Harga Borongan Pondasi Batu Kali per m3 Terbaru di Indonesia

3 min read

Harga borongan pondasi batu kali per m3 menjadi pertimbangan penting dalam membangun rumah atau gedung. Di Indonesia, harga ini bervariasi tergantung daerah, jenis pondasi, ukuran, dan faktor lainnya.

Artikel ini akan menyajikan informasi lengkap tentang harga borongan pondasi batu kali per m3 di Indonesia pada tahun 2024, faktor yang memengaruhinya, cara menghitung biaya, tips menghemat biaya, serta contoh kasus nyata.

Harga Borongan Pondasi Batu Kali per m3 di Indonesia

Harga borongan pondasi batu kali per m3
Harga borongan pondasi batu kali per m3 di Indonesia mengalami fluktuasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi, jenis pondasi, dan ukuran. Namun, kisaran harganya umumnya berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 per m3.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

  • Lokasi:Harga pondasi batu kali dapat bervariasi tergantung pada ketersediaan bahan baku dan biaya transportasi di suatu daerah.
  • Jenis Pondasi:Jenis pondasi yang dipilih, seperti pondasi batu kali biasa atau pondasi batu kali dengan beton, dapat mempengaruhi harga.
  • Ukuran:Ukuran pondasi, seperti kedalaman dan lebar, juga berdampak pada harga.

Kisaran Harga

Daerah Jenis Pondasi Ukuran Harga
Jakarta Batu kali biasa 1 m3 Rp 1.200.000
Bandung Batu kali dengan beton 1 m3 Rp 1.400.000
Surabaya Batu kali biasa 1 m3 Rp 1.100.000
Medan Batu kali dengan beton 1 m3 Rp 1.500.000

Catatan:Harga yang tercantum hanya sebagai referensi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Disarankan untuk berkonsultasi dengan kontraktor setempat untuk mendapatkan penawaran harga yang akurat.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Borongan Pondasi Batu Kali

Harga borongan pondasi batu kali per m3
Harga borongan pondasi batu kali dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Lokasi Geografis

Lokasi geografis berpengaruh pada harga bahan baku dan biaya transportasi. Daerah yang jauh dari sumber bahan baku atau dengan akses transportasi yang sulit cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

Selain harga borongan pondasi batu kali per m3 yang fluktuatif, harga borongan cor dak bondek per m2 juga mengalami penyesuaian. Harga borongan cor dak bondek per m2 kini berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 250.000, tergantung pada spesifikasi dan lokasi proyek.

Sementara itu, harga borongan pondasi batu kali per m3 masih berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada kedalaman dan tingkat kesulitan penggalian.

Ukuran dan Kedalaman Pondasi

Ukuran dan kedalaman pondasi menentukan jumlah bahan baku yang dibutuhkan. Semakin besar dan dalam pondasi, semakin banyak bahan baku yang diperlukan dan semakin tinggi harganya.

Jenis Batu Kali

Jenis batu kali juga mempengaruhi harga. Batu kali dengan kualitas tinggi dan ukuran yang seragam biasanya lebih mahal dibandingkan dengan batu kali dengan kualitas rendah dan ukuran yang tidak seragam.

Harga borongan pondasi batu kali per m3 bervariasi tergantung lokasi dan spesifikasi proyek. Untuk wilayah Jakarta, kisaran harganya berkisar antara Rp400.000 hingga Rp600.000. Di sisi lain, harga borongan rumah per meter terima kunci menawarkan kemudahan dan kepastian biaya. Harga borongan rumah per meter terima kunci umumnya mencakup biaya material, tenaga kerja, dan finishing, sehingga pemilik rumah tidak perlu repot memikirkan pengeluaran tambahan.

Dengan harga mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp3 juta per meter, opsi ini menjadi pilihan menarik bagi yang menginginkan hunian baru tanpa kerumitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page