Mengenal Pondasi Cakar Ayam Secara Detail

Posted on

Detail ukuran dan kedalaman pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai & rumah 1 lantai ☑️ biaya konstruksi pondasi cakar ayam & plus minusnya☑️

Ketika Anda hendak membangun sebuah bangunan, baik gedung atau insfrastruktur lainnya, tentu saja Anda akan membutuhkan konstruksi pondasi  sebagai salah satu unsurnya.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka akan sangat mudah untuk membuatnya, menentukan kedalaman pondasi, atau mengukurnya sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Namun bagi Anda yang masih pemula, berikut ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai pondasi tersebut. Ada baiknya anda simak baik baik informasi mengenai salah satu dasar konstruksi bangunan lantai 2 yang kami paparkan berikut ini sebelum anda memutuskan untuk membeli dan mengaplikasikan material tersebut pada bangunan anda.

Apa itu Pondasi Cakar Ayam ?

pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam adalah jenis pondasi rumah yang bentuknya menyerupai kaki hewan unggas. Dinamakan cakar ayam karena pada struktur pondasi cakar ayam menggunakan pipa pipa beton yang tersusun menyerupai cakar hewan ayam.

Cakar ini dibuat agar mencengkeram kuat lahan atau tanah di bawahnya, sehingga bangunan di atasnya dapat memiliki konstruksi yang jauh lebih stabil dan kokoh. Maka dari itu, cara menghitung volume pondasi jenis ini pun tidak boleh sembarangan dilakukan.

Penemu konstruksi pondasi cakar ayam adalah Prof Ir Sedyatmo Dr HC. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam perkembangan ilmu teknik sipil di Indonesia.

Pondasi jenis ini sangat cocok digunakan untuk berbagai struktur bangunan yang berdiri pada tanah lembek maupun keras. Pondasi ini bisa digunakan juga untuk konstruksi rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

Pondasi ini awalnya digunakan untuk tanah dengan tekstur lunak, namun kini bisa diaplikasikan ke segala macam jenis tanah. Selain itu, dengan memperkirakan cara menghitung volume fondasi cakar ayam dengan tepat, konstruksi ini bisa digunakan pada gedung yang bertingkat, jalan raya, maupun landasan pacu pesawat terbang.

Komponen Pondasi Cakar Ayam

gambar pondasi cakar ayam
Gambar pondasi cakar ayam

Jika Anda hendak membuat rumah dengan lantai bertingkat, atau lantai 2, maka Anda membutuhkan pondasi yang sangat kuat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan betul bagaimana cara membuat pondasi jenis ini.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

3 comments

  1. I seriously love your blog.. Pleasant colors & theme.

    Did you create this website yourself? Please reply back as
    I’m attempting to create my own site and would like to find out where you got this from or exactly what the theme is called.
    Thanks!

  2. Rencana mau bangun kafling dengan ukuran tanah 8×10 meter dan mau di buat kokoh pondasinya,,siapa tau kedepanya mau di bikin 2 lantai jadi gak bongkar lagi..maunya biyaya gak terlalu mahal dan gak pondasi tiang mengingat lokasi yang sempait…kira kira pasnya berapa ukuranya ya yang minimalais…

Leave a Reply

Your email address will not be published.