25 Jenis Batu Alam Dilengkapi Harga dan Gambarnya

Daftar harga batu alam dinding per M2 terbaru 2021☑️ 25 Jenis batu alam lengkap dengan Gambar☑️ Batu Templek, Andesit, Candi, Cupang, DLL☑️

Batu alam beberapa waktu belakangan sering menjadi pilihan salah satu komponen yang dipasang pada bangunan. Bisa digunakan untuk lantai maupun dinding.

Kalau Anda berminat menggunakannya, Anda harus tahu jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan hingga harga batu alam per m2 yang dijual dipasaran agar anda tidak salah dalam membelinya.

Batu Alam

batu alam

Apa itu Batu Alam? Perlu anda ketahui bahwa pengertian batu alam adalah jenis bebatuan yang terbentuk dari proses alam dan memiliki fungsi sebagai bagian konstruksi bangunan.

Umumnya batu alam digunakan sebagai bagian dari fondasi rumah, desain eksterior dan interior rumah, serta lapisan penghias dinding dan pilar pada rumah minimalis.

Secara Tekstur, batu alam terbagi menjadi tiga yakni Batu tabur atau batu sikat, Batu alam tempel, dan Batu bentukan. Sedangkan berdasarkan proses pembentukannya, batu alam terbagi menjadi 3 macam yakni Batuan Metamorf, Batuan Sedimen, dan juga Batuan Beku.

Selain digunakan untuk dekorasi pelapis dinding, batu alam juga sering digunakan untuk lantai rumah. Jenis batu alam untuk lantai biasanya adalah jenis batu alam dengan sifat yang keras dan kokoh. Biasanya jenis batu alam ini dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi dari batu alam dinding.

Dari beberapa klasifikasi bebatuan alam diatas, munculah beberapa varian varian batu alam yang banyak dijual dipasaran. Apa saja macam macam batu alam tersebut ? Berikut ulasan lengkapnya.

Jenis Batu Alam Dinding

Jenis jenis batu alam dinding terbagi atas fungsinya, seperti misalnya ada jenis batu alam untuk dinding luar rumah, tembok teras depan rumah, dinding dalam rumah hingga untuk tiang teras.

Untuk menampilkan kesan natural, batu alam selalu menjadi pilihan utama yang digunakan. Namun, tahukah Anda jenis batu alam dinding apa yang bisa digunakan? Kalau belum, perhatikan penjelasan jenis-jenis batu alam berikut.

  1. Batu Alam Andesit
Batu Alam Andesit
Gambar Batu Alam Andesit

Jenis pertama adalah batu alam andesit. Batu ini karakteristiknya padat dan keras. Batu andesit hanya tersedia warna hitam dan abu-abu dan terdiri dari beberapa model seperti model alur dan abstrak.

Selain memberikan nilai estetik lebih, jenis batu ini juga memiliki daya tahan terhadap cuaca, jamur dan lumut yang tinggi. Penggunaannya biasanya diaplikasikan pada bangunan minimalis.

  1. Batu Alam Candi
Batu Alam Candi
Gambar Batu Alam Candi

Berikutnya ada batu alam candi yang berwarna hitam dengan pori-pori kecil di permukaannya. Karena sifatnya non solid, jenis ini tidak cocok digunakan untuk eksterior, melainkan interior. Dengan jenis ini tampilan bangunan akan terkesan alami, nampak sejuk namun tetap mewah.

  1. Batu Alam Curi
Batu Alam Curi
Gambar Batu Alam Curi

Jenis batu alam ini memiliki banyak julukan, seperti batu sarang tawon, batu monster hingga batu tiffa. Batu alam curi ini memiliki ciri-ciri permukaan kasar, tekstur keras dan hanya terdiri dari warna abu-abu.

  1. Batu Alam Palimanan
Batu Alam Palimanan
Gambar Batu Alam Palimanan

Batu alam Paliimanan ini sangat khas dengan warna coklat mudanya. Selain itu pada batu ini juga terdapat corak batik yang membuatnya tampak lebih indah. Batu ini juga memiliki sifat non solid sehingga kurang cocok jika digunakan untuk eksterior.

  1. Batu Alam Pacitoroso
Batu Alam Pacitoroso
Gambar Batu Alam Pacitoroso

Selanjutnya ada jenis batu alam yang cukup unik, yaitu batu alam Pacitoroso. Uniknya adalah karena warnanya tersusun dari kombinasi antara warna orange dan merah muda. Batu ini adalah jenis batu solid dengan permukaan yang sedikit kasar karena melalui proses pembakaran.

  1. Batu Alam Wall Cladding
Batu Alam wall clading
Gambar Batu Wall Clading

Jenis batu alam wall cladding sebenarnya adalah bentuk susun sirih dari jenis batu marmer tulungagung. Batu susun sirih dirakit kemudian ditempelkan hingga membentuk persegi panjang. batu marmer yang dipakai adalah yang berwarna putih dan hitam. Penggunaannya biasanya adalah untuk eksterior.

  1. Batu Alam Lime Stone
Batu Alam Limestone
Gambar Batu Alam Limestone

Batu alam lime stone ini memiliki nama lain batu bukit. Warnanya putih cerah dengan tekstur yang padat dank eras. Jenis batu ini juga sering disebut dengan serai bali putih. Karena teksturnya yang keras dan padat, batu ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior.

  1. Batu Paras Jogja
batu alam paras jogja
Gambar Batu Alam Paras Jogja

Berbeda dengan jenis batu alam lain, batu paras Jogja ini berwarna putih cerah karena terbentuk dari kapur lunak. Biasanya, jenis batu ini digunakan untuk penutup dinding, namun tidak disarankan untuk digunakan pada bagian luar atau eksterior.

Hal tersebut karena sifat batu ini yang mudah kotor dan sangat rentan ditumbuhi lumut. Sementara jika digunakan untuk interior, akan didapatkan tampilan ruang yang alami namun tetap elegan.

  1. Batu Alam Templek Garut
Batu Alam Templek Garut
Gambar Batu Alam Templek Garut

Jenis batu alam templek Garut memiliki ciri-ciri berbentuk lempengan berwarna hitam dan terdapat sedikit corak dengan warna coklat. Tekstur batu alam jenis ini adalah padat dan keras, karena itulah pemanfaatannya bisa digunakan untuk dinding maupun untuk lantai.

  1. Batu Alam Templek Kebumen
Batu Alam Templek Kebumen
Gambar Batu Alam Templek Kebumen

Masih dari jenis batu templek, kali ini adalah batu alam templek Kebumen. Karakteristiknya berbeda dengan jenis batu templek lainnya, yaitu bertekstur porus. Karena itu jenis ini hanya bisa digunakan pada dinding. Warnanya cukup cantik karena merupakan gabungan dari abu-abu dan kuning kecoklatan.

  1. Batu Alam Templek Purwakarta
Batu Templek Purwakarta
Gambar Batu Templek Purwakarta

Diantara jenis batu templek lainnya, batu alam templek Purwakarta ini yang paling unik karena memiliki 3 kombinasi warna berbeda. Ada kombinasi warna abu-abu, ungu dan sedikit kecoklatan. Teksturnya solid sehingga bisa digunakan baik untuk dinding maupun lantai. Penggunaannya yang paling umum adalah untuk dinding pagar.

  1. Batu Alam Hijau Sukabumi
batu alam hijau
Gambar Batu Hijau Sukabumi

Seperti namanya, batu alam hijau Sukabumi ini adalah batu yang berwarna hijau yang asalnya dari gunung-gunung di Sukabumi. Tekstur batu ini padat dan keras. Penggunaan paling umum dari jenis ini adalah untuk kolam renang dan pilar.

  1. Batu Alam Serai Bali Kuning
Batu Alam Serai Bali
Gambar Batu Alam Serai Bali

Jenis selanjutnya ada batu alam serai Bali kuning. Jenis batu ini berwarna kuning menyerupai emas dengan tekstur sedikit porus. Karena teksturnya ini, batu jenis serai Bali kuning hanya tersedia berbentuk rata alam.

  1. Batu Alam Bali Coklat
Batu Alam Bali
Gambar Batu Alam Bali Cokelat

Batu alam Bali Coklat ini dikenal juga dengan nama batu lapis legit. Jenis ini memiliki tekstur porus dan paling cocok jika diaplikasikan untuk dinding. Seperti namanya, warna dari jenis batu ini serupa dengan kue lapis legit, yaitu coklat dan berlapis-lapis.

  1. Batu Alam Bali Hijau
Batu Alam Bali Hijau
Gambar Batu Alam Bali Hijau

Masih dari Bali, ada jenis batu alam Bali hijau. Ciri-ciri batu ini adalah berwarna perpaduan hijau dan abu-abu dengan ada corok berupa totol-totol. Dari segi tekstur, jenis ini teksturnya sedikit lebih kuat dari batu Bali coklat.

  1. Batu Alam Bali Abu-Abu
Batu Bali Abu Abu
Gambar Batu Bali Abu Abu

Jenis batu alam Bali abu-abu ini bisa juga disebut dengan batu breksi. Secara tekstur, jenis ini mirip dengan batu Bali coklat dengan corak yang juga sama. Namun untuk warna berbeda karena jenis ini berwarna abu-abu.

  1. Batu Susun Sirih
batu susun sirih
Gambar Batu Susun Sirih

Batu susun sirih ini berasal dari jenis batu andhesit yang disusun kepingannya secara seragam. Batu andhesit yang sudah dipotong menjadi beragam variasi susunan dan diaplikasikan, kesan yang ditampilkan pada rumah pun tampak eksotis namun tetap rapi. Berwarna abu-abu dengan bentuk pipih tipis.

  1. Batu Alam Cupang Merah
Batu Alam Cupang Merah
Gambar Batu Alam Cupang Merah

Batu alam cupang merah ini adalah variasi dari batu Palimanan. Ciri-cirinya memiliki warna merah yang cenderung lebih gelap. Batu ini dapat memunculkan kesan hangat saat diaplikasikan. Biasa diaplikasikan untuk eksterior. Sayangnya ini adalah jenis batu alam yang tergolong langka.

  1. Batu Sabak
batu sabak
Gambar Batu Sabak

Batu sabak dikenal juga dengan batu kali. Karakteristiknya sangat kuat sehingga sering dijadikan material untuk pondasi bangunan. Selain itu banyak juga digunakan untuk kebutuhan eksterior. Karena sifatnya yang keras, untuk pemasangannya dibutuhkan alat khusus.

  1. Batu Koral
Batu Koral
Gambar Batu Koral

Jenis batu ini sangat mudah dijumpai. Penggunaan batu koral biasanya adalah untuk hiasan bangunan, taman dan untuk lantai. Untuk penggunaan sebagai lantai, biasanya pemasangannya dibuat sedikit menonjol karena bisa sekaligus berfungsi sebagai media pijat relaksasi alami.

  1. Batu Alam Bluestone
Gambar Bluestone

Berikutnya ada jenis batu alam bluestone. Jenis ini adalah batu alam impor. Komposisi dan teksturnya mirip dengan batu templek namun memiliki warna berbeda. Bluestone berwarna biru gelap dan lebih mengkilap.

  1. Batu Karang

batu karang

Jenis batu karang ini banyak dijumpai di pinggir pantai. Saat diaplikasikan pada bangunan maka akan menambahkan kesan tropis. Sifatnya tahan air membuat batu ini juga tahan lama. Anda bisa mengaplikasikannya pada akuarium atau kolam ikan.

  1. Batu Gamping

batu gamping

Berikutnya ada batu gamping, yaitu batu alam yang tersusun dari mineral aragonite dan kalsit. Disebut juga batu kapur. Penggunaannya biasanya untuk bahan baku semen.

  1. Batu Granit

batu granit

Batu granit ini adalah batu yang sangat populer untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pelapis dinding hingga pelapis lantai. Dengan menggunakan batu ini, kesan yang ditampilkan jadi mewah.

  1. Batu Marmer

batu marmer

Jenis terakhir adalah batu marmer. Tampilannya sangat indah dengan corak asli yang berbeda satu sama lain. Karena itulah ketika menggunakan jenis batu alam ini untuk rumah, maka tampilan yang didapat membuat rumah tampak lebih mewah.

Keunggulan Batu Alam

Penggunaan batu alam untuk melengkapi kebutuhan rumah tentu bukan tanpa pertimbangan. Batu alam digunakan untuk rumah karena material ini memiliki kelebihan seperti beberapa kelebihan berikut:

  • Memberikan Kesan Natural dan Mewah

Salah satu tujuan penggunaan batu alam untuk bangunan tidak lain adalah untuk menampilkan kesan natural. Ini juga menjadi keunggulan dari batu alam. Selain natural kesan mewah dan elegan pun didapatkan dari penggunaannya.

  • Ukurannya Beragam

Kelebihan lain penggunaan batu alam untuk bangunan adalah dari segi ukuran lebih beragam dan fleksibel. Anda jadi bisa menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan penggunaannya.

  • Tampilan Rumah Lebih Menarik dan Unik

Selain membuat tampilan rumah tampak lebih natural dan mewah, penggunaan batu alam juga akan membuat rumah tampak menarik dan lebih unik. Belum lagi pada beberapa jenis batu alam yang tersedia dalam berbagai warna, tentu akan membuat rumah lebih hidup.

Kekurangan Batu Alam

Selain kelebihan, penggunaan batu alam untuk bangunan juga memiliki kelemahan. Kelemahan atau kekurangan inilah yang harus diwaspadai dan dijadikan pertimbangan lain sebelum menggunakannya.

  • Perawatannya Lebih Sulit

Meski tidak semua, ada beberapa jenis batu alam yang membutuhkan perawatan ekstra saat digunakan. Jenis batu alam yang memiliki pori-pori atau bersifat porus membutuhkan bantuan bahan kimia untuk melapisinya agar lebih tahan lama.

  • Harganya Lebih Mahal

Dari segi harga, dibandingkan dengan material lain, batu alam memang lebih mahal. Ini karena sesuai namanya, batu alam ini sifatnya alami. Apalagi untuk beberapa jenis yang bersifat jarang dijumpai atau memiliki corak alami khusus. Harganya pasti akan jauh lebih tinggi.

Harga Batu Alam Per Meter:

batu alam dinding

Setelah mengetahui apa saja jenis batu alam yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan rumah, Anda juga harus tahu kisaran harga batu alam dinding di pasaran. Berikut adalah kisaran harga batu alam, baik untuk dinding maupun lantai.

Harga batu alam untuk dinding ini sangat bervariasi tergantung jenis dan ukurannya. Misal untuk jenis candi hitam bisa dibandrol dengan harga mulai dari Rp 60.000 – Rp 70.000/m2.

Harga ini bisa semakin mahal atau murah tergantung jenis dan ukurannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda simak detail tabel daftar harga batu alam dinding terbaru 2021 dibawah ini.

  • Harga Batu Alam Andesit :
Varian Ukuran Harga/ M2
Batu Andesit Bakar  Polos 20 x 40 cm Rp. 115.300
Batu Andesit Bakar RTM 10 x 10 cm Rp. 75.200
Batu Andesit Kasar Carport 15 x 30 cm Rp. 105.100
Batu Andesit Sirih Motif 4 x 40 cm Rp. 76.700
Batu Andesit bintik bakar 15 x 30 cm Rp. 91.250
Batu Andesit bintik bakar 20 x 40 cm Rp. 96.250
Batu Andesit bintik bakar 30 x 30 cm Rp. 102.450
Batu Andesit bintik bakar 30 x 60 cm Rp. 107.700
Batu Andesit bintik bakar 40 x 40 cm Rp. 115.450
Batu Andesit bintik bakar 40 x 60 cm Rp. 135.250
Batu Andesit bintik bakar 50 x 50 cm Rp. 155.450
Batu Andesit bintik bakar 60 x 60 cm Rp. 185.450
Batu Andesit polos bakar 15 x 30 cm Rp. 85.250
Batu Andesit polos bakar 20 x 40 cm Rp. 90.450
Batu Andesit polos bakar 30 x 30 cm Rp. 95.450
Batu Andesit polos bakar 30 x 60 cm Rp. 100.450
Batu Andesit polos bakar 40 x 40 cm Rp. 112.450
Batu Andesit polos bakar 40 x 60 cm Rp. 132.450
Batu Andesit polos bakar 50 x 50 cm Rp. 152.450
Batu Andesit polos bakar 60 x 60 cm Rp. 182.450
Batu Andesit susun sirih 3 x 30 cm Rp. 71.450
Batu Andesit susun sirih 3 x 40 cm Rp. 81.450
Batu Andesit susun sirih 5 x 30 cm Rp. 66.450
Batu Andesit susun sirih 4 x 40 cm Rp. 76.450
  • Harga Batu Andesit Bintik Bakar Cipanca
Ukuran Satuan Harga/ M2
Batu Andesit Cipanca 10 x 10 x 1,5 cm m2 Rp 89.000
Batu Andesit Cipanca 10 x 20 x 1,5 cm m2 Rp 99.000
Batu Andesit Cipanca 105 x15 x 1,5 cm m2 Rp 107.000
Batu Andesit Cipanca 20 x 20 x 1,5 cm m2 Rp 117.000
Batu Andesit Cipanca 15 x 30 x 1,5 cm m2 Rp 117.000
Batu Andesit Cipanca 30 x 30 x 1,5 cm m2 Rp 127.000
Batu Andesit Cipanca 20 x 40 x 1,5 cm m2 Rp 127.000
Batu Andesit Cipanca 40 x 40 x 1,5 cm m2 Rp 147.000
Batu Andesit Cipanca 30 x 60 x 1,5 cm m2 Rp 147.000
  • Harga Batu Andesit Bintik Bakar GH
Ukuran Satuan Harga/ M2
Batu Andesit GH 10 x 10 x 1,5 cm m2 Rp 92.000
Batu Andesit GH 10 x 20 x 1,5 cm m2 Rp 107.000
Batu Andesit GH 15 x15 x 1,5 cm m2 Rp 107.000
Batu Andesit GH 20 x 20 x 1,5 cm m2 Rp 127.000
Batu Andesit GH 15 x 30 x 1,5 cm m2 Rp 127.000
Batu Andesit GH 30 x 30 x 1,5 cm m2 Rp 137.000
Batu Andesit GH 20 x 40 x 1,5 cm m2 Rp 137.000
Batu Andesit GH 40 x 40 x 1,5 cm m2 Rp 149.000
Batu Andesit GH 30 x 60 x 1,5 cm m2 Rp 149.000
  • Harga Batu Alam Candi :
Jenis Ukuran Harga/ M2
Batu Candi RTM 20 x 20  x 1,4 cm Rp. 95.500
Batu Candi Bakar 10 x 20 x 1,4 cm Rp. 75.000
Batu Candi Polos 20 x 20 x 1,4 cm Rp. 90.000
Batu Candi Corak 15 x 30 x 1,4 cm Rp. 95.000
Batu Candi Motif 20 x 40 x 1,4 cm Rp. 105.000
Batu Candi Halus 30 x 30 x 1,4 cm Rp. 115.000
Batu Candi Hitam 40 x 40 x 1,4 cm Rp. 145.000
Batu Candi Kasar 30 x 40 x 1,4 cm Rp. 120.000
Batu Candi Abu Abu 30 x 60 x 1,4 cm Rp. 130.000
Batu Candi Merah 10 x 20 x 1,4 cm Rp 85.500
Batu Candi Merah 15 x 15 x 1,4 cm Rp 85.500
Batu Candi Merah 15 x 30 x 1,4 cm Rp 95.500
Batu Candi Merah 20 x 40 x 1,4 cm Rp 100.500
Batu Candi Merah 30 x 30 x 1,4 cm Rp 110.500
Batu Candi Merah 30 x 60 x 1,4 cm Rp 120.500
  • Harga Batu Alam Cupang Merah :
Jenis Ukuran Harga/ M2
Batu Cupang Merah Rta 20 x 30 cm Rp. 139.250
Batu Cupang Merah Rtm 20 x 40 cm Rp. 145.250
Batu Cupang Merah Candi 15 x 30 cm Rp. 144.250
Batu Cupang Merah Sirih 30 x 30 cm Rp. 146.250
Batu Cupang Merah Mozaik 20 x 40 cm Rp. 147.250
Batu Cupang Merah Susun Sirih 3 x 30 cm Rp. 125.250
Batu Cupang Merah Susun Sirih 3 x 40 cm Rp. 130.250
Batu Cupang Merah Susun Sirih 5 x30 cm Rp. 110.250
Batu Cupang Merah Susun Sirih 5 x 40 cm Rp. 115.250
Batu Cupang Merah Polos 10 x 20 cm Rp. 100.650
Batu Cupang Merah Polos 15 x 15 cm Rp. 100.650
Batu Cupang Merah Polos 15 x 30 cm Rp. 110.650
Batu Cupang Merah Polos 20 x 40 cm Rp. 120.650
Batu Cupang Merah Polos 30 x 30 cm Rp. 130.650
  • Harga Batu Alam Palimanan :
Jenis Ukuran Harga/ M2
Batu Palimanan Mozaik 20 x 40 cm Rp. 210.450
Batu Palimanan Relief 15 x 30 cm Rp. 95.450
Batu Palimanan Polos 20 x 40 cm Rp. 115.450
Batu Palimanan Motif 40 x 40 cm Rp. 145.450
Batu Palimanan Kasar 15 x 30 cm Rp. 121.450
Batu Palimanan Full Corak 20 x 40 cm Rp. 116.450
Batu Palimanan RTA 10 x 10 cm Rp. 80.450
Batu Palimanan RTM 10 x 20 cm Rp. 85.450
Batu Palimanan Ornamen 15 x 15 cm Rp. 90.450
Batu alam Palimanan Putih 10 x 20 cm Rp. 65.450
Batu alam Palimanan Kuning 15 x 15 cm Rp. 65.450
Batu alam Palimanan Polos 15 x 30 cm Rp. 70.450
Batu alam Palimanan Putih 20 x 40 cm Rp. 75.450
Batu alam Palimanan Putih 3 x 30 cm Rp. 80.450
Batu alam Palimanan Putih 3 x 40 cm Rp. 90.450
Batu alam Palimanan Kuning 5 x 30 cm Rp. 75.450
Batu alam Palimanan Kuning 5 x 40 cm Rp. 85.450
  • Harga Batu Alam Templek :
Jenis Ukuran Harga/ M2
Batu Alam Templek Hijau 15 x 30 cm Rp. 122.000
Batu Alam Templek Abu Abu 20 x 20 cm Rp. 123.000
Batu Alam Templek Motif 20 x 40 cm Rp. 100.000
Batu Alam Templek Halus 30 x 30 cm Rp. 101.000
Batu Alam Templek Kasar 10 x 10 cm Rp. 65.000
Batu Alam Templek Purwakarta 10 x 20 cm Rp. 90.000
Batu Alam Templek Garut 10 x 15 cm Rp. 75.000
Batu Alam Templek Hitam 15 x 30 cm Rp. 95.000
  • Harga Batu Alam Paras Jogja :
Jenis Ukuran Harga/ M2
Batu Paras Jogja Motif 20 x 40 cm Rp. 120.550
Batu Paras Jogja Kasar 30 x 30 cm Rp. 125.550
Batu Paras Jogja Halus 40 x 40  cm Rp. 135.550
Batu Paras Jogja Putih 30 x 60 cm Rp. 130.550
Batu Paras Jogja RTA 20 x 20  cm Rp. 110.550
Batu Paras Jogja Mozaik 15 x 30 cm Rp. 111.550
Batu Paras Jogja RTM 60 x 60 cm Rp. 210.550
Batu Paras Jogja Polos 10 x 20 cm Rp. 95.550
Batu Paras Jogja Kuning 20 x 40 cm Rp. 122.550
Batu Paras Jogja Cream 10 x 20 cm Rp. 95.550
  • Harga Batu Koral :
Jenis Satuan Harga
Batu Koral Aquarium 1 Kg Rp. 13.000
Batu Koral Alor Hitam 1 Kg Rp. 15.500
Batu Koral Kupang 12 Kg Rp. 35.400
Batu Koral Sikat 1 Kg Rp. 17.000
Batu Koral Taman 2.5 Kg Rp. 25.000
Batu Koral Hitam Glossy 1 Kg Rp. 15.000
Batu Koral Hitam Kecil 8 Kg Rp. 37.000
Batu Koral Putih Kecil 8 Kg Rp. 36.000

Cara Pasang Batu Alam Untuk Dinding Teras

Sumber : Channel Nanring Bangunan

Penggunaan material batuan alam pada dinding teras rumah tentunya akan memberikan kesan yang natural dan elegan. Selain tahan air, material satu ini juga akan memberikan kesejukan saat pagi dan sore hari.

Jika anda berniat untuk memasang batu alam dinding pada teras rumah anda, silahkan simak baik baik video yang Hargabangunan.id paparkan diatas mengenai Tutorial pasang batu alam dinding yang kuat dan tahan lama.

Info Material Bangunan Lainnya :
Harga Keramik Kamar Mandi Harga Keramik Lantai
Harga Triplek 12mm Harga Cat Batu Alam

Nah, sekarang Anda sudah tahu seluk beluk dari batu alam, mulai dari jenis, karakteristiknya hingga kelebihan dan kekurangannya. Tentunya harga batu alam dinding terbaru 2021 diatas bisa berbeda beda di  tiap tiap daerah.

Sebagai contoh harga batu alam di malang pastinya memiliki selisih dengan harga batu alam di jakarta, surabaya, bandung, medan, makasar, dan kota kota besar lainnya.

Dari penjelasan di atas semoga bisa memberikan referensi kepada Anda sebelum memilih menggunakan jenis material yang satu ini. Demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga memberikan manfaat untuk anda semuanya.

Kata Kunci :

harga batu alam per m2,pasang batu alam serai bali merah

Related posts:
Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *