Harga Borongan Tenaga Tukang: Panduan Lengkap

4 min read

Harga borongan tenaga tukang per meter merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam proyek pembangunan atau renovasi. Tarif yang tepat bergantung pada berbagai faktor, mulai dari jenis pekerjaan hingga lokasi geografis. Artikel ini akan membahas secara mendalam harga borongan tenaga tukang per meter, memberikan panduan komprehensif untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Hargabangunan.id, platform terpercaya untuk informasi konstruksi, menyediakan kisaran harga terbaru untuk tahun 2024. Perlu diketahui bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu dan bervariasi tergantung daerah.

Harga Borongan Tenaga Tukang per Meter

Harga borongan tenaga tukang per meter merupakan salah satu pertimbangan penting dalam pembangunan atau renovasi. Tarif ini bervariasi tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

Jenis Pekerjaan

  • Pemasangan batu bata
  • Plesteran dinding
  • Pengecatan
  • Pemasangan keramik
  • Pemasangan atap

Tingkat Kesulitan

Pekerjaan yang lebih sulit dan membutuhkan keterampilan khusus umumnya dihargai lebih tinggi, seperti:

  • Pemasangan granit
  • Pembuatan kusen aluminium
  • Pemasangan plafon gypsum

Lokasi Proyek

Lokasi proyek juga memengaruhi harga borongan. Tarif di daerah perkotaan biasanya lebih tinggi dibandingkan di daerah pedesaan.

Material yang Digunakan

Kualitas dan jenis material yang digunakan turut memengaruhi harga borongan. Material yang lebih mahal umumnya membutuhkan biaya pemasangan yang lebih tinggi.

Selain harga borongan tenaga tukang per meter, terdapat pula harga borongan cat tembok yang perlu dipertimbangkan. Harga borongan cat tembok umumnya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000 per meter persegi. Tarif ini sudah termasuk biaya bahan, seperti cat, kuas, dan roller.

Kembali ke topik awal, harga borongan tenaga tukang per meter sendiri bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan pekerjaan dan lokasi pembangunan.

Perhitungan Harga Borongan

Perhitungan harga borongan tenaga tukang per meter dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor di atas. Namun, secara umum dapat dihitung dengan rumus berikut:

Harga Borongan = (Luas Area Pekerjaan x Harga Satuan) + Biaya Material

Harga borongan tenaga tukang per meter masih bervariasi tergantung lokasi dan jenis pekerjaan. Sebagai perbandingan, harga borongan cor dak bondek per m2 berkisar antara Rp350.000 hingga Rp550.000. Sementara itu, harga borongan tenaga tukang per meter untuk pekerjaan seperti pemasangan keramik berkisar antara Rp50.000

hingga Rp80.000, tergantung kerumitan motif dan ukuran keramik.

Sebagai contoh, jika harga satuan pemasangan keramik Rp50.000 per meter persegi dan luas area pemasangan 100 meter persegi, maka harga borongan adalah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page