Detail Pondasi Batu Kali

Selain metode, cara menghitung volume pondasi batu kali juga harus diperhatikan.  Karena itu, berikut ini adalah metode pelaksanaan pondasi yang tepat dan benar.

  • Pekerjaan Tanah

Metode pelaksanaan pondasi paling awal adalah pekerjaan tanah. Pekerjaan tanah ini meliputi pembersihan tanah yang akan digunakan untuk membuat pondasi. Kemudian dilanjutkan dengan penggalian tanah untuk pondasi.

Ukurannya bisa disesuaikan dengan gambar pondasi yang dibuat sebelumnya atau bisa juga sampai menemukan tanah keras. Apabila galiannya melebihi batas kedalaman, maka harus ditimbun lagi dan dipadatkan.

  • Pekerjaan Pondasi

Pondasi ini dibuat dari bebatuan sungai yang sudah memenuhi keadaan lapangan. Ukuran pondasi harus sesuai dengan gambar pondasi yang sudah dibuat. Perbandingan bahan yang digunakan adalah 1:3:10.

Pada bagian bawah harus dipasang dengan batu samping setebal 20cm. Sela-selanya diisi dengan pasir urug. Celah-celah antara batu yang besar kemudian diisi dengan batuan yang lebih kecil.

Pasangan batu tidak boleh saling bersentuhan, harus ada perekat diantara pasangan hingga kemudian menjadi rapat. Pasangan pondasi ini sebelumnya sudah disiapkan anker besi yang digunakan sebagai kolom yang berbentuk mirip besi wiremesh.

Kedalaman ankernya harus 30cm dan harus dicor. Sementara itu, di bagian atasnya terdapat bagian besi beton yang muncul sepanjang 75cm. Hal ini perlu anda perhatikan dengan baik.

Info Material Bangunan Lainnya :
Ukuran Bata Hebel Ukuran Triplek
Ukuran Pipa PVC Ukuran Bata Merah

Itu tadi adalah penjelasan tentang pondasi batu kali, metode pemasangan serta kelebihan dan kekurangan yang bisa hargabangunan.id sajikan. Dengan penjelasan ini semoga bisa menambah wawasan Anda tentang salah satu jenis pondasi yang sering digunakan pada konstruksi bangunan ini.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *