Mengenal Batu Granit dan Keunggulannya

Posted on

Meja dapur dengan lapisan granit juga akan membuat tampilan dapur anda makin tampak cantik dan terlihat selalu baru. Hal ini karena pori pori granit yang sangat kecil sehingga kotoran tidak akan bisa masuk hingga ke dalam batuan granit.

  • Ornamen Dinding

Selain menjadi material yang efisien sebagai meja dapur, granit juga sangat cocok untuk anda aplikasikan pada dinding dinding rumah anda. Lembaran granit yang sudah diolah dan dipoles (granodiorit) sangat bagus jika anda gunakan sebagai ornamen dinding di rumah anda.

  • Alat Pengukuran

Dalam dunia industri dan rekayasa, granit seingkali dijadikan acuan untuk sebuah pengukuran dan alat pengukur. Hal ini dikarenakan sifat material granit yang kaku, kedap cairan, non-higroskopis dan memiliki nilai koefisien ekspansi termal yang rendah.

  • Konstruksi Bangunan

Sifat batuan granit yang kasar dan memiliki kekerasan yang tinggi membuatnya bisa digunakan juga sebagai media konstruksi bangunan. Selain karena kandungan material yang tinggi, daya tahan dan kekuatan yang ada pada batu granit juga mampun menjadi pondasi konstruksi sebuah bangunan.

Kelebihan & Kekurangan Batu Granit

batu granit adalah

  • Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Penggunaan batuan granit untuk interior maupun eksterior sebuah rumah secara otomatis akan meningkatkan value rumah tersebut. Pasalnya, batu granit yang sudah diolah akan menambahkan kesan elegan dan mewah jika dibandingkan penggunaan keramik lantai maupun ubin lantai.

Dengan peningkatan value yang ada pada sebuah rumah, otomatis harga rumah tersebut juga akan mengalami peningkatan. Inilah alasan mengapa di tahun 2022 ini banyak perumahan perumahan minimalis yang sudah mengaplikasikan batu granit sebagai pelapis lantai.

  • Memberikan Kesan Mewah dan Modern

Kesan mewah dan modern memang akan didapatkan jika batuan granit menghiasi ruangan rumah anda. Kesan mewah ini dapat lebih menonjol dan sesuai jika memilih batuan granit dengan memoles permukaannya.

Sebelum memoles permukaannya sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan perubahan suhu interior dalam ruangan atau sekitarnya karena sifat granit yang akan berubah warna jika terdapat variasi perubahan suhu dalam ruangan.

  • Meningkatkan Estetika Interior & Exterior Rumah

Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain lantai granit. Granit yang difurnis dengan permukaan yang bersinar sangat cocok untuk ruangan atau lantai yang digunakan untuk mobilitas tinggi.

Lantai dengan granit yang disikat dan diberi tekstur akan lebih baik jika diaplikasikan di luar ruangan. Sedangkan granit bakar (flamed granite) yang diberi tekstur cocok untuk diaplikasikan di dalam maupun luar ruangan.

  • Tersedia Banyak Varian Warna

Jika Anda khawatir tidak menemukan warna batu alam yang sesuai dengan dekorasi rumah dan selera desain Anda, jangan panik, Granit hadir dalam berbagai warna dan tekstur yang dijamin akan cocok dengan berbagai model dekorasi rumah.

  • Anti Debu dan Bakteri

Salah satu kelebihan batu granit terletak pada sifat materialnya yang anti debu dan bakteri. Secara alami batu granit memiliki resistensi yang tinggi terhadap zat alergen dan bakteri.

Dengan perawatan yang benar dan juga penggunaan yang terjaga, batu granit tidak hanya menambah estetika sebuah rumah namun juga akan melindungi keluarga dari bakteri bakteri yang ada.

  • Menghemat Pengeluaran dalam Jangka Panjang

Saat Anda berinvestasi untuk membeli granit, Mungkin akan terlihat Anda akan menghabiskan biaya yang lebih mahal didepan, namun hal ini justru akan menghemat pengeluaran anda dalam jangka panjang.

Selain karena batu granit adalah material yang secara inheren tidak mudah pecah/ rusak, batu granit juga tidak akan mengalami penurunan kualitas warna dalam jangka waktu yang panjang.

Kekurangan :

Salah satu kelemahan granit yang menjadi perhatian dunia adalah kadar radiasi yang dikeluarkan oleh sebuah batu granit. Dua orang ilmuwan yakni Chen dan Lin (1996) dan Pavlidou et al (2006) pernah melakukan riset mengenai kadar radiasi yang dikeluarkan oleh material batu granit seperti pada tabel dibawah ini.

Reference Nuclide 226Ra 232Th 40 K
Chen and Lin, 1996 Mean 42 73 1055
Standard deviation 35 51 357
Range 0.2–160 < MDA–253* < MDA–2355
Pavlidou et al., 2006 Mean 64 81 1104
Standard deviation 53 79 407
Range 2–170 < MDA–354 49–1592

Demikianlah serangkaian informasi mengenai pengertian batu granit, jenis, manfaat/ kegunaan, ciri ciri dan tentu saja kelebihan kekurangan yang bisa tim Hargabangunan.id sajikan. Semoga bisa menambah wawasan anda seputar bahan bangunan.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.