Perbedaan Keramik dan Granit

Posted on

Setiap material pastinya memiliki keistimewaannya masing-masing, begitu pula dengan batu granit dan juga keramik. Terdapat beberapa perbedaan granit dan keramik yang membuat keduanya disukai oleh orang-orang. Berikut ini beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Granit memiliki pilihan model yang lebih bervariasi dibandingkan dengan keramik. Hal ini karena keramik biasanya hanya memiliki beberapa tampilan tertentu saja. berbeda dengan granit yang kaya dengan variasi corak.

  • Perawatan

Untuk masalah perawatannya, sebenarnya kedua material ini cukup mudah karena tergantung pada model yang dipilih. Jika Anda memilih model dengan warna yang gelap, maka perawatannya akan lebih mudah.

  • Corak

Perbedaan keramik dan granit juga dibedakan berdasarkan coraknya. Untuk granit, corak yang dimiliki lebih beragam sedangkan keramik sebagian besar memiliki corak yang hampir mirip tetapi tetap menarik.

  • Tekstur

Dilihat dari teksturnya, granit dan keramik memiliki perbedaan tipis. Tidak dapat dipungkiri jika tekstur yang dimiliki oleh granit terasa lebih halus dibandingkan dengan keramik. Hal tersebut karena perbedaan komposisi yang terdapat di dalamnya.

  • Instalasi/ Pemasangan

Meskipun granit memiliki kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan keramik, masalah instalasi atau material pendukung pemasangannya lebih mahal. Terlebih lagi, untuk pemotongannya, granit membutuhkan mesin pemotongan khusus.

  • Biaya/ Harga

Biaya pembelian granit memang lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembelian keramik. Maka dari itu, material ini tidak terlalu cocok digunakan sebagai bahan pembangunan rumah untuk konsep minimalis.

  • Pola

Membicarakan mengenai pola, granit dan keramik memiliki pola yang berbeda-beda. Selain itu, keduanya memiliki warna yang bisa disesuaikan dengan material penutup dinding atau desain lainnya.

  • Daya Tahan

Terdapat perbedaan daya tahan antara granit dan keramik karena masing-masing memiliki kandungan bahan yang tidak sama. Granit mengandung bahan glasur yang ditambah dengan pemolesan sehingga lebih kuat. Sedangkan keramik hanya dibekali dengan bahan glasur.

  • Kekuatan

Tingkat kekuatan yang dimiliki oleh granit jauh lebih unggul karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Proses pembakaran granit membutuhkan suhu sekitar 1230 celcius sedangkan keramik kurang dari jumlah tersebut.

  • Presisi

Biasanya, orang-orang akan memilih untuk membeli granit atau keramik dalam bentuk potongan. Dalam hal ini, keduanya membutuhkan alat potong khusus agar bentuk potongannya sesuai dengan keinginan.

Kelebihan & Kekurangan Granit vs Keramik

granit vs keramik

 

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai perbedaan keramik dan granit. Tidak dapat dipungkiri jika granit memang lebih unggul dibandingkan dengan keramik. Jika Anda masih merasa bingung, berikut ini beberapa kelebihan dari granit.

  • Tingkat Kekuatan

Diantara keramik dan granit, masing-masing memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Hal ini karena proses pembuatannya juga memiliki durasi yang sangat berbeda.

Granit membutuhkan waktu pembuatan bahkan hingga satu hari lamanya dan itupun dalam proses pembakaran yang maksimal. Selain itu, alasan mengapa memilih granit adalah karena mampu menahan berbagai beban berat dengan baik.

  • Tahan dalam Jangka Waktu Lama

Inilah salah satu alasan mengapa memilih granit yang paling banyak disukai oleh orang-orang. Tingkat ketahanan granit benar-benar sangat maksimal dan tahan lama karena dilapisi dengan glasur dan juga bahan mengkilap.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.