Harga Borongan Plafon Gypsum Terbaru 2024

6 min read

Merencanakan renovasi rumah atau membangun rumah baru? Harga borongan plafon gypsum bisa menjadi salah satu pertimbangan penting. Hargabangunan.id (https://hargabangunan.id/) menyajikan kisaran harga terbaru plafon gypsum di tahun 2024 untuk membantu Anda merencanakan anggaran.

Harga plafon gypsum bervariasi tergantung jenis, luas area, kompleksitas desain, dan biaya tenaga kerja di daerah Anda. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Perkenalan

Menurut data dari Hargabangunan.id , harga borongan plafon gypsum terbaru tahun 2024 mengalami fluktuasi. Perlu diketahui bahwa harga yang tercantum merupakan kisaran rata-rata dan dapat bervariasi tergantung daerah dan spesifikasi bahan yang digunakan.

Harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah karena dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti harga bahan baku, biaya tenaga kerja, dan kondisi pasar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan survei harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasang plafon gypsum.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

  • Jenis gypsum: Harga gypsum per lembar bervariasi tergantung jenis dan ketebalannya.
  • Luas plafon: Semakin luas area yang akan dipasang plafon, semakin tinggi biayanya.
  • Tinggi plafon: Pemasangan plafon pada ruangan dengan tinggi yang lebih membutuhkan biaya tambahan.
  • Model plafon: Plafon dengan model yang rumit atau membutuhkan material khusus akan lebih mahal.
  • Biaya tenaga kerja: Upah tukang pasang plafon berbeda-beda di setiap daerah.

Tips Menghemat Biaya

  • Pilih jenis gypsum standar: Gypsum standar memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis lainnya.
  • Kurangi luas plafon: Pertimbangkan untuk membatasi area pemasangan plafon hanya pada ruangan yang benar-benar membutuhkan.
  • Cari tukang pasang yang berpengalaman: Tukang pasang yang berpengalaman biasanya lebih efisien dan dapat menghemat biaya.
  • Bandingkan harga dari beberapa penyedia: Dapatkan penawaran harga dari beberapa penyedia jasa pemasangan plafon untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Gunakan bahan bekas: Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan bahan bekas seperti rangka baja ringan atau gypsum sisa dari proyek lain.

Jenis Plafon Gypsum

Plafon gypsum menjadi pilihan populer karena tampilannya yang modern dan elegan. Tersedia dalam berbagai jenis dengan bahan, ukuran, dan kisaran harga yang beragam.

Jenis Gypsum Biasa

Gypsum biasa adalah jenis plafon gypsum yang paling umum. Terbuat dari gipsum dan kertas, jenis ini menawarkan tampilan polos dan cocok untuk berbagai ruangan. Harga berkisar antara Rp 40.000

Rp 60.000 per meter persegi.

Gypsum Perforasi

Gypsum perforasi memiliki permukaan berlubang kecil yang memungkinkan sirkulasi udara dan penyerapan suara. Cocok untuk ruangan dengan tingkat kebisingan tinggi seperti ruang kerja atau sekolah. Harga berkisar antara Rp 50.000

Rp 70.000 per meter persegi.

Gypsum Acoustone

Gypsum Acoustone dirancang khusus untuk peredam suara. Memiliki permukaan bergelombang yang menyerap dan menyebarkan suara. Cocok untuk ruang bioskop, auditorium, atau ruang konferensi. Harga berkisar antara Rp 70.000

Rp 90.000 per meter persegi.

Gypsum Fire Rated

Gypsum Fire Rated memiliki ketahanan api yang tinggi. Terbuat dari gipsum khusus yang dapat menahan api hingga 2 jam. Cocok untuk area yang membutuhkan proteksi kebakaran seperti rumah sakit, gedung perkantoran, atau pabrik. Harga berkisar antara Rp 80.000

Rp 100.000 per meter persegi.

Gypsum Motif

Gypsum motif memiliki permukaan dengan berbagai pola atau desain. Menawarkan tampilan dekoratif yang unik dan cocok untuk ruangan dengan konsep estetika tertentu. Harga bervariasi tergantung pada desain dan kerumitan pola, mulai dari Rp 60.000 per meter persegi.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Harga borongan plafon gypsum dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Jenis Gypsum

Jenis gypsum yang digunakan dapat memengaruhi harga. Gypsum standar umumnya lebih murah dibandingkan dengan gypsum tahan air atau tahan api.

Luas Area

Luas area yang akan dipasang plafon gypsum juga memengaruhi harga. Semakin luas area yang dipasang, semakin tinggi pula biayanya.

Kompleksitas Desain

Kompleksitas desain plafon gypsum dapat memengaruhi harga. Desain yang rumit, seperti lengkungan atau bentuk khusus, membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk dipasang, sehingga biaya pemasangannya lebih tinggi.

Biaya Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja di daerah Anda juga memengaruhi harga borongan plafon gypsum. Daerah dengan biaya tenaga kerja yang lebih tinggi akan menghasilkan harga pemasangan yang lebih tinggi pula.

Rincian Harga

Harga borongan plafon gypsum bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan biaya tambahan seperti pemasangan rangka dan lampu.

Tabel berikut merinci harga borongan plafon gypsum per meter persegi untuk berbagai jenis dan ukuran:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page