Harga Borongan Plester Aci 2024: Panduan Lengkap

4 min read

Harga borongan plester aci terus menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan. Pada tahun 2024, biaya plester aci diperkirakan akan mengalami penyesuaian seiring dengan naiknya harga bahan bangunan. Artikel ini akan memberikan gambaran lengkap tentang harga borongan plester aci, jenis-jenisnya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Plester aci merupakan lapisan penting dalam konstruksi bangunan yang berfungsi untuk meratakan permukaan dinding dan melindungi bangunan dari kerusakan. Harga borongan plester aci bervariasi tergantung pada jenis plester, luas permukaan, dan tingkat kesulitan pengerjaan.

Harga Borongan Plester Aci

Harga borongan plester aci mengalami fluktuasi berdasarkan berbagai faktor, termasuk lokasi, jenis plester, dan tingkat kesulitan pekerjaan. Artikel ini akan membahas kisaran harga borongan plester aci per meter persegi di tahun 2024, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi harga, dan memberikan perbandingan berbagai jenis plester aci.

Kisaran Harga Borongan Plester Aci

Kisaran harga borongan plester aci per meter persegi di tahun 2024 diperkirakan antara Rp50.000 hingga Rp100.000. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis plester yang digunakan.

Jenis Plester Aci

Ada beberapa jenis plester aci yang umum digunakan, masing-masing dengan harga dan karakteristik yang berbeda:

  • Plester aci semen:Terbuat dari campuran semen, pasir, dan air. Harga relatif murah, sekitar Rp50.000 per meter persegi.
  • Plester aci kapur:Terbuat dari campuran kapur, pasir, dan air. Lebih tahan lama dan memiliki tekstur yang lebih halus daripada plester aci semen. Harga sekitar Rp70.000 per meter persegi.
  • Plester aci gipsum:Terbuat dari campuran gipsum, pasir, dan air. Memiliki waktu pengerjaan yang lebih cepat dan dapat digunakan untuk permukaan yang melengkung. Harga sekitar Rp80.000 per meter persegi.

Faktor yang Memengaruhi Harga

Selain lokasi dan jenis plester, beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi harga borongan plester aci antara lain:

  • Luas permukaan:Harga per meter persegi umumnya lebih rendah untuk permukaan yang lebih luas.
  • Tingkat kesulitan:Pekerjaan pada permukaan yang tidak rata atau sulit dijangkau dapat meningkatkan biaya.
  • Kualitas bahan:Plester berkualitas tinggi dapat meningkatkan biaya.
  • Biaya tenaga kerja:Biaya tenaga kerja dapat bervariasi tergantung pada wilayah dan ketersediaan pekerja.

Jenis-jenis Plester Aci

Plester aci merupakan bahan pelapis dinding yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan air. Terdapat beberapa jenis plester aci yang umum digunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jenis plester aci yang paling umum adalah plester aci biasa, yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1:3:6. Plester aci jenis ini memiliki daya rekat yang baik dan harga yang relatif murah. Namun, plester aci biasa memiliki kekurangan yaitu mudah retak dan tidak tahan air.

Jenis plester aci lainnya adalah plester aci kedap air, yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan kedap air. Plester aci jenis ini memiliki daya tahan yang baik terhadap air dan tidak mudah retak. Namun, plester aci kedap air memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan plester aci biasa.

Jenis plester aci yang ketiga adalah plester aci berwarna, yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan pigmen warna. Plester aci jenis ini memiliki warna yang permanen dan tidak mudah pudar. Namun, plester aci berwarna memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan plester aci biasa dan plester aci kedap air.

Cara Menghitung Kebutuhan Plester Aci

Harga borongan plester aci
Menghitung kebutuhan plester aci sangat penting untuk memastikan jumlah bahan yang tepat dan menghindari pemborosan. Berikut cara menghitung kebutuhan plester aci:

Menentukan Luas Permukaan

Hitung luas permukaan area yang akan diplester, termasuk dinding, langit-langit, dan kolom. Ukur panjang dan lebar setiap permukaan, lalu kalikan untuk mendapatkan luasnya.

Menghitung Ketebalan Plester

Tentukan ketebalan plester yang diinginkan. Umumnya, ketebalan plester untuk dinding adalah 1-2 cm, sedangkan untuk langit-langit adalah 0,5-1 cm.

Harga borongan plester aci saat ini berkisar antara Rp25.000 hingga Rp35.000 per meter persegi. Sementara itu, harga borongan cor dak plus material bervariasi tergantung jenis dan ketebalan dak, serta harga material di masing-masing daerah. Kembali ke topik plester aci, harga ini sudah termasuk biaya material dan upah pekerja, sehingga pemilik rumah tidak perlu repot mencari material sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page