Harga Besi WF Terbaru

⭐Penjelasan LENGKAP apa itu Besi WF & Kegunaannya!☑️ Ragam jenis, ukuran, tabel berat, sistem konstruksi dan harga besi WF terbaru 2022☑️

Kebutuhan akan material konstruksi bangunan terus mengalami peningkatan seiring dibukanya banyak perumahan perumahan baru di kota kota besar Indonesia. Salah satu kebutuhan pokok dalam konstruksi bangunan adalah material Besi.

Setiap jenis besi dalam sebuah konstruksi bangunan memiliki peran masing masing. Misalkan saja kegunaan besi hollow pasti berbeda dengan besi beton maupun besi wiremesh. Termasuk juga penggunaan besi WF (Wide Flange). Lalu apa itu besi WF ? Apa saja jenis dan kegunaannya ? Berapa harga besi WF ? Berikut kami paparkan ulasannya.

Apa itu Besi WF?

Besi WF

Besi WF (Wide Flange) adalah  salah satu material besi batangan yang memiliki kepadatan tinggi, kuat dan tahan terhadap tekanan. Besi WF adalah kependekan dari wide flange yang artinya besi dengan flensa yang lebar.

Pada umumnya besi Wide Flange ini dijual dalam bentuk batangan dengan panjang sekitar 12m dengan jenis, ukuran dan berat yang beragam sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Demikian halnya pada besi siku, untuk Besi Wide Flange ini sendiri memiliki beragam jenis dan varian, apa saja jenisnya ? Berikut ulasannya.

Jenis Besi WF

Dikenal sebagai besi yang memiliki daya tekan dan tarik yang tinggi sehingga ia merupakan material yang efektif untuk konstruksi. WF memiliki berbagai macam jenis bentuk seperti yang disebutkan di bawah ini.

  • Besi WF standar SNI

Sesuai dengan namanya, besi WF standar SNI dibuat dengan ketentuan dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Besi ini dapat menahan beban dan tekanan relatif tinggi sehingga disebut-sebut sebagai material yang cocok struktur yang menahan tarik dan tekan aksial.

Selain itu, ia mempunyai tingkat kepadatan tinggi sehingga saat membuat beban tidak akan terlalu berat serta struktur besi menjadi lebih maksimal. Maka tidak heran jika banyak yang menyebut bahwa besi Wide Flange adalah elemen yang sempurna.

  • Steel rails

Secara umum jenis steel rails merupakan besi yang digunakan untuk track atau alas. Steel rails atau beri rel banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan rel kereta api, alur untuk transportasi tambang dan lain sebagainya.

  • Steel pile

Steel pile adalah salah satu struktur besi yang didesain untuk menahan tekanan horizontal yang disebabkan oleh tanah. Jenis besi ini juga disebut dengan turap yang dipasang menyerupai dinding atau tembok lalu dipancang ke dalam tanah.

  • WF beam

Banyak yang kesulitan membedakan besi WF dengan jenis beam. Padahal jika lebih teliti lagi, WF beam memiliki dimensi yang berbeda mulai dari ukuran, ketebalan dan lebar bagian kuping atau alasnya.

  • WF I

Berikutnya yakni WF I yang merupakan satu dari sekian banyak jenis besi konstruksi. Jenis satu ini memiliki ketahanan cukup tinggi seperti WF pada umumnya yang dilengkapi dengan beragam unsur untuk menahan tekanan gravitasi dan tarik.

  • WF H

Sesuai dengan sebutannya, besi Wide Flange H ini memiliki bentuk menyerupai huruf H sehingga banyak yang mengenalnya dengan hot rolled. Proses pembuatan besi ini dilakukan dengan cara dicenai dengan suhu tinggi kemudian di pelat dan dilakukan pengelasan pada bagian akhir.

Baca Juga : GRC Board Murah

Penggunaan besi WF H ini seringkali digunakan untuk pasangan besi tipe Wide Flange pada tiang atau struktur gedung tinggi. selain itu, ia juga bisa digunakan sebagai material jembatan atau konstruksi lain yang membutuhkan kekuatan lebih.

Fungsi / Kegunaan Besi Wide Flange

harga besi wf

Setelah mengetahui jenis-jenis besi Wide Flange, maka penting untuk mengetahui peranan atau fungsinya dalam konstruksi. Selain itu, penting pula untuk tahui detail ukuran dan harga besi WF terbaru. Yang pertama mari kita ulas dari segi fungsi/ kegunaannya dalam konstruksi bangunan

Besi memiliki fungsi yang cukup banyak mengingat karakternya yang kuat menahan beban namun tidak mempengaruhi kapasitasnya. Fungsi besi WF pada umumnya sebagai material untuk konstruksi atau membangun gedung-gedung.

Beberapa contoh penggunaan besi Wide Flange yaitu sebagai kolom atap dan tiang bangunan. Struktur besi yang kuat membuatnya mampu menahan beban maupun tekanan yang cukup tinggi sekalipun. Selain itu, WF juga banyak digunakan untuk jembatan, jembatan atau konstruksi bangunan lain.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Wide Flange

Setiap material bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti halnya dengan besi Wide Flange ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan besi Wide Flange yang patut diketahui.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *