Harga Borongan Bangunan 2021 dan Cara Menghitungnya

☑️ Berikut info harga borongan bangunan 2021 plus material / Jasa tukang saja ☑️ dan Cara Menghitung harga borongan bangunan per meter☑️

Ketika Anda memiliki rencana untuk membangun atau merenovasi rumah, sangat penting untuk Anda mengetahui harga borongan bangunan. Meskipun Anda juga bisa memilih untuk menggunakan jasa yang bukan borongan, namun waktu pengerjaannya lebih lama daripada menggunakan jasa borongan.

Membangun atau merenovasi rumah menggunakan jasa borongan dirasa lebih ekonomis biayanya dan proses pengerjaannya pun bisa lebih cepat tanpa ada kemoloran waktu.

Jenis Borongan Bangunan

harga borongan bangunan

Borongan bangunan terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya mempunyai harga borongan yang berbeda-beda. Biasanya harga borongan dari setiap jenisnya dipengaruhi oleh banyaknya tukang yang bekerja dalam melakukan pekerjaan tersebut dan banyaknya material yang digunakan.

  1. Borongan Tukang Plus Material

Jenis borongan ini dianggap lebih ekonomis karena klien menyerahkan semua hal kepada jasa borongan bangunan baik tukang dan materialnya. Klien hanya tinggal membayar biaya borongan bangunan saja, kemudian menunggu sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan, bangunan akan selesai tepat waktu.

Namun kekurangannya adalah terkadang jasa borongan bangunan mengambil keuntungan dengan memilihkan material yang kurang bagus dan awet.

  1. Borongan Tukang Tanpa Material

Jenis borongan yang kedua ini hampir sama dengan jenis borongan yang pertama. Yang membedakan hanyalah klien membeli material sendiri, bukan dipilihkan dari pihak jasa borongan bangunan.

Oleh karena itu, klien bisa membeli material yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan, tentunya dengan memperhatikan budget. Klien hanya membayar tukang borongan saja, tidak termasuk materialnya.

  1. Borongan Ruko dan Kantor

Jenis borongan pembangunan ruko dan kantor biasanya disesuaikan dengan budget klien karena membangun ruko dan kantor dari awal membutuhkan budget yang tidak sedikit. Terkadang klien lebih memilih untuk menyewa ruko dan kantor daripada membangun dari awal.

Namun pembangunan ruko dan kantor bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Setelah ruko dan kantor dibangun, klien kemudian menyewakannya agar mendapatkan keuntungan.

  1. Borongan Pembangunan Rumah Kos

Biasanya pembangunan rumah kos menggunakan sistem borongan yang tidak termasuk materialnya. Karena pembangunan rumah kos dijadikan klien sebagai investasi, sehingga mereka menggunakan material yang tentunya bagus dan awet, bukan material yang ala kadarnya.

Hal ini dimaksudkan supaya orang-orang yang menempati rumah kos nantinya merasa aman dan nyaman karena material yang digunakan berkualitas.

  1. Borongan Renovasi Rumah

Jenis borongan ini sangat banyak dibutuhkan oleh klien karena terkadang renovasi rumah dengan menggunakan sistem borongan lebih cepat selesai daripada tanpa borongan.

Dengan menggunakan sistem borongan, renovasi rumah akan selesai tepat waktu sesuai dengan estimasi. Material yang digunakan biasanya diserahkan oleh jasa borongan bangunan namun keuntungannya klien akan lebih hemat pengeluaran jika merenovasi dengan sistem borongan.

Harga Borongan Bangunan Per Meter

Sistem borongan yang digunakan ketika akan membangun rumah memiliki rincian biaya yang berbeda-beda tergantung dengan tipe bangunan rumah yang akan dibangun. Ada tiga macam tipe bangunan rumah yakni rumah standar, rumah modern atau mewah, dan rumah luxury.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Standar

Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Beton Bertulang
Struktur Beton Bertulang 06, 03, 010
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium Lokal / Kamper
Plafond Rangka Hollow + Gypsum
Atap Baja Ringan + Genteng Beton
Lantai Keramik 40×40 Milan Asia Tile
Sanitari DBS / Prato
Cat Interior Vinilex + Aquaproof

Harga borongan rumah standar 3-4 juta per m2 disesuaikan dengan material yang digunakan dalam setiap tahapan pembangunan. Biasanya, tahap pembangunan fondasi menggunakan beton bertulang dan batu kali, struktur menggunakan beton bertulang, atap menggunakan genteng beton dan baja ringan, plafon menggunakan gypsum dan rangka besi hollow.

Lantai menggunakan keramik jenis milan asia tile ukuran 40 x 40. Kemudian, untuk dinding menggunakan acian, bata merah, dan plester, cat menggunakan aquaproof dan interior vinilex, sanitasi menggunakan prato atau DBS, dan kusen menggunakan alumunium lokal atau kamper.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Mewah

Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Beton Bertulang
Struktur Beton Bertulang 08. 010, 012
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium Alexindo / Kamper
Plafond Rangka Hollow + Gypsum
Atap Baja Ringan + Genteng Beton Flat
Lantai Granit ex DBS
Sanitari American Standard / Toto
Cat Catylac + Aquaproof

Untuk harga borongan rumah mewah/ modern 4-5 juta per m2 biasanya menggunakan material yang lebih mahal daripada material yang digunakan pada rumah standar. Material yang digunakan seperti fondasi adalah beton bertulang dan batu kali, struktur adalah beton bertulang, atap menggunakan genteng beton flat dan baja ringan mengingat harga baja ringan yang terjangkau.

Plafon menggunakan gypsum dan rangka hollow. Lalu lantai menggunakan granit ex DBS, dinding menggunakan acian, plester, dan bata merah, cat menggunakan aquaproof dan catylac, sanitasi menggunakan toto atau American standard, dan kusen menggunakan alumunium alexindo atau kamper.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Luxury

Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Setapak + Strauss
Struktur Betong Bertulang 08, 010, 012, 013, 016
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium YKK / Jati
Plafond Rangka Besi Hollow + Gypsum
Atap Baja Ringan + Genteng Keramik
Lantai Granit ex Hugo / Marmer
Sanitari Toto
Cat Dulux + Aquaproof

Untuk tipe rumah luxury menggunakan material yang berkualitas bagus dan terjamin awet sehingga harga borongan rumah lux 6-7 juta per m2. Untuk fondasi menggunakan straus,, batu kali, dan setapak, struktur menggunakan beton bertulang, atap menggunakan genteng keramik dan baja ringan, plafon menggunakan gypsum dan rangka hollow.

Kemudian lantai menggunakan marmer atau granit ex hugo, dinding menggunakan acian, bata merah, dan plester, cat menggunakan aquaproof dan interior dulux, sanitasi menggunakan toto, dan kusen menggunakan jati atau alumunium YKK. Dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah luxury membutuhkan budget yang besar.

Oleh karena itu, harga borongan disesuaikan dengan tipe bangunan yang akan dibangun, Karena bangunan ruko dan kantor, kost, dan rumah memiliki biaya borongan yang berbeda-beda.

Harga Borongan Bangunan Plus Material

harga borongan bangunan plus material

Setiap jasa borongan memiliki harga borongan bangunan yang berbeda-beda untuk tiap kliennya. Biasanya, harga borongan didasarkan pada tipe rumah yang akan dikerjakan, apakah rumah standar, rumah mewah, atau rumah luxury.

Dalam membangun sebuah rumah, ada beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Tahap Persiapan dan Pengukuran
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Pembuatan Direksi Kit m2 Rp 54.000
Pembuatan Bowplank m1 Rp 34.000
Pembuatan Pemagaran m1 Rp 35.000

Tahap pertama dalam pembangunan rumah diawali dengan pembuatan bowplank, direksi kit, dan pemagaran. Pengukuran untuk masing-masing yang dibuat mempengaruhi harganya. Harga borongan bowplank dihitung per meternya, harga direksi kit dihitung per meter persegi, dan harga pengerjaan pemagaran dihitung per meternya.

  • Tahap Pekerjaan Galian/ Fondasi
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Menggali tanah pondasi m3 Rp 82.000
Pemasangan batu kali m3 Rp 95.000
Urugan Tanah leveling lantai m3 Rp 51.000
Lantai Kerja m2 Rp 20.000

Tahap kedua adalah pengerjaan galian atau urugan. Jasa borongan bangunan membuat galian tanah untuk digunakan ketika membuat akan pondasi. Harga borongan galian tanah untuk pondasi dihitung berdasarkan per meter kubiknya tergantung ketrampilan tukang batu juga.

Setelah membuat galian atau urugan untuk pondasi, selanjutnya adalah mendirikan pondasi. Tahap pendirian pondasi antara lain memasang batu kali, membuat urugan tanah untuk leveling lantai, dan membuat lantai kerja.

Harga borongan bangunan untuk pemasangan batu kali dihitung per meter kubik, harga membuat urugan tanah dihitung per meter kubik, dan pembuatan lantai kerja dihitung per meter persegi.

  • Tahap Pekerjaan Beton Bertulang
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Pembuatan Beton Sloof m1 Rp 52.000
Pembuatan Beton Bertulang kolom Praktis m1 Rp 42.000
Pembuatan Beton Bertulang Ring Balok m1 Rp 49.000
Pembuatan Beton Balok Dak m1 Rp 71.000
Pembuatan Beton Plat Dak m2 Rp 60.000

Untuk tahap mengerjakan beton bertulang ini terdiri dari beberapa tahapan seperti pembuatan beton sloof, besi wiremesh, beton bertulang kolom praktis, beton bertulang ring balok, beton balok dak, dan belon plat dak.

Harga borongan untuk pekerjaan pembuatan beton sloof hingga pembuatan beton balok dak dihitung berdasarkan per meternya. Sedangkan untuk pembuatan beton plat dak dihitung berdasarkan per meter persegi.

  • Tahap Pekerjaan Dinding ( Plesteran dan Acian)
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Batu Bata m2 Rp 92.000
Pekerjaan Plester dan Aci m2 Rp 67.000
Pembuatan Sekonengan m1 Rp 57.000
Pembuatan Sudutan m1 Rp 57.000
Pembuatan Tali Air m1 Rp 57.000

Tahapan ini dimulai dengan tahap pemasangan batu bata, kemudian juga harga borongan plesteran dan acian per meter, pembuatan sekonengan, sudutan, serta pembuatan tali air.

Untuk tahap pemasangan batu bata dan pengerjaan plester dan aci harga borongannya dihitung per meter persegi. Sementara tahap pembuatan sekonengan, sudutan, dan tali air dihitung per meternya.

  • Tahap Pekerjaan Kusen dan Pintu, Jendela
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Kusen Pintu unit Rp 112.000
Pemasangan Daun Pintu Panel unit Rp 152.000
Pemasangan Kusen Jendela unit Rp 77.000
Pemasangan Daun Jendela unit Rp 79.000

Untuk pekerjaan selanjutnya adalah tahap pemasangan kusen pintu, daun pintu panel, kusen jendela, dan daun jendela. Harga borongan dalam pemasangan kusen pintu hingga daun jendela dihitung per unitnya. Harga tergantung dengan merek dan kualitas yang dipilih oleh klien. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal harganya.

  • Tahap Pekerjaan Penggantung dan Pengunci
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Daun Pintu unit Rp 90.000
Pemasangan Grendel unit Rp 15.000
Pemasangan engsel unit Rp 15.000

Tahap ini adalah tahapan pemasangan engsel, kunci, dan grendel pada semua pintu dan jendela. Pemasangan engsel harus dilakukan dengan rapi supaya pintu dan jendela dapat dibuka tutup dengan lancar, ringan, dan mudah. Semua kunci harus diminyaki sebelum tahap penyerahan pekerjaan penggantung dan pengunci ini supaya dapat berjalan dengan baik.

  • Tahap Pekerjaan Rangka Atap
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan atap m2 Rp 99.000
Pemasangan Kerpus m1 Rp 82.000
Pemasangan Listplank m1 Rp 43.000
Pemasangan talang m1 Rp 47.000

Pada tahapan ini, jasa borongan bangunan akan melakukan pemasangan atap, kerpus, listplank, dan talang. Untuk harga borongannya, pemasangan atap dihitung per meter persegi dan menyesuaikan bahan. Misalkan untuk borongan atap spandek untuk kanopi minimalis tentunya akan berbeda dengan penggunaan atap transparan.

Sedangkan pemasangan kerpus, listplank, dan talang dihitung per meternya. Ada berbagai jenis rangka atap dengan keunggulannya masing-masing seiring dengan zaman yang terus berkembang.

  • Tahap Pemasangan Plafon
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pekerjaan pasang Plafon + Material m2 Rp 45.000
Pemasangan List Plafon gypsum m1 Rp 15.000

Tahapan ini dilakukan setelah jasa borongan bangunan melakukan pemasangan rangka atap. Plafon merupakan langit-langit ruangan. Dalam tahap ini, yang dilakukan adalah pemasangan plafon gypsum sekaligus materialnya dan pemasangan list plafon gypsum.

Harga borongan pemasangan plafon gypsum dan materialnya dihitung per meter persegi, sedangkan pemasangan list plafon gypsum dihitung per meternya.

  • Tahap Pekerjaan Lantai dan Keramik
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Keramik Lantai 30 × 30 m2 Rp 32.000
Pemasangan Keramik Lantai 40 × 40 m2 Rp 33.000
Pemasangan Keramik Lantai 60 × 60 m2 Rp 39.000
Pemasangan Keramik Lantai 80 × 80 m2 Rp 47.000
Pemasangan Keramik Lantai 100 × 100 m2 Rp 54.000
Pemasangan Keramik Lantai KM m2 Rp 32.000
Pemasangan Keramik Dinding m2 Rp 64.000
Pemasangan Keramik Plin m1 Rp 22.500

Di tahap ini, jasa borongan bangunan akan melakukan pemasangan keramik lantai berukuran 30 x 30, 40 x 40, 60 x 60, 80 x 80, 100 x 100, keramik lantai kamar mandi, keramik dinding, dan keramik plin.

Harga borongan untuk pemasangan keramik plin dihitung per meternya, sedangkan pemasangan keramik lantai dari ukuran 30 x 30 hingga 100 x 100, keramik lantai kamar mandi, dan keramik dinding dihitung per meter persegi.

  • Tahap Pekerjaan Sanitasi
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Closet Duduk unit Rp 179.000
Pemasangan Closet Jongkok unit Rp 108.000
Pemasangan Wall Shower unit Rp 57.000
Pemasangan Wastafel unit Rp 163.000
Pemasangan Floordrain unit Rp 27.000
Pemasangan Kran unit Rp 17.000
Pemasangan Bath unit Rp 898.000
Pemipaan Air Bersih m1 Rp 22.500
Pemipaan Air Kotor m1 Rp 24.000
Bak Kontrol unit Rp 175.500

Tahap pembangunan rumah berikutnya yakni pekerjaan sanitasi yang mana jasa borongan bangunan akan melakukan pemasangan closet jongkok, closet duduk, wastafel, floordrain, wall shower, bath, kran, pemipaan air kotor, pemipaan air bersih, dan bak kontrol.

Untuk harga borongan pemipaan air kotor dan air bersih dihitung per meternya, sedangkan untuk harga borongan pemasangan closet duduk hingga bak kontrol dihitung per unitnya.

  • Tahap Kelistrikan Rumah
Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan stop kontak Unit Rp 50.000
Pemasangan lampu dan saklar Unit Rp 50.000

Yang tak kalah penting saat anda mencari informasi harga borongan bangunan adalah biaya tukang listrik rumah. Pada tahap ini biasanya dilakukan setelah proses proses awal selesai dikerjakan. Perlu tukang khusus untuk melakukan instalasi listrik rumah anda.

  • Tahap Pekerjaan Pengecatan
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Cat Dinding interior dan eksterior m2 Rp 25.000
Cat duco kusen (berikut material) m1 Rp 92.000
Cat duco daun jendela (berikut material) m1 Rp 92.000
Cat duco daun pintu panel (berikut material) pintu Rp 905.000
Cat duco ram/list jendela (berikut material) m1 Rp 42.000

Yang terakhir adalah tahap pekerjaan pengecatan. Material yang digunakan dalam tahap pengecatan ini antara lain cat dinding serta cat duco kusen, cat duco daun jendela, cat duco daun pintu panel, dan cat duco ram atau list jendela yang sudah termasuk material-materialnya.

Harga borongan untuk cat dinding dihitung per meter persegi. Sementara harga borongan untuk cat duco kusen hingga cat duco ram atau list jendela dihitung per meternya.

  • Tahap Renovasi / Pembongkaran Rumah
Pekerjaan Satuan Harga
Pembongkaran atap m2 Rp 40.000
Pembongkaran dinding m2 Rp 25.000
Pembersihan material bongkaran m2 Rp 20.000

Untuk merenovasi rumah, ada satu tambahan tahapan yang dilakukan paling awal yakni tahap pembongkaran bangunan. Di tahap ini, jasa borongan bangunan akan melakukan pembongkaran atap, dinding, dan pembersihan bongkaran. Harga borongan untuk masing-masing pekerjaan di tahap ini dihitung per meter persegi.

Cara Menghitung Biaya Borongan Bangunan

harga borongan bangunan per meter

Guna memberikan tambahan referensi untuk anda yang ingin merenovasi rumah, berikut kami buatkan contoh ilustrasi bagaimana menghitung biaya harga borongan bangunan 2021 untuk rumah kesayangan anda.

Rumus : Biaya Upah Borongan (BUB) = Harga Borongan x Luas Bangunan

Contoh biaya upah tukang borongan di Malang per meter untuk rumah standar adalah Rp 2.5 juta per meter. Luas rumah yang ingin diborongkan adalah 36 M2. Berapa biayanya?

Dari contoh kasus diatas, dapat dihitung menggunakan rumus berikut :

Luas Rumah = 36 M2
Harga borongan bangunan per meter = Rp 2.5 Juta
Total biaya borongan untuk luas diatas adalah 36 x 2.500.000 = Rp 90.000.000.

Harga diatas sudah include biaya material umum yang dibutuhkan. Tentunya akan ada penambahan biaya lagi jika anda membutuhkan material khusus diluar RAB tukang.

Sedangkan jika anda hanya ingin borongan bangunan tanpa material umumnya dihitung berdasarkan luas yang ingin di renovasi yang umumnya di harga Rp 650.000 hingga Rp 850.000 per M2.

Info Material Bangunan Lainnya :
Harga Besi WF Harga Triplek Per Lembar
Harga Besi Beton Harga Besi Siku Lubang

Apalagi material yang digunakan jika menggunakan borongan tanpa material pasti akan lebih membutuhkan banyak budget. Sekian informasi harga borongan bangunan 2021 menurut pantauan tim Hargabangunan.id. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *