menggunakan bahan dari bambu. Dengan adanya baja ringan ini, tampilan bangunan jadi tampak lebih modern. Selain itu juga lebih tahan lama karena tahan terhadap perubahan cuaca.

  1. Canal C

Seperti namanya, jenis baja ringan canal C ini memang berbentuk mirip dengan huruf C. Jenis baja ringan ini umumnya digunakan untuk kuda-kuda atau konstruksi atap. Bisa juga digunakan untuk konstruksi tiang bangunan dengan beban tidak terlalu berat.

Baca Juga : Harga Besi Beton

Ukuran baja ringan jenis ini cukup bervariasi. Ukuran panjang umumnya seragam yaitu memiliki panjang 6m dengan lebar 75mm dan tinggi 35 mm. Yang membedakan adalah ketebalannya, yaitu antara 0,60 – 1,00mm.

  1. Canal U

Berikutnya ada baja ringan canal U atau kanal UNP atau bisa juga disebut dengan baja ringan profil U. Bentuknya mirip huruf U dan umumnya digunakan sebagai sambungan. Jenis baja ringan ini terkadang juga dikategorikan ke dalam bagian dari rangka komponen arsitektural.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.