Dampak dan Penyebab Pencemaran Tanah

Posted on

Limbah dalam bentuk cair ini sangat berbahaya terutama jika mengandung berbagai bahan kimia yang berptensi mengganggu kesehatan manusia. Contoh pencemaran tanah yakni pada indutri batik misalnya hasil dari mewarna kain, sisianya akan dibuang ke sungai atau ke penampungan limbah.

  1. Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah jenis limbah yang tidak mampu mengalami penguraian yang dilakukan oleh mikroorganisme lainnya seperti jamur dan bakteri. Contoh dari limbah anorganik misalnya adalah jamur dan bakteri.

Contoh dari limbah anarganik ini misalnya adalah limbah kantong plastik, kaleng bekas, botol minuman, bekas botl air mineral dan lainnya. limbah anorganik ini memerlukan tindakan pembuangan yang harus diatur sedemikian rupa supaya tidak membuat kerugian pada tanah dan juga makhluk hidup lainnya karena tanah menjadi tercemar oleh adanya limbah ini.

  1. Limbah Organik

Limbah organik adalah limbah yang lebih ramh dibandingkan dengan limbah anorganik. Hal ini terjadi karena limbah organik mampu diuraikan kembali oleh mikroorganisme di dalam tanah sehingga tidak terllau bahaya.

Namun perlu di ingat bahwa jika terlalu banyak sampah organik di dalam tanah maka penguraiannya pun akan semakin lama dan hal ini membuat pertumbuhan berbagai tanaman didalamnya menjadi lebih lambat dan hal ini tidak baik untuk lingkungan.

  1. Limbah Industri

Limbah industri adalah limbah yang berasal dari industri kecil, perumahan, atau industri yang berskal besar seperti pabrik. Limbah ini bisa juga berasal dari dunia usaha hotel, rumah makan, pasar, perdagangan, tempat wisata, instansi pemerintah dan swasta. Limbah yang dihasilkan bisa  berupa limbah padat maupun limbah cair dan oganik maupun anorganik.

  1. Limbah Pertanian

Limbah dari hasil pertanian mampu menyebabkan pencemaran tanah. misalnya saja adalah dengan penggunaan pupuk atau pestisida pada pertanian sehingga menyebabkan tanah menjadi tercemar.

Jika penggunaan pertisida dan pupuk tersebut sudah melebihi wajar maka akan meyebabkan hal yang tidak diiinginkan termasuk rusaknya hasil tanaman dan juga hasil tanaman yang tidak optimal lagi.

  1. Sampah Plastik

Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan menjadi penyebab banjir.

Dampak Pencemaran Tanah

dampak pencemaran tanah

Berikut ada beberapa bentuk dari dampak pencemaran tanah, diantaranya sebagai berikut:

1. Dampak pada kesehatan

adanya pencemaran tanah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Seberapa besar dampaknya pada kesehtan sebenarnya juga sangat tergantung pada jenis polusi serta seberapa saring dan banyak polusi yang terpapar ke dalam tubuh.

Semakin banyak dan sering polusi serta seberapa sering dan banyak polusi yang terpapar ke dalam tubuh.  Maka dampakny akan timbul penyakit yang akan semakin besar. Adapun berbagai jenis resiko polusi dan penyakitnya sebagai berikut:

  • Kromium
  • Zat timbale
  • Benzene
  • Merkuri
  • Sikoldenia
  • Karmabat
  • Klorin
  • Gangguan pada penglihatan, pendengaran, pada kulit, pusing, letih, lelah dan gejala penyakit lainnya.
  • Dampak pada ekosistem

Tanah merupakan bahan yang sangat sensitif dan sangat mudah mengalami perubahan kandungan kimiawi dan struktur didalamnya meskipun itu hanya sedikit saja jumlah dari zat kimia yang masuk ke dalam tanah.

Perubahan kandungan kimia di dalam tanah ini akan mengakibatkan perubahan kandungan kimiawi dan struktur didalamnya meskipun itu hanya sedikit saja jumlah dari zat kimia yang masuk ke dalam tanah.

Perubahan kandungan kimia di dalam tanah ini akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organisme yang hidup di dalam tanah. akibat dari hal tersbut tidaklah sepele yaitu bisa memicu adanya putusnya rantai makanan.

2. Dampak pada pertanian

Dampak pencermaran tanah pada pertanian akan dapat terlihat jelas terutama pada perubahan metabolisme tanaman dan akhirnya dapat terlihat langsung dari adanya penurunan hasil pertanian itu sendiri.

Dengan hal tersebut mengakibatkan tumbuhan tidak dapat tumbeh dengan optimal sehingga tanah tersebut menjadi rawan mengalami erosi tanah karena tidak ada penahannya lagi.

Contoh Gambar Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami.

Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan.

Selain itu bisa juga terjadi akibat kecelakaan kendaraan pengangkut minyak,  zat kimia, atau limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

Dibawah ini bisa anda lihat kumpulan contoh gambar pencemaran tanah yang terjadi karena beberapa sebab :

  • Gambar contoh pencemaran tanah akibat lumpur

contoh pencemaran tanah akibat lumpur

  • Gambar contoh pencemaran tanah akibat sampah anorganik

contoh pencemaran tanah akibat sampah

  • Gambar contoh pencemaran tanah dari limbah pabrik

contoh pencemaran tanah akibat limbah pabrik

  • Gambar contoh pencemaran tanah dari pestisida

contoh pencemaran tanah dari pestisida

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Salah satu cara mengatasi pencemaran tanah ialah dengan memanfaatkan mikroorganisme. Proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme disebut Bioremediasi.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.