Mengenal Batu Gamping dan Manfaatnya

Posted on

Batu Gamping Adalah ?⏩ Kenali ciri ciri , manfaat, jenis, dan ☑️proses pembentukan batu gamping yang telah mengalami metamorfosis☑️

Batuan gamping lebih dikenal sebagai batu kapur, yaitu salah satu jenis batuan yang sering dipakai sebagai material bangunan. Batuan gamping banyak ditemukan di Indonesia, karena relief bumi di Nusantara mempunyai kekayaan maritim dari hasil laut yang cukup melimpah.

Nah untuk anda yang kebetulan sedang membutuhkan refrensi mengenai apa itu batu gamping/ batu kapur, berikut ulasan seputar batu gamping yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Batu Gamping

batu gamping adalah
Gambar batu gamping

Menurut ilmu geologi, batu gamping adalah jenis batuan sedimen yang tersusun atas kalsium karbonat (CaCO3) dalam bentuk mineral kalsit atau aragonit. Batuan gamping ini terbentuk akibat adanya proses sedimentasi secara alami.

Selain kandungan utama (kalsium karbonat), batu gamping umumnya juga tersusun atas komponen komponen lainnya seperti magnesium karbonat (dolomit), tanah liat, besi karbonat, feldspar, pirit, dan kuarsa.

Batu gamping atau juga sering dikenal dengan nama batu kapur ini biasanya terbentuk melalui proses alam dari pecahan pecahan sisa organisme, alga, karang, serta cangkang hewan. Oleh karena itu, batuan ini lebih mudah ditemukan pada tempat-tempat yang berada di perairan laut  dangkal.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.