Detail Pondasi Batu Kali

⏩ Detail struktur pondasi batu kali rumah 2 lantai & 1 lantai✔️ Ukuran, Cara pemasangan & harga Pondasi Batu Kali per m3 2021✔️

Dalam membuat konstruksi bangunan, pondasi adalah bagian paling penting karena berada di bagian paling dasar dari bangunan. Ada berbagai jenis pondasi yang umumnya digunakan dalam pembuatan konstruksi sebuah bangunan, salah satunya pondasi batu kali.

Seperti namanya, pondasi ini terbuat dari bahan dasar batu sungai yang cukup mudah ditemukan. Selain itu, harga pondasi batu kali per m3 2021 ini yang cukup terjangkau membuatnya cukup sering digunakan.

Apa itu Pondasi Batu Kali?

pondasi batu kali
Contoh Gambar Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali adalah jenis pondasi bangunan yang terbuat dari struktur batu kali, pasir dan semen yang disusun menyerupai trapesium untuk menopang beban konstruksi diatasnya.

Pondasi batu kali merupakan salah satu dari beberapa jenis pondasi yang sering digunakan dalam konstruksi rumah 2 lantai. Pondasi ini sendiri merupakan jenis pondasi yang sering digunakan pada bangunan yang relatif sederhana serta kondisi tanahnya masih cukup baik.

Dalam pembuatannya, bahan yang digunakan bukan hanya batu kali saja. Ada beberapa bahan lain yang menjadi pasangan batu kali sebagai bahan dasarnya. Selain batu kali, bahan lainnya yang digunakan adalah pasir pasang serta semen PC yang berwarna abu-abu.

Ukuran Pondasi Batu Kali

Ketika Anda membuat pondasi berjenis ini, ada beberapa detail yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah ukuran pondasi batu kali. Penentuan ukuran yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada kekuatan bangunan nantinya.

Pada umumnya, standar ukuran pondasi batu kali memiliki tinggi 60 – 80 cm dengan lebar konstruksi bawah 60 – 8- cm dan lebar konstruksi atas 25 – 30 cm.

Dalam pembuatannya, ukuran pondasi batu kali harus dipertimbangkan dengan baik sehingga nanti tercipta keseimbangan bangunan yang tahan terhadap gempa maupun tanah yang bergerak. Berikut adalah detail dimensi pondasi batu kali yang sering digunakan :

  • Tinggi dari Penampang Pondasi

Detail pondasi batu kali yang harus diperhatikan pertama adalah tingginya. Tinggi pondasi ini diukur dari sisi atas sampai sisi alas pondasi. Sisi bagian atas pondasi bisa sebidang dengan permukaan tanah ataupun lebih tinggi dari permukaan tanah.

  • Lebar Sisi Atas

Detail ukuran pondasi selanjutnya adalah lebar sisi atasnya. Lebar sisi atas dari pondasi ini harus dibuat dengan ukuran ketebalan 25-30 cm. Ukuran tersebut dibuat karena dua alasan, yaitu untuk agar pengerjaannya lebih mudah dan agar pasangan dari batu belah yang digunakan bisa menahan desakan saat proses pengurugan.

Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Rumus dasar yang digunakan untuk menghitung volume pondasi batu kali adalah “Volume pasangan batu = Luas penampang pasangan batu x Panjang pasangan batu”. Sedangakan untuk menghitung kebutuhan batu rumusnya adalah “Volume pasangan batu x Koefisien bahan”.

Dari rumus perhitungan diatas, terdapat rumus rumus turunnannya yang bisa anda lihat pada contoh soal perhitungan pondasi batu kali pada gambar denah dibawah ini :

a. Menghitung Panjang Pasangan Batu Kali

Contoh gambar denah pondasi batu kali
Gambar denah pondasi batu kali

Dari gambar denah pondasi batu kali yang ditunjukkan pada gambar diatas, didapatkan persamaan berikut ini :

Panjang sisi tepi pondasi = A+H+C+K = 5+12+5+ 12= 34 m

Panjang pondasi sisi tengah = B+C+D+E+F+I+J = 5+2,5+2,5+2,5+2,5+7,2+1,5 = 23,7 m

b. Menghitung Tepi Bangunan Pondasi Batu Kali

gambar pondasi batu kali sisi tepi
Gambar pondasi batu kali sisi tepi

Melalui gambar pondasi batu kali daitas bisa anda lihat bahwa pondasi tersebut berbentuk trapesium, sehingga bisa kita gunakan persamaan berikut :

Luas penampang = ((0,6m + 0,3m)/2) x 0,4 m = 0,18m2

Jumlah panjang pondasi sisi tepi = A+H+C+K = 6+12+6+ 12= 34m

Jumlah volume pondasi sisi tepi = 0,18m2 x 34m = 6,12m3

c. Menghitung Sisi Tengah Pondasi Batu Kali

gambar pondasi batu kali sisi tengah
Gambar pondasi batu kali sisi tengah

Luas penampang = ((0,6 m + 0,3 m)/2) x 0,4 m = 0,18 m2

Panjang pondasi sisi tengah = = B+C+D+E+F+I+J = 6+2,5+2,5+2,5+2,5+7,2+1,5 = 23,7 m

Volume pondasi sisi tengah  = 0,18 m2 x 23,7 m = 4,266 m3

Total volume pondasi batu kali =  6,12m3+4,266 m3 = 10,386 m3

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *