Dampak dan Penyebab Pencemaran Tanah

5 min read

Istilah pencemaran dalam kehidupan kita mungkin sudah tidak asing lagi, pencemaran yang sering terjadi di lingkungan kita sejatinya adalah karena perbuatan kita sendiiri khususnya pada pencemaran tanah.

Pencemaran tanah sering kita lihat di jalan-jalan raya, membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga sampah menjadi menumpuk dan membuat pencemaran tanah. Banyak sekali kumpulan gambar pencemaran tanah yang bisa kita temukan di media internet.

Tanah merupakan bagian penting dalam kehidupan ini karena sangat menunjang kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Tanah merupakan tempat tinggal makhluk hidup baik itu manuisa, tumbuhan dan hewan.

Bagaiamana jika di bumi ini tidak ada tanah? kita tidak bisa membangun rumah, berjalan, mendaki gunung, dan lain sebagainya. Dan bagaimana jika tanah tercemar atau terkena polusi tanah, maka dari itu karena adanya polusi tanah akan merusak tanah dan akan mengganggu makhluk hidup yang ada di bumi yang namanya pencemaran tanah.

Didalam artikel di bawah ini akan dibahas lebih mendalam mengenai pencemaran tanah. Paparan dalam artikel ini diantaranya pengertian pencemaran tanah, penyebab pencemaran tanah, dampak pencemaran tanah, gambar pencemaran tanah dan cara mengatasi pencemaran tanah. langsung saja yaa di bawah ini.

Pencemaran Tanah Adalah?

pencemaran tanah

 

Pencemaran tanah adalah kerusakan yang terjadi karena ulah manusia yang dengan segala aktivitasnya dengan berbagai bahan substansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga mengubah struktur dan lingkungan di dalam tanah.

Persoalan pencemaran tanah dan masalah pencemaran lingkungan telah menjadi perhatian pemerintah sejak dibentuknya dari UU No. 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup ke UU No. 23 Tahun 1997.

UU tersebut mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup sampai ke undag-undang yang paling baru yaitu UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Berdasarkan Pasal 1 angka 14 UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaaan Lingkungan Hidup memberikan definisi tentang pencemaran.

“Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.”

Menurut SK Menteri Kependudukan Lingkungan hidup No. 02/MENKLH/1988, disebutkan bahwa semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial, maka sehubungan dengan fungsi sosialnya adalah suatu hal yang sewajarnya bahwa tanah itu harus dipelihara baik-baik, agar bertambah kesuburannya serta dicegah kerusakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page