Harga Kanstin Beton Terbaru

Posted on

Kanstin adalah?☑️ Berikut penjelasan apa itu kansteen beton, jenis jenis, fungsi, ukuran dan harga kanstin terbaru 2022 terlengkap☑️

Setiap jalan, baik itu yang merupakan area terbuka umum ataupun area yang tidak terlalu banyak orang melewatinya tetap perlu memiliki penanda. Penanda di sini maksudnya pembeda antara jalur satu dengan jalur yang lainnya sehingga para pengguna jalan bisa menggunakannya sesuai dengan aturan.

Biasanya, material yang sering digunakan sebagai penanda adalah kansteen. Hal ini karena selain lebih mudah penggunaannya, tingkat kekokohan dari material ini tidak perlu diragukan lagi.

Apa itu Kanstin ?

kanstin
Contoh gambar kanstin

Kanstin adalah adalah jenis Concrete Block yang digunakan untuk pembatas/ penanda sisi kiri dan kanan jalan dengan susunan paving block di atas trotoar. Material ini merupakan sebuah penanda yang sering kali digunakan untuk membedakan jalur pada trotoar/ jalan.

Posisinya bisa terpasang di badan jalan atau berdiri sendiri, sehingga tergantung pada penggunaannya. Material ini dipasang untuk tujuan agar jalan bisa tetap teratur secara rapi dan bagus.

Ada banyak jenis yang mungkin belum Anda ketahui mengenai material satu ini. Jenis-jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsi ataupun bentuknya, seperti misalnya penanda taman, jepit, S, dan yang lainnya.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kansteen dan perlu Anda ketahui agar tidak bingung atau ragu dalam pemakaiannya. Terkadang, banyak yang mengira jika kansteen hanya bisa digunakan untuk badan jalan saja, padahal ada kelebihan lain yang bisa diperoleh.

Jika di rumah Anda memiliki taman pribadi, maka gunakan saja jenis material ini yang tepat. Dimensi kansteen cocok digunakan sebagai penanda taman ataupun pelindung bentuk taman yang telah dibuat sedemikian rupa. Terlebih lagi, harga kanstin bisa dibilang cukup terjangkau karena bisa beli ukuran potongan.

Ukuran Kanstin

ukuran kanstin

Berdasarkan standar SNI 2442 : 2008, ukuran kanstin untuk jalan/ trotoar adalah 60 x 25 x 22 x 18 cm, sedangkan ukuran kanstin untuk taman umumnya memiliki dimensi 40 x 20 x 10 cm.

Ukuran diatas tentunya juga bisa berubah bervariasi tergantung pada jenis kanstin yang dibutuhkan, apakah untuk taman, car stopper, ataukah jeperluan lainnya.

Karena memiliki fungsi yang cukup banyak, maka kanstin beton tidak hanya memiliki satu atau dua jenis saja. Ada beberapa jenis kansteen yang perlu Anda ketahui agar lebih mudah dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasnya, simak saja beberapa jenis dan ukuran kansteen berikut ini.

  • Kanstin Taman

kanstin taman

Kanstin taman adalah yang paling banyak dipasang pada area kawasan sejenis perumahan dengan konsep lingkungan yang memusat. Ukuran kanstin taman yang dijual dipasaran umumnya memiliki dimensi 40 x 20 x 10 cm.

Biasanya, pada area perumahan akan ada sebuah tanah yang ditanami beberapa tumbuhan dan untuk melindunginya, maka dibuatlah sebuah penanda.

Penanda tersebut berfungsi agar orang-orang tidak merusak  tanaman yang ada di dalamnya karena sudah ada pembatas jalur. Selain itu, kanstin taman juga memiliki fungsi agar tidak membuat tanah keluar dari batasnya.

  • Kanstin Jalan

kanstin jalan

Fungsi utama dari adanya kanstin jalan adalah memberikan pemisah antara badan jalan dengan trotoar. Hal ini tentunya sangat penting karena akan sangat mempengaruhi arus lalu lintas, khususnya bagi para pejalan kaki.

Anda mungkin tidak tahu tetapi antara area pejalan kaki dan trotoar memiliki tinggi yang berbeda. Ukuran kanstin jalan yang umum digunakan di Indonesia adalah 60 x 25 x 22 x 18 cm.

Pada area perjalanan kaki dibuat aspal yang lebih tinggi dibandingkan dengan area trotoar. Tentunya, dengan adanya kanstin jalan, para pengguna jalan bisa lebih baik dan lebih maksimal dalam memanfaatkan jalan raya.

  • Kanstin S

kanstin S

Setelah jenis taman dan jalan, kini jenis-jenis kansteen selanjutnya adalah S. Ukuran kanstin ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan karena terkadang pihak penjual juga menyediakan yang sudah potongan. Namun pada umumnya, kanstin S memiliki diameter ukuran  40 x 30 x 15 x 8 cm.

  • Kanstin L DKI

kanstin L

Untuk jenis kansteen DKI ini mirip dengan pola kanstin S, hanya saja letak perbedaanya terletak pada namanya yakni bentuknya yang menyerupai huruf L, bukan huruf S. Harga kedua kansteen ini pun tidak selisih jauh. Begitupun juga dengan ukurannya, untuk ukuran kanstin S memiliki dimensi 40 x 15 x 23 cm.

  • Kanstin Car Stopper

kanstin car stopper

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.