Mengenal Pondasi Cakar Ayam Secara Detail

Detail ukuran dan kedalaman pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai & rumah 1 lantai ☑️ biaya konstruksi pondasi cakar ayam & plus minusnya☑️

Ketika Anda hendak membangun sebuah bangunan, baik gedung atau insfrastruktur lainnya, tentu saja Anda akan membutuhkan konstruksi pondasi  sebagai salah satu unsurnya.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka akan sangat mudah untuk membuatnya, menentukan kedalaman pondasi, atau mengukurnya sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Namun bagi Anda yang masih pemula, berikut ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai pondasi tersebut. Ada baiknya anda simak baik baik informasi mengenai salah satu dasar konstruksi bangunan lantai 2 yang kami paparkan berikut ini sebelum anda memutuskan untuk membeli dan mengaplikasikan material tersebut pada bangunan anda.

Apa itu Pondasi Cakar Ayam ?

pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam adalah jenis pondasi rumah yang bentuknya menyerupai kaki hewan unggas. Dinamakan cakar ayam karena pada struktur pondasi cakar ayam menggunakan pipa pipa beton yang tersusun menyerupai cakar hewan ayam.

Cakar ini dibuat agar mencengkeram kuat lahan atau tanah di bawahnya, sehingga bangunan di atasnya dapat memiliki konstruksi yang jauh lebih stabil dan kokoh. Maka dari itu, cara menghitung volume pondasi jenis ini pun tidak boleh sembarangan dilakukan.

Penemu konstruksi pondasi cakar ayam adalah Prof Ir Sedyatmo Dr HC. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam perkembangan ilmu teknik sipil di Indonesia.

Pondasi jenis ini sangat cocok digunakan untuk berbagai struktur bangunan yang berdiri pada tanah lembek maupun keras. Pondasi ini bisa digunakan juga untuk konstruksi rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

Pondasi ini awalnya digunakan untuk tanah dengan tekstur lunak, namun kini bisa diaplikasikan ke segala macam jenis tanah. Selain itu, dengan memperkirakan cara menghitung volume fondasi cakar ayam dengan tepat, konstruksi ini bisa digunakan pada gedung yang bertingkat, jalan raya, maupun landasan pacu pesawat terbang.

Komponen Pondasi Cakar Ayam

gambar pondasi cakar ayam
Gambar pondasi cakar ayam

Jika Anda hendak membuat rumah dengan lantai bertingkat, atau lantai 2, maka Anda membutuhkan pondasi yang sangat kuat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan betul bagaimana cara membuat pondasi jenis ini.

Dan yang utama, Anda juga harus mengetahui cara untuk membuat pondasi cakar ayam rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

Karena gedung yang bertingkat, tentu membutuhkan pondasi yang lebih kuat dari gedung tidak bertingkat. Sebelum itu, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu komponen dan variasi dari pondasi yang satu ini. Berikut ini adalah komponen dan variasinya:

  1. Telapak beton

Pondasi ini sangat baik untuk beban atau bangunan yang merata. Sistem ini bisa bertahan untuk mendukung beban seberat 500-600 ton per kolom. Pada bagian bawah kolom harus dibuatkan suatu telapak beton yang berguna untuk mengurangi tegangan geser.

  1. Paten

Sistem pondasi ini sangat sederhana. Maka dari itu, pondasi ini cocok diterapkan di  daerah dengan peralatan modern dan tenaga yang sudah ahli.

Sampai dengan batas tertentu, pondasi ini dapat menggantikan pondasi tiang pancang. Asalkan cara membuat konstruksi ini dilakukan dengan tepat. Termasuk pula pada proses suntik pondasi cakar ayam.

Ukuran Kedalaman Pondasi Cakar Ayam

Kedalaman pondasi yang satu ini harus benar-benar diperhitungkan dengan tepat. Apalagi ketika Anda hendak membuat pondasi cakar ayam rumah 2 lantai. Sebenarnya pondasi memiliki banyak sekali jenis atau tipe, dan bergantung pada lokasi yang hendak dibuat bangunan.

Untuk kedalamannya sendiri, ada yang memiliki kedalaman 1,5 meter, dan ada pula yang 2 meter. Adapun lebar platnya sekitar 100 cm, 80 cm, atau 60 cm. Semua itu adalah ukuran standarnya.

Dengan ukuran standar, maka akan semakin baik konstruksinya. Adapun besi yang biasanya dipakai memiliki diameter 16 mm, dan juga 13 mm, dan ukurannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 1 Lantai

pondasi cakar ayam rumah 1 lantai
Gambar pondasi cakar ayam rumah 1 lantai

Kedalaman Pondasi cakar ayam rumah 1 lantai standarnya adalah 50 – 70 cm dengan ukuran pondasi 50×50-25cm / 60×60-25 cm. Konstruksi pada pondasi rumah 1 lantai ini terbagi dalam pelat beton bertulang yang mempunyai ketebalan di antara 10-15 cm.

Namun angka tersebut tidak baku karena bergantung juga pada keadaan tanah dibawahnya dan tipe konstruksinya. Pada bagian bawah pelat beton itu dibikin sumuran untuk peletakan pipa-pipa dalam jarak 2-3 meter dengan pipa berdiamater 1,2 meter dan tebal 8 cm.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

pondasi cakar ayam rumah 2 lantai
Gambar pondasi cakar ayam rumah 2 lantai
Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *