Harga Semen Mortar Terbaru Juni 2024

4 min read

Daftar harga semen mortar terbaru 2024☑️ Promo harga semen mortar terbaik dan termurah merk Mortar Utama (MU), tiga roda, gresik, DLL☑️

Kebutuhan primer dalam pembuatan konstruksi bangunan salah satunya adalah semen. Material ini merupakan perekat utama yang dibutuhkan dalam mendirikan konstruksi sebuah bangunan.

Semen memiliki banyak sekali jenis yang beredar dipasaran sesuai dengan fungsinya. Beberapa diantaranya  seperti semen portland, semen putih, dan juga semen instant atau sering dikenal dengan nama semen mortar.

Nah pada ulasan kali ini, secara khusus akan membahasa mengenai apa itu semen mortar, jenis jenis, kegunaan, kelebihan kekurangan serta perkembangan harga semen mortar terbaru 2024 di Indonesia.

Apa itu Semen Mortar?

semen mortar

Semen mortar adalah jenis semen instant yang terbuat dari campuran material pasir silika, semen portland (PCC), admixture serta zat aditif lainnya berdasarkan standar tertentu.

Semen jenis mortar ini umumnya digunakan untuk bahan perekat bata ringan, acian, serta plesteran dinding dan lantai. Semen mortar juga sering dikenal dengan nama semen instant atau semen serbaguna.

Dalam proses pembuatannya, semen mortar dihasilkan dari pencampuran beberapa material seperti pasir silika, semen portland (PCC), admixture serta zat aditif lainnya yang membuatnya jadi lebih sederhana dalam pengaplikasiannya dibandingkan semen portland biasa.

Proses pengaplikasiannya cukup mudah, kita hanya perlu mencampurkan semen mortar ini dengan beberapa liter air (sesuai takaran yang dianjurkan pabrik), kemudian semen siap digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi.

Perbedaan Semen Mortar dan Semen Biasa (Portland)

Ada beberapa perbedaan antara formulasi mortar dan semen abu abu biasa, itulah sebabnya bahan tidak boleh digunakan secara bersamaan. Beberapa point terkait perbedaan semen mortar dengan semen abu abu (portland) yaitu sebagai berikut :

  • Konstruksi semen mortar memiliki kekuatan yang lebih rendah dari beton.
  • Semen mortar kurang memiliki kemampuan menahan air.
  • Konstruksi semen mortar memiliki kandungan udara yang lebih tinggi dibandingkan beton biasa.
  • Pengaplikasian semen mortar cukup dicampur dengan air, sedangkan semen portland membutuhkan campuran pasir dan air.
  • Jika beton semen portland adalah salah satu produk bangunan yang paling banyak digunakan di dunia, penggunaan semen mortar untuk pemasangan bata/ hebel termasuk cara baru yang belum lama diterapkan.
  • Seperti pada konstruksi beton, penggunaan semen mortar juga dirancang agar bangunan tetap tahan lama, namun pada pengaplikasiannya, membutuhkan tukang tertentu yang benar benar paham. Tidak seperti konstruksi beton menggunakan semen portland biasa yang hampir semua tukang bangunan memahaminya.
  • Kekuatan konstruksi semen mortar cukup rendah dibandingkan dengan konstruksi beton menggunakan semen abu abu biasa (portland). Oleh karena itu, penggunaanya jarang sekali diterapkan untuk aplikasi tebal.
  • Kontur pada semen mortar ini jauh lebih lembut dan lebih bisa diterapkan daripada semen portland pada konstruksi beton.

Jenis Semen Mortar

Ada tiga jenis mortar yang diproduksi secara luas yaitu Tipe M, S dan N. Sedangkan pada jenis konstruksi tertentu, produsen semen mortar biasanya juga membuat tipe O dan K.

Tipe M akan mencapai kekuatan tekan hingga 2500 psi, Tipe S akan menghasilkan kekuatan tekan 1800 psi sedangkan Tipe N menghasilkan daya tekan 750 psi.

Sedangkan untuk tipe O dan K tidak dibuat secara komersial dan hanya dapat digunakan untuk aplikasi non-struktural seperti memperbaiki mortar lama yang sudah rontok.

Sebagai referensi, sebagian besar konstruksi beton umum berada dalam kisaran kekuatan tekan 4000 psi, tetapi dapat mencapai 8000 psi untuk aplikasi khusus. Berikut gambaran skema daya tahan semen mortar dalam menerima tekanan.

daya tahan semen mortar
Kekuatan Tekanan Semen Mortar

Untuk pekerjaan non-spesifikasi, Mortar dengan tipe S biasanya sangat cocok untuk anda aplikasikan. Namun untuk pekerjaan dinding yang tidak terlalu menahan beban seperti dinding pembatas/ partisi ruangan, mortar tipe N sudah cukup untuk anda gunakan.

Kemudian untuk pekerjaan konstruksi dinding di bawah tanah atau memikul beban atap atau beberapa lantai dari bata atau balok, gunakanlah mortar tipe S.

Namun jika anda dihadapkan pada proyek konstruksi besar seperti pembangunan apartemen atau gedung bertingkat, anda baru dianjurkan menggunakan mortar tipe M.

Kegunaan Semen Mortar

kegunaan semen mortar

Fungsi semen mortar biasanya  digunakan untuk pekerjaan pasangan bata ringan, plesteran, perbaikan beton yang rusak, penambalan atau penambalan, rendering, perataan lantai, dan pengembangan produk pracetak.

Komposit semen mortar terdiri dari bahan pengikat, pasir, air, dan serat dengan ukuran bahan butiran halus maksimal 2 mm. Oleh karena itu jenis semen yang satu ini sangat cocok digunakan dalam beberapa pekerjaan konstruksi diatas.

Pengikat pada mortar dapat berupa semen, campuran mineral fly ash, ground granulated blast furnace slag (GGBFS), abu sekam padi, dll, dengan campuran polimer atau kimia yang digunakan tergantung pada tujuan penggunaannya.

Serat alami dan buatan pada komponen mortar digunakan untuk memperkuat matriks untuk meningkatkan daya tahan seperti kekuatan lentur, ketahanan dalam menerima benturan, serta ketahanan keretakan akibat usia konstruksi yang sudah lama.

Harga Semen Mortar

harga semen mortar

Harga semen mortar tergantung dari merk, ukuran dan jenis (plesteran, acian, perekat) yang anda beli. Misalnya harga semen mortar 1 sak 40 Kg merk MU (mortar utama) berkisar antara Rp 50.000 hingga 70.000, sedangkan ukuran 50 Kg berkisar antara Rp 72.000 hingga Rp. 129.000.

Untuk lebih jelasnya, silahkan teman teman lihat pada tabel berisi daftar harga semen mortar terbaru 2024 yang kami rangkum dari beberapa marketplace online di Indonesia berikut ini:

Merk Ukuran Harga
Fast Mortar 307 Nat Keramik Warna 1 Kg Rp 16.500
Sika Waterproofing Mortar 5 Kg Rp 65.000
Semen Mortar GRC Putty Top Coat 4 Kg Rp 27.300
Semen Mortar Duromix AdhesiveMax 5 Kg Rp 47.000
Semen Mortar Acian Abu SkimMax Duromix 5 Kg Rp 42.500
Semen Mortar Anti Bocor No Drop 5 Kg Rp 74.500
Semen Instant Perekat Bata Ringan Hebel MU380 20 Kg Rp 99.200
Semen Mortar Powerbond PRO-689 Granit 25 Kg Rp 90.000
Semen Mortar Global Union GU-500 40 Kg Rp 64.000
Semen Mortar Acian Global Union Gu-700 40 Kg Rp 65.000
Semen Mortar Global Union GU-709 40 Kg Rp 78.000
Semen Mortar Beton Global Uninon K175 – K250 50 Kg Rp 58.000
Semen Mortar Global Uninon Gu-800 Keramik 40 Kg Rp 81.000
Semen Mortar Global Uninon Gu-650 Render 40 Kg Rp 61.000
Mortar Utama MU-301 PlasterPlus 40 Kg Rp 79.000
Mortar Utama MU-200 Acian dan Plester 40 Kg Rp 129.000
Mortar Utama MU-400 Perekat Batu Alam 25KG Rp 110.000
Mortar Utama MU-420 Pasang Lantai 10 Kg Rp 89.000
Mortar Utama MU-700 Perekat Keramik & Granit 25KG Rp 162.800
Mortar Utama MU-380 Perekat Hebel 40 Kg Rp 110.500
Mortar Utama MU-408 ColorFill Nat Keramik 1 Kg Rp 12.000
Semen Plaster Instant Dinding Plesteran 40 Kg Rp 64.000
Semen Mortar Tahan Api SK-36 40 Kg Rp 226.500
Sikagrout Semen Mortar Grouting 25 kg Rp 99.000
Tokyo Mortar Thin Bed 40 Kg Rp 64.000
Semen mortar Plester DM 201 50 Kg Rp 50.200
Semen Mortar Uzin Plester 50 Kg Rp 49.200
Leibel Semen Mortar Perekat Hebel Thinbed LB-T 40 Kg Rp 63.500
Semen Instan Mortar Leichtmix LM 101 40 Kg Rp 45.000
Semen Mortar acian APLUS Skimcoat 40 Kg Rp 57.500
Semen Mortar TOP Acian, Plester, Perekat 40 Kg Rp 70.000
Super Mortar 3 in 1 Perekat Bata, Keramik, Plaster 40 Kg Rp 65.500
Floor Screed Semen Instan Perata Lantai DM100 50 Kg Rp 49.500
Semen Mortar Warna AM 53 Tile Grout 1 Kg Rp 12.300

Kelebihan & Kekurangan Semen Mortar

Sebuah produk tentunya memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Nah untuk membantu anda dalam mengetahui apa saja keunggulan dan juga kelemahan semen mortar dibandingkan dengan semen abu abu biasa (portland), berikut kami rangkum ulasannya.

Keunggulan Semen Mortar :

  • Penggunaannya yang praktis, hanya perlu dicampur menggunakan air.
  • Mempunyai daya rekat yang tinggi pada konstruksi beton yang keras.
  • Dapat diaplikasikan menggunakan kuas cat biasa.
  • Spasi adukan lebih tipis sehingga hemat penggunaan material.
  • Waktu pengerjaan lebih cepat, sehingga menghemat biaya.
  • Hasil pekerjaan lebih rata dan lebih rapi.
  • Permukaan lantai beton menjadi lebih keras
  • Tahan terhadap gesekan permukaan
  • Lantai tidak menjadi licin dan bisa digunakan di area yang basah
  • Daya sebar lebih luas.

Kelemahan Semen Mortar :

  • Harga Relatif lebih mahal dibandingkan semen portland biasa
  • Aplikasi terbatas hanya untuk jenis jenis konstruksi ringan.
  • Memerlukan tukang yang memiliki skill khusus dalam instalasi.
  • Tidak mudah ditemukan di beberapa wilayah tertentu seperti di pedesaan.
Jangan Lewatkan Info Harga Semen Bangunan Lainnya :
Harga Semen Padang Harga Semen Putih
Harga Semen Tiga Roda Harga Semen Gresik
Harga Semen Holcim Harga Semen Per Sak Merk Terbaik

Demikianlah serangkaian informasi seputar perkembangan  daftar harga semen mortar terbaru 2024 beserta informasi terkaitnya yang bisa hargabangunan.id ulas. Semoga bisa membantu anda dalam mencari semen mortar terbaik untuk kebutuhan konstruksi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page