Harga Kayu Reng

Posted on

Berikut daftar harga kayu reng 1 batang dan 1 ikat terbaru 2022☑️ Harga kayu reng ukuran 2×3, 3×4, dan ukuran lainnya☑️

Kayu reng merupakan material yang digunakan sebagai komponen atap rumah. Biasanya, rangka atap rumah berbahan dasar kayu digunakan untuk memberikan perlindungan bagian bawahnya terhadap cuaca, panas, hujan dan terik matahari.

Fungsi kayu reng pada rangka atap kayu yang lebih spesifik adalah menerima beban oleh bobot sendiri, yaitu beban kuda-kuda dan bahan pelapis berarah vertikal kemudian meneruskannya pada kolom dan pondasi, serta dapat berfungsi untuk menahan tekanan angin muatan yang berarah horizontal pada gevel (Felix Yap, 2001).

Nah untuk anda yang kebetulan sedang mencari informasi terkait harga kayu rengas 1 ikat dan informasi terkait lainnya, berikut kami ulas untuk anda.

Apa itu Kayu Reng?

kayu reng per batang

Kayu reng adalah jenis kayu olahan yang didapatkan dari hasil konversi kayu bulat menjadi kayu berbentuk balok untuk digunakan sebagai material rangka atap.

Ukuran kayu reng yang paling umum digunakan di Indonesia adalah potongan 2 x 3 cm dan juga 3 x 4 cm dengan tebal 1 hingga 4 cm dan lebar mulai dari 3 sampai 4 cm serta panjang 1 – 4 meter.

Secara umum, kayu rengas dibagi menjadi dua golongan pemakaian, yaitu :

  • Kayu reng untuk bangunan struktural, yaitu kayu bangunan yang digunakan untuk bagian struktural bangunan dan penggunaannya memerlukan perhitungan beban.
  • Kayu reng non-struktural, ialah kayu bangunan yang digunakan dalam begian bangunan, yang
    penggunaannya tidak memerlukan perhitungan beban.

Penggunaan kayu rengas yang biasa diaplikasikan pada konstruksi rangka atap berbeda-beda tergantung daerahnya. Jenis-jenis kayu tersebut antara lain:

Kayu meranti, Kayu merawan (sumatera) atau, damar putih (Kalimantan), Kayu mersawa atau tenam (Palembang) atau keruing, sesawa (Riau), Kayu sintok/kapur (Kalimantan Tenggara), Kayu berangan/ tunggeureuk/ saninten/ kihiur (Sunda), dan lain sebagainya.

Penggunaan kayu reng pada perencanaan rangka atap kayu harus memenuhi kaedah perencanaan yang sudah ditetepkan oleh pemerintah. Perhitungan struktur harus didasarkan pada Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (PKKI) atau menggunakan standar SNI.

Harga Kayu Reng

harga kayu reng

Untuk anda yang sedang mencari informasi harga kayu reng 3×4 cm maupun 2×3 cm, berikut kami sajikan tabel berisi daftar harga kayu reng 1 batang maupun 1 ikat untuk anda jadikan refrensi.

Jenis & Ukuran Panjang Harga
Kayu Reng Serut 3×4 cm 1 Ikat 4 Meter Rp 325.000
Kayu Reng 3X4 Kaso 4X6 Per Ikat 4 Meter Rp 201.200
Kayu Reng Bengkirai 3×4 cm 4 Meter Rp. 192.100
Kayu Reng Kayu Stik 4 Batang 3×2 cm 1 Meter Rp. 26.200
Kayu Reng 3×4 Batangan Meranti 4 Meter Rp 29.000
Kayu Reng Ukuran 3 X 4 (1 Ikat Isi 12) 4 Meter Rp 300.000
Kayu Borneo 3 x 4 cm 4 Meter Rp. 20.950
Kayu Kamper 2 x 3 cm 4 Meter Rp. 20.650
Kayu Kamper 3 x 4 cm 4 Meter Rp. 22.450
Kayu Meranti 2 x 3 cm 4 Meter Rp. 12.650
Kayu Meranti 3 x 4 cm 4 Meter Rp. 15.200
Kayu Borneo 2 x 3 cm 4 Meter Rp. 17.400
Kayu Reng Pinus 3×3 cm isi 4 Batang 1 Meter Rp 27.500
Kayu Reng Jati Belanda 3×4 cm 1 Meter Rp. 27.000
Kayu Reng 3 x 4 Meranti (200 batang) 1 Meter Rp. 2.472.000

Fungsi Kayu Reng

kayu reng

Setiap dari material bangunan pada sebuah konstruksi tentunya memiliki fungsi masing masing, termasuk juga pada kayu reng. Diantara fungsi kayu reng pada konstruksi bangunan adalah :

  • Rangka Penopang Genteng

Jika anda lihat pada struktur perencanaan rangka atap rumah, kayu reng umumnya diletakkan diatas guna menjadi penopang genteng atau atap rumah anda. Kayu reng ini memiliki peran penting dalam menahan beban genteng yang akan dipasang sebagai penutup atap sebuah rumah.

  • Rangka Struktur Dinding

Di sebagian negara seperti Eropa dan India, kayu reng masih banyak yang digunakan sebagai material konstruksi struktur dinding rumah kayu. Hal ini berbeda dengan di Indonesia yang umumnya menggunakan kayu reng sebagai material struktur rangka atap.

  • Penopang Struktur Plafon

Selain digunakan sebagai penopang genteng rumah, kayu reng juga banyak digunakan untuk menjadi penopang plafon rumah yang memiliki bahan dasar trilek. Kayu reng dipasang secara horizontal dan berjajar untuk penopang plafon rumah anda.

  • Struktur Rangka Lantai Kayu

Penggunaan lantai kayu di berbagai rumah maupun cafe ternyata menggunakan kayu reng sebagai penopangnya. Kayu reng disini berfungsi sebagai tumpuan lantai kayu yang ingin dipasang. Tujuan penggunannya adalah untuk mengurangi suara dan getaran yang akan ditimbulkan.

Info Material Bangunan Lainnya :
Harga Kayu Jati Harga Kayu Triplek
Harga Kayu Pallet Harga Kayu Gaharu
Harga Kayu Bangunan Harga Cat Kayu

Sekian ulasan informasi mengenai daftar harga kayu reng per batang dan per ikat untuk ukuran 2×3 cm, 3×4 cm yang bisa Hargabangunan.id sajikan. Semoga bisa membantu anda dalam mencari refrensi harga kayu reng disekitar tempat anda tinggal.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.