Dampak dan Penyebab Pencemaran Tanah

5 min read

Sumber utama dari adanya pencemaran tanah ini adalah adanya kebocoran limbah kimia yang biasanya ada di pabrik baik itu bahan kimia organik maupun tidak. Biasanya di dalam pabrik tempat pembuangan limbah kimia ini terdapat di dalam bunker yang terdapat di dalam tanah sehingga sangat rawan terjadi kebocoran.

Jika bunker tersebut sudah bocor maka selanjutnya yang terjadi adalah masuknya berbagai zat kimia terebut ke dalam tanah dan merusak struktur tanah itu sendiri.

Penyebab Pencemaran Tanah

penyebab pencemaran tanah

Terdapat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab utama pencemaran tanah. Jika anda tertarik untuk mengetahuinya, silahkan anda simak ulasan dibawah ini dengan cermat.

a) Senyawa organik yang dapat membusuk karena diuraikan oleh mikroorganisme, seperti sisa-sisa makanan, daun, tumbuhtumbuhan dan hewan yang mati.

b) Senyawa organik dan senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan/ diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik, serat, keramik, kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan, menyebabkan tanah menjadi kurang subur.

c) Pencemar Udara berupa gas yang larut dalam air hujan seperti oksida nitrogen (NO dan NO2), oksida belerang (SO2 dan SO3), oksida karbon (CO dan CO2), menghasilkan hujan
asam yang akan menyebabkan tanah bersifat asam dan merusak kesuburan tanah/ tanaman.

d) Pencemar berupa logam-logam berat yang dihasilkan dari limbahindustri seperti Hg, Zn, Pb, Cd dapat mencemari tanah.

e) Zat radioaktif yang dihasilkan dari PLTN, reaktor atom atau dari percobaan lain yang menggunakan atau menghasikan zat radioaktif.

f) Limbah Pabrik. Pencemaran tanah terjadi kebanyakan karena industri atau pabrik, manufaktur, industri kecil, dan industri perumahan. Yang menyebabkan yakni limbah yang dikeluarkan. Adapun penjelasan yang merinci mengenai limbah, bisa anda simak di bawah ini:

  1. Limbah Padat

Limbah industri padat merupakan limbah buangan dari hasil industri pabrik berupa padatan, bubur atau lumpur yang berasal dari hasil pengolahan pabrik tersebut.

Misalnya limbah dari pabrik gula, kertas, rayon pulp, pengawet buah, ikan, daging, plywood dan lainnya. contoh pencemaran tanah yakni bekas dari penglorodan malam, sehingga sisa malam menjadi limbah padat

  1. Limbah Cair

Limbah cair adalah hasil pembuangan dari industri yang berbentuk cair conth limbah cair ini adalah seperti sisa dari pengolahan imbah industri kimia dan logam.

Limbah dalam bentuk cair ini sangat berbahaya terutama jika mengandung berbagai bahan kimia yang berptensi mengganggu kesehatan manusia. Contoh pencemaran tanah yakni pada indutri batik misalnya hasil dari mewarna kain, sisianya akan dibuang ke sungai atau ke penampungan limbah.

  1. Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah jenis limbah yang tidak mampu mengalami penguraian yang dilakukan oleh mikroorganisme lainnya seperti jamur dan bakteri. Contoh dari limbah anorganik misalnya adalah jamur dan bakteri.

Contoh dari limbah anarganik ini misalnya adalah limbah kantong plastik, kaleng bekas, botol minuman, bekas botl air mineral dan lainnya. limbah anorganik ini memerlukan tindakan pembuangan yang harus diatur sedemikian rupa supaya tidak membuat kerugian pada tanah dan juga makhluk hidup lainnya karena tanah menjadi tercemar oleh adanya limbah ini.

  1. Limbah Organik

Limbah organik adalah limbah yang lebih ramh dibandingkan dengan limbah anorganik. Hal ini terjadi karena limbah organik mampu diuraikan kembali oleh mikroorganisme di dalam tanah sehingga tidak terllau bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page