Harga Borongan Bangunan Plus Material Agustus 2022

Posted on

☑️ Berikut info harga borongan bangunan 2022 plus material / Jasa tukang saja ☑️ dan Cara Menghitung harga borongan bangunan per meter☑️

Ketika Anda memiliki rencana untuk membangun atau merenovasi rumah, sangat penting untuk Anda mengetahui harga borongan bangunan. Meskipun Anda juga bisa memilih untuk menggunakan jasa yang bukan borongan, namun waktu pengerjaannya lebih lama daripada menggunakan jasa borongan.

Membangun atau merenovasi rumah menggunakan jasa borongan dirasa lebih ekonomis biayanya dan proses pengerjaannya pun bisa lebih cepat tanpa ada kemoloran waktu.

Jenis Borongan Bangunan

harga borongan bangunan

Borongan bangunan terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya mempunyai harga borongan yang berbeda-beda. Biasanya harga borongan dari setiap jenisnya dipengaruhi oleh banyaknya tukang yang bekerja dalam melakukan pekerjaan tersebut dan banyaknya material yang digunakan.

  1. Borongan Tukang Plus Material

Jenis borongan ini dianggap lebih ekonomis karena klien menyerahkan semua hal kepada jasa borongan bangunan baik tukang dan materialnya. Klien hanya tinggal membayar biaya borongan bangunan saja, kemudian menunggu sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan, bangunan akan selesai tepat waktu.

Namun kekurangannya adalah terkadang jasa borongan bangunan mengambil keuntungan dengan memilihkan material yang kurang bagus dan awet.

  1. Borongan Tukang Tanpa Material

Jenis borongan yang kedua ini hampir sama dengan jenis borongan yang pertama. Yang membedakan hanyalah klien membeli material sendiri, bukan dipilihkan dari pihak jasa borongan bangunan.

Oleh karena itu, klien bisa membeli material yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan, tentunya dengan memperhatikan budget. Klien hanya membayar tukang borongan saja, tidak termasuk materialnya.

  1. Borongan Ruko dan Kantor

Jenis borongan pembangunan ruko dan kantor biasanya disesuaikan dengan budget klien karena membangun ruko dan kantor dari awal membutuhkan budget yang tidak sedikit. Terkadang klien lebih memilih untuk menyewa ruko dan kantor daripada membangun dari awal.

Namun pembangunan ruko dan kantor bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Setelah ruko dan kantor dibangun, klien kemudian menyewakannya agar mendapatkan keuntungan.

  1. Borongan Pembangunan Rumah Kos

Biasanya pembangunan rumah kos menggunakan sistem borongan yang tidak termasuk materialnya. Karena pembangunan rumah kos dijadikan klien sebagai investasi, sehingga mereka menggunakan material yang tentunya bagus dan awet, bukan material yang ala kadarnya.

Hal ini dimaksudkan supaya orang-orang yang menempati rumah kos nantinya merasa aman dan nyaman karena material yang digunakan berkualitas.

  1. Borongan Renovasi Rumah

Jenis borongan ini sangat banyak dibutuhkan oleh klien karena terkadang renovasi rumah dengan menggunakan sistem borongan lebih cepat selesai daripada tanpa borongan.

Dengan menggunakan sistem borongan, renovasi rumah akan selesai tepat waktu sesuai dengan estimasi. Material yang digunakan biasanya diserahkan oleh jasa borongan bangunan namun keuntungannya klien akan lebih hemat pengeluaran jika merenovasi dengan sistem borongan.

Harga Borongan Bangunan Per Meter

Sistem borongan yang digunakan ketika akan membangun rumah memiliki rincian biaya yang berbeda-beda tergantung dengan tipe bangunan rumah yang akan dibangun. Ada tiga macam tipe bangunan rumah yakni rumah standar, rumah modern atau mewah, dan rumah luxury.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Standar
Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Beton Bertulang
Struktur Beton Bertulang 06, 03, 010
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium Lokal / Kamper
Plafond Rangka Hollow + Gypsum
Atap Baja Ringan + Genteng Beton
Lantai Keramik 40×40 Milan Asia Tile
Sanitari DBS / Prato
Cat Interior Vinilex + Aquaproof

Harga borongan rumah standar 3-4 juta per m2 disesuaikan dengan material yang digunakan dalam setiap tahapan pembangunan. Biasanya, tahap pembangunan fondasi menggunakan beton bertulang dan batu kali, struktur menggunakan beton bertulang, atap menggunakan genteng beton dan baja ringan, plafon menggunakan gypsum dan rangka besi hollow.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.