Harga Borongan Bangunan Plus Material Agustus 2022

Posted on

Lantai menggunakan keramik jenis milan asia tile ukuran 40 x 40. Kemudian, untuk dinding menggunakan acian, bata merah, dan plester, cat menggunakan aquaproof dan interior vinilex, sanitasi menggunakan prato atau DBS, dan kusen menggunakan alumunium lokal atau kamper.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Mewah
Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Beton Bertulang
Struktur Beton Bertulang 08. 010, 012
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium Alexindo / Kamper
Plafond Rangka Hollow + Gypsum
Atap Rangka Baja Ringan + Genteng Beton Flat
Lantai Granit ex DBS
Sanitari American Standard / Toto
Cat Catylac + Aquaproof

Untuk harga borongan rumah mewah/ modern 4-5 juta per m2 biasanya menggunakan material yang lebih mahal daripada material yang digunakan pada rumah standar. Material yang digunakan seperti fondasi adalah beton bertulang dan batu kali, struktur adalah beton bertulang, atap menggunakan genteng beton flat dan baja ringan mengingat harga baja ringan yang terjangkau.

Plafon menggunakan gypsum dan rangka hollow. Lalu lantai menggunakan granit ex DBS, dinding menggunakan acian, plester, dan bata merah, cat menggunakan aquaproof dan catylac, sanitasi menggunakan toto atau American standard, dan kusen menggunakan alumunium alexindo atau kamper.

  1. Harga Borongan Bangunan Rumah Luxury
Pekerjaan Spesifikasi Material
Pondasi Batu Kali + Setapak + Strauss
Struktur Betong Bertulang 08, 010, 012, 013, 016
Dinding Bata Merah + Plester + Acian
Kusen Alumunium YKK / Jati
Plafond Rangka Besi Hollow + Gypsum
Atap Baja Ringan + Genteng Keramik
Lantai Granit ex Hugo / Marmer
Sanitari Toto
Cat Dulux + Aquaproof

Untuk tipe rumah luxury menggunakan material yang berkualitas bagus dan terjamin awet sehingga harga borongan rumah lux 6-7 juta per m2. Untuk fondasi menggunakan straus,, batu kali, dan setapak, struktur menggunakan beton bertulang, atap menggunakan genteng keramik dan baja ringan, plafon menggunakan gypsum dan rangka hollow.

Kemudian lantai menggunakan marmer atau granit ex hugo, dinding menggunakan acian, bata merah, dan plester, cat menggunakan aquaproof dan interior dulux, sanitasi menggunakan toto, dan kusen menggunakan jati atau alumunium YKK. Dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah luxury membutuhkan budget yang besar.

Oleh karena itu, harga borongan disesuaikan dengan tipe bangunan yang akan dibangun, Karena bangunan ruko dan kantor, kost, dan rumah memiliki biaya borongan yang berbeda-beda.

Harga Borongan Bangunan Plus Material

harga borongan bangunan plus material

Setiap jasa borongan memiliki harga borongan bangunan yang berbeda-beda untuk tiap kliennya. Biasanya, harga borongan didasarkan pada tipe rumah yang akan dikerjakan, apakah rumah standar, rumah mewah, atau rumah luxury.

Dalam membangun sebuah rumah, ada beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Tahap Persiapan dan Pengukuran
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Pembuatan Direksi Kit m2 Rp 54.000
Pembuatan Bowplank m1 Rp 34.000
Pembuatan Pemagaran m1 Rp 35.000

Tahap pertama dalam pembangunan rumah diawali dengan pembuatan bowplank, direksi kit, dan pemagaran. Pengukuran untuk masing-masing yang dibuat mempengaruhi harganya. Harga borongan bowplank dihitung per meternya, harga direksi kit dihitung per meter persegi, dan harga pengerjaan pemagaran dihitung per meternya.

  • Tahap Pekerjaan Galian/ Fondasi
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Menggali tanah pondasi m3 Rp 82.000
Pemasangan batu kali m3 Rp 95.000
Urugan Tanah leveling lantai m3 Rp 51.000
Lantai Kerja m2 Rp 20.000

Tahap kedua adalah pengerjaan galian atau urugan. Jasa borongan bangunan membuat galian tanah untuk digunakan ketika membuat akan pondasi. Harga borongan galian tanah untuk pondasi dihitung berdasarkan per meter kubiknya tergantung ketrampilan tukang batu juga.

Setelah membuat galian atau urugan untuk pondasi, selanjutnya adalah mendirikan pondasi. Tahap pendirian pondasi antara lain memasang batu kali, membuat urugan tanah untuk leveling lantai, dan membuat lantai kerja.

Harga borongan bangunan untuk pemasangan batu kali dihitung per meter kubik, harga membuat urugan tanah dihitung per meter kubik, dan pembuatan lantai kerja dihitung per meter persegi.

  • Tahap Pekerjaan Beton Bertulang
Jenis Pekerjaan Satuan Harga
Pembuatan Beton Sloof m1 Rp 52.000
Pembuatan Beton Bertulang kolom Praktis m1 Rp 42.000
Pembuatan Beton Bertulang Ring Balok m1 Rp 49.000
Pembuatan Beton Balok Dak m1 Rp 71.000
Pembuatan Beton Plat Dak m2 Rp 60.000

Untuk tahap mengerjakan beton bertulang ini terdiri dari beberapa tahapan seperti pembuatan beton sloof, besi wiremesh, beton bertulang kolom praktis, beton bertulang ring balok, beton balok dak, dan belon plat dak.

Harga borongan untuk pekerjaan pembuatan beton sloof hingga pembuatan beton balok dak dihitung berdasarkan per meternya. Sedangkan untuk pembuatan beton plat dak dihitung berdasarkan per meter persegi.

  • Tahap Pekerjaan Dinding ( Plesteran dan Acian)
Satuan Pekerjaan Satuan Harga
Pemasangan Batu Bata m2 Rp 92.000
Pekerjaan Plester dan Aci m2 Rp 67.000
Pembuatan Sekonengan m1 Rp 57.000
Pembuatan Sudutan m1 Rp 57.000
Pembuatan Tali Air m1 Rp 57.000

Tahapan ini dimulai dengan tahap pemasangan batu bata, kemudian juga harga borongan plesteran dan acian per meter, pembuatan sekonengan, sudutan, serta pembuatan tali air.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.