Harga Buis Beton

Mengenal Apa itu Buis Beton☑️ Jenis, fungsi, ukuran dan harga buis beton terbaru 2021 model kotak, bulat, belah U setengah lingkaran☑️

Pemanfaatan dan fungsi dari gorong-gorong beton memang cukup beragam jadi tidak heran jika banyak yang menggunakannya. Salah satu media yang sering digunakan untuk menjadi saluran gorong gorong adalah buis beton.

Buis beton ini sendiri memiliki bentuk yang beragam, mulai dari bentuk kotak, bentuk bulat, setengah lingkaran, hingga yang menyerupai huruf U. Detail informasinya silahkan anda simak dibawah ini.

Apa itu Buis Beton ?

buis beton

Pengertian gorong gorong beton atau buis beton adalah material yang digunakan untuk saluran drainase air yang terbuat dari campuran beton pracetak. buis beton memiliki fungsi yang mirip dengan box culvert precast, RCP, maupun u ditch yaitu sebagai media saluran drainase air.

Gorong-gorong jenis ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan dari Anda karena bisa ditemukan dengan mudah dimana saja.

Apabila Anda salah satu yang juga ingin mengenal mengenai gorong-gorong beton maka simak penjelasan mengenai jenis, fungsi, harga dari buis beton, serta kelebihan kekurangan menggunakan material yang satu ini untuk gorong gorong air.

Jenis Buis Beton

Gorong-gorong beton sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pada umumnya, seluruh jenis jenis buis beton atau gorong-gorong beton memiliki bahan yang sama namun hanya penambahan bahan pada jenis tertentu.

Untuk perbedaannya sendiri terletak pada fungsi dan juga bentuknya. Langsung saja, untuk Anda yang belum tahu, berikut ini adalah jenis gorong-gorong beton:

  • Berdasarkan Bentuk

Sebagian besar dari produsen gorong-gorong beton ini menghadirkan precast dalam dua bentuk yang berbeda yaitu lingkaran penuh dan juga setengah lingkaran. Karena bentuk yang berbeda tentu saja fungsi buis beton tersebut juga akan berbeda. Anda bisa memilih salah satu jika sudah menentukan kebutuhan pembangunan yang akan dilakukan.

  • Berdasarkan Bahan

Jenis buis beton selanjutnya yaitu berdasarkan bahan. Seluruh gorong-gorong ini terbuat dari concrete ataupun semen yang dicetak. Perbedaanya hanya terletak pada ada tidaknya pasir dalam campuran pembuatan gorong-gorong. Gorong-gorong tanpa pasir dikenal lebih kuat dibandingkan yang menggunakan pasir sehingga harganya cukup mahal.

  • Berdasarkan Pemakaian Rangka

Yang terakhir adalah berdasarkan pemakaian rangka. Berdasarkan pemakaian juga dibedakan lagi menjadi dua yaitu yang menggunakan rangka dan yang tidak menggunakan rangka. Buis beton dengan rangka tentu saja jauh lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak menggunakan rangka.

Ukuran Buis Beton

Standar ukuran buis beton bulat memiliki panjang 100 cm dan lebar mulai dari 20 cm hingga 50 cm. Demikian juga dengan ukuran buis beton belah umumnya memiliki diameter panjang 100 cm dan lebar 30 cm sampai 50 cm (tergantung pesanan).

Berikut kami hadirkan ragam ukuran buis beton mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar supaya memudahkan anda dalam menentukan pilihan sebelum membelinya.

Ukuran Buis Beton Bulat / Kotak : 

ukuran buis beton 20 dan 30

ukuran buis beton bulat

Ukuran Buis Beton Belah/ Setengah Lingkaran :

ukuran buis beton belah

ukuran buis beton kotak

Sumber Gambar : https://putraalamsari.com/

Fungsi Buis Beton

Setelah mengetahui varian jenisnya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui fungsinya. Secara umum, fungsi utama dari gorong-gorong ini digunakan untuk menahan arus air baik bagian yang masuk maupun bagian yang keluar.

Saluran air menggunakan material yang satu ini dinilai lebih efektif dibandingkan yang lainnya. Agar lebih jelas, berikut ini adalah ulasan mengenai fungsinya:

  • Media Pengairan

Fungsi pertama buis beton adalah untuk pengairan. Biasanya gorong-gorong yang digunakan yaitu jenis yang bulat ataupun kotak. Banyak orang yang percaya bahwa pengairan dengan gorong-gorong lebih cepat dan juga murah dibandingkan material jenis lain.

Tidak hanya itu saja, saluran dengan material ini juga unggul karena mampu melindungi air dengan lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan material lainnya.

  • Sebagai Sumur Resapan

Pemanfaatan gorong-gorong beton selanjutnya yaitu digunakan pada pembangunan sumur resapan. Sebelum populernya gorong-gorong beton, awalnya sumur resapan ini memakai batu kali ataupun dengan cor untuk melapisi dinding. Namun dengan adanya gorong-gorong ini, pembuatan lapisan sumur tidak akan lagi sulit.

Disamping itu, biaya dari pembangunan gorong-gorong juga bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan cara dicor atau batu kali. Untuk pemanfaatan sebagai sumur resapan, bentuk yang digunakan adalah lingkaran karena pada umumnya sumur juga berbentuk lingkaran.

  • Gorong Gorong

Fungsi terakhir buis beton adalah sebagai gorong-gorong. Fungsi material yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sumur resapan namun terkadang bentuk setengah bulat juga bisa digunakan. Dimensi dan spesifikasi gorong-gorong yang akan digunakan juga bisa disesuaikan sehingga Anda tidak perlu khawatir salah ukuran.

Harga Buis Beton Terbaru 2021 :

Harga buis beton sebenarnya cukup beragam karena jenisnya yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, semakin baik kualitas yang dimiliki semakin tinggi juga harga jualnya.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *