Kanopi Baja Ringan Minimalis

Agar Anda tidak kesulitan dalam memasang kanopi, perhitungkan terlebih dahulu ukuran pemasangan kanopi. Ini juga akan membantu Anda untuk menaksir berapa budget yang perlu dikeluarkan untuk melakukan pembelian dan pemasangan atap kanopi, berikut adalah cara ukur dan taksir harga kanopi:

  1. Tentukan panjang atap atau tempat yang hendak dipasangi oleh kanopi.
  2. Ukur pula lebar dari tempat atau atap tersebut, Anda boleh menggunakan meter maupun sentimeter sebagai hasil pengukurannya.
  3. Jika sudah, tentukan sudut kemiringan, bisa menggunakan derajat.
  4. Kalikan panjang dan lebar yang sudah didapatkan, kemudian bagi dengan sudut kemiringan tempat tersebut.
  5. Jika sudah ditemukan hasilnya, Anda bisa melanjutkan dengan mengalikannya sesuai dengan harga kanopi yang ada di pasaran.

Contoh Perhitungan Biaya Pembuatan Kanopi :

Pak Arsya ingin memasang kanopi pada halaman rumahnya yang memiliki lebar depan 7 meter. Rencananya akan dibuat kanopi baja ringan minimalis pada carport rumah dengan luas 3.5 meter untuk lebar dan panjang 5 meter. Berapakah biaya pembuatan kanopi yang dibutuhkan ?

Rumus Menghitung Biaya Borongan Kanopi :

Rumus harga kanopi = luas x harga permeter
Panjang = 5m
Lebar = 3m
Luas = panjang x lebar = 5m x 3m = 15m2Jadi biaya untuk pembuatan kanopi tersebut adalah 15 m2 x Rp. 325.000 = Rp. 4.875.000

Tips Pasang Kanopi Baja Ringan

kanopi baja ringan

Ketika Anda hendak memasang kanopi, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai aspek yang ada. Ini akan memudahkan Anda dalam pemasangan atap kanopi yang sesuai dengan aturan, sehingga tidak rusak ketika dipasang serta dapat dipakai dalam waktu lama.

  1. Hitung Luas Lahan

Sebelum pembelian dan pemasangan dilakukan, hitung luas lahan & jarak reng yang ada, ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pembelian. Nantinya kanopi yang dipakai bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanpa khawatir kurang atau kelebihan.

  1. Hitung Kebutuhan Material

Pemasangan kanopi tentunya membutuhkan material dan perangkat penunjang, karena itu jangan lupa pula untuk melakukan proses hitung kebutuhan material rangka dan atap. Rangka menjadi aspek penting dalam pemasangan kanopi, sebab tanpanya kanopi tidak bisa berdiri sendiri sesuai dengan keinginan pemasang.

  1. Survey Harga

Jangan asal memilih dan membeli kanopi tanpa survey harga terlebih dahulu. Jika harga kanopi terlalu tinggi, tentunya Anda tidak bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi jika ternyata budget yang dimiliki terbatas. Ada baiknya melakukan survey harga dan beli sesuai kebutuhan dan keuangan agar tidak ada kanopi yang tidak terpasang.

  1. Buat Tiang Kanopi

Setelah semua proses pembelian dan pemasangan selesai, Anda bisa melanjutkan dengan membuat tiang kanopi. Proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang panjang, bisa Anda selesaikan dalam waktu yang singkat.

  1. Membuat Rangka Atap

Sebelum kanopi dipasang, pastikan Anda sudah membuat rangka atap kanopi. Ini akan membantu Anda meletakkan kanopi yang sudah dibeli sebelumnya. Proses pembuatan atap tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada hasil pemasangan kanopi. Jika pembuatan rangka selesai, pemasangan kanopi bisa dilakukan segera.

Kelebihan & Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Sumber : Channel Mega Sinergi TV

Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai kanopi minimalis, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis atap ini. Berdasarkan video diatas, beberapa kelebihan dari kanopi adalah modelnya yang beragam, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Material baja ringan juga termasuk bahan yang mudah untuk didapatkan dan ringan, sehingga mudah untuk dipasang di berbagai tempat. Material yang anti karat dan anti rayap juga menjadi point penting keunggulan baja ringan ini.

Sedangkan kekurangan dari kanopi ini adalah perhitungan ukuran baja yang harus dilakukan dengan tepat. Misalnya Anda hendak menggunakan kanopi minimalisatap galvalum, maka Anda harus menghitung dengan tepat berapa kanopi per meter yang harus digunakan. Ini karena bahannya yang hanya pas dalam sekali pasang.

Info Material Bangunan Lainnya :
Tabel Berat Besi Harga Triplek
Tabel Baja Ringan Harga Wiremesh

Itulah berbagai informasi mengenai kanopi minimalis dari Hargabangunan.id, kelebihan dan kekurangannya. Ada banyak jenis kanopi minimalis yang bisa Anda pakai, mulai dari model kanopi baja ringan atap polycarbonate hingga solartruff, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *