Harga Penangkal Petir Terbaru 2024 [+Biaya Pasang]

4 min read

Promo harga penangkal petir terbaru 2024 ☑️ Biaya pemasangan penangkal petir untuk rumah dan gedung beserta metode pemasangannya☑️

Indonesia adalah negara yang memiliki 2 iklim. Ketika bulan April sampai April, secara geografis Indonesia akan mengalami musim hujan dengan curah hujan yang tinggi.

Saat musim hujan tersebut, banyaknya petir dilangit tentunya tidak dapat dihindari. Untuk mengamankan rumah anda, ada baiknya anda mengetahui alat yang bernama penangkal petir beserta harga dan metode pemasangannya.

Apa itu Penangkal Petir?

penangkal petir
Gambar alat penangkal petir

Dilansir dari Wikipedia.org, penangkal petir adalah alat yang memiliki fungsi untuk melindungi bangunan dan juga barang elektronik di dalam bangunan. Anti petir telah banyak digunakan di berbagai negara di dunia, maupun oleh masyarakat Indonesia.

Alat ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk memberikan keamanan bagi rumah anda khususnya yang sering turun hujan dan petir.

Jenis Penangkal Petir:

1. Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional adalah alat tradisional atau sederhana yang biasanya dipasang di rumah. Cara perakitan sangat mudah dan dapat dilakukan tanpa menggunakan jasa. Selain itu, alat penghalau petir ini juga dapat dengan mudah dijumpai di toko bangunan.

2. Penangkal Petir Elektrostatis Atau Radius

Anti petir elektrostatis atau radius merupakan penstabil petir dengan menggunakan radius sebagai teknologi aplikasinya. Alat anti petir ini dapat melindungi dari sambaran petir dengan cakupan wilayah yang cukup luas dan tinggi. Alat ini seringkali digunakan pada kantor, hotel, maupun bangunan besar.

Cara Kerja Penangkal Petir:

Awan yang berkumpul di atmosfer memiliki muatan negatif dan tanah memiliki muatan yang positif. Maka dari itu penempatan grounding sangat penting, karena muatan positif yang terdapat di tanah akan naik ke atas sampai ke ujung dari alat penstabil petir.

Cara kerja alat ini yakni muatan positif dari tanah ini akan menarik muatan negatif dari petir sehingga listrik akan sampai ke tanah melalui konduktor dan tidak membahayakan rumah dan perangkat elektronik miliki Anda.

Tips Memilih Penangkal Petir :

1. Model dan Jenis Kabel

Alat ini memiliki model dan jenis kabel yang bervariasi dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Kabel yang berperan sebagai konduktor atau penyalur petir ini akan disambungkan ke dalam tanah dan menjadi komponen penting dalam pemasangan alat ini. Oleh sebab itu, Anda harus memilih jenis dan model kabel yang paling sesuai.

2. Jenis Alat

Memilih jenis alat untuk menghalau petir agar tidak membuat kerusakan menjadi salah satu hal penting yang perlu di pertimbangkan. Terdapat 2 jenis alat untuk menangkal petir dengan fungsi yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page