Harga Semen Tiga Roda, Gresik, MU, Holchim Terbaru

Posted on

ISemen Portland Pozzolana memiliki ciri-ciri hidrasi panas yang dihasilkan sedikit, selain itu daya tahan terhadap air lebih kuat. Pencampurannya juga dapat mengurangi biaya untuk pembuatannya tanpa harus memberikan perubahan atas sifat dasar semen itu sendiri.

  1. Semen Putih

Jenis semen putih dianggap memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan lainnya. Banyak sekali difungsikan dalam tujuan dekorasi, juga untuk finishing dari bagian dalam ataupun luar ruangan. Biasanya juga digunakan dalam pelapisan nat, keramik, teraso, ubin, dan banyak lagi.

Pembuatannya dilakukan dengan menggunakan bahan yang memiliki kandungan magnesium oksida cukup rendah. Selain itu juga terdapat besi dengan komposisi rendah.

  1. Semen Warna

Semen warna, ini banyak digunakan dengan tujuan estetika. Kebanyakan difungsikan sebagai alat perekat yang dibuat untuk lantai ataupun perekat ubin. Seperti halnya namanya terdapat banyak sekali pilihan diantaranya yaitu hijau, biru, merah, dan masih banyak lagi.

Pemilihannya biasanya dilakukan dengan penyesuaian dari dinding ataupun keramik yang digunakan agar lebih serasi. Banyak sekali merek terkenal yang menjualnya di pasaran.

  1. Semen Super Mansory

Semen super mansory juga banyak disebut dengan jenis campuran. Didapatkan penyebutan tersebut karena bahannya yang merupakan percampuran antara semen portland dengan pasir dan juga batu kapur. Sifatnya kedap akan air, sehingga tahan sebagai resapan.

Perbandingan takaran pencampurannya mempengaruhi tipenya. Terdapat 3 yang utama yaitu N, S, dan juga M. Dimana dari ketiganya memiliki proposisi berbeda dalam komposisi campuran antara Portland, pasir, dan batu kapurnya.

  1. Semen Kilat (Rapid Hardening Cement)

Seperti namanya, semen kilat (rapid hardening cement) merupakan jenis yang sangat cocok digunakan pada keperluan konstruksi. Keberadaannya menjadi salah satu pilihan yang memberikan bantuan kecepatan dalam pengerjaannya.

Proses pembuatannya bisa dilakukan dengan menambahkan unsur batu kapur dengan pemanasan di atas suhu rata-rata jenis semen manufaktur selainnya. Hasil penggilingannya dibuat sangat halus.

Waktu untuk tahap pengeringan saat pengaplikasiannya memang sama dengan Portland. Namun, kekuatannya semakin mengalami peningkatan bahkan di hari-hari awal penggunaannya.

  1. Semen Rendah Panas (Low Heat Cement)

Semen rendah pansa (low heat cement), penggunaannya banyak dikhususkan untuk membantu fungsi beton pada sebuah konstruksi bendungan. Hal ini dikarenakan beton lebih mudah terdispersi dibandingkan dengan semen.

Untuk itulah kemudian direkomendasikan menggunakan jenis ini. Karena dianggap memiliki keuntungan yang lebih banyak dalam pengaplikasiannya.

Presentase kandungan trikalsium aluminatnya rendah berkisar pada persentase sekitar 5% saja. Sedangkan untuk calcium silikatnya lebih tinggi sekitar 46%. Komposisi ini yang kemudian memberikan pengaruh atas kelebihan serta kekurangan penggunaannya.

  1. Semen Tahan Sulfat (Sulfates Resisting Cement)

Jenis semen tahan sulfat (sulfates resisting cement) dibuat melalui sebuah proses dengan menjaga presentase dari kandungan trikalsium aluminatnya agar berada pada 5%. Nilai tersebut didasarkan ukuran semen biasa. Penggunaannya biasanya untuk sebuah proyek konstruksi struktur, dimana rawan akan kondisi basa.

Kemampuannya untuk menyerap basa dan tahan atas sulfat seperti halnya namanya, banyak kemudian difungsikan untuk pembangunan daerah gorong-gorong dan sejenisnya. Dimana konstruksinya dekat dengan perairan atau daerah lembab.

  1. Semen Blast Furnance Slag

Semen blast furnance slag dianggap lebih murah karena bahan pembuatannya merupakan limbah. Dimana prosesnya dilakukan dengan melakukan penggilingan klinker. Presentase komposisinya yaitu 60% sampai dengan 65%. Sifatnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis semen biasa.

Selain karena lebih hemat biaya, kelebihan lain dimiliki oleh jenis ini adalah pada segi kekuatannya. Pertambahannya memang terjadi secara perlahan, juga diperlukan sebuah pemeliharaan. Sehingga hasilnya dapat lebih maksimal.

  1. Semen Anti Bakteri

Mungkin banyak yang baru mengetahui jenis satu ini yaitu semen anti bakteri. Seperti namanya, bahan yang digunakan melibatkan pencampuran antara semen Portland dengan anti bakteri. Salah satu campuran yang banyak digunakan adalah germicide.

Keberadaan jenis ini banyak dimanfaatkan dalam upaya untuk melindungi bagian bangunan seperti dinding, lantai, beton, kolam. Lokasi-lokasi tersebut banyak sekali mendapat potensi terkena serangan jamur. Sehingga pelapisannya sangat dibutuhkan untuk menjaga ketahanan dari bangunan yang dibangun.

  1. Semen Tinggi Alumina (High Alumina Cement)

Semen tinggi alumina (high alumina cement), biasa digunakan untuk membuat sebuah beton. Pembuatannya dilakukan dengan cara kalsinasi dari pencampuran kapur dengan bauksit. Sehingga, kemudian bisa lebih tahan terhadap sulfat juga dengan serangan asam.

Perkembangan kekuatannya berlangsung selama 24 jam secara penuh. Konstruksi bawah tanah atau air banyak menggunakannya sebagai pilihan untuk membuat sebuah gorong-gorong ataupun sejenisnya.

Info Perkembangan Harga Lainnya :
Harga Kalsiboard Harga Triplek
Harga Baja Ringan Harga HPL
Harga Wiremesh Harga Besi Hollow

Klasifikasi Semen Standar Indonesia (SNI)

Setelah kita ulas beragam informasi mengenai merk merk semen terbaik, harga semen terbaru dan juga jenis jenis varian produk semen. Rasanya kurang lengkap jika tidak kita paparkan juga informasi klasifikasi jenis semen berdasarkan standar Indonesia (SNI). Apa saja variannya ? Berikut informasinya.

  • SNI 15-3758-2004 Semen Masonry
  • SNI 15-7064-2004 Semen Portland Komposit
  • SNI 15-0129-2004 Semen Portland Putih
  • SNI 15-0302-2004 Portland Composite Cement (PCC)
  • SNI 15-2049-2004 Ordinary Portland Cement
  • SNI 15-3500-2004 Semen Portland Campur

Demikianlah serangkaian informasi mengenai semen bangunan yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat membantu anda menemukan semen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan.

Perlu kami tegaskan sekali lagi bahwa daftar harga semen terbaru 2022 versi Hargabangunan.id diatas tentunya bisa berubah sewaktu waktu. Ada baiknya anda kroscek kembali harga semen di daerah anda masing masing. Namun jika memang terdapat selisih dengan harga semen yang kami paparkan, tentunya tidak akan selisih jauh.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.