Mengenal Pondasi Cakar Ayam Secara Detail

5 min read

Dan yang utama, Anda juga harus mengetahui cara untuk membuat pondasi cakar ayam rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

Karena gedung yang bertingkat, tentu membutuhkan pondasi yang lebih kuat dari gedung tidak bertingkat. Sebelum itu, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu komponen dan variasi dari pondasi yang satu ini. Berikut ini adalah komponen dan variasinya:

  1. Telapak beton

Pondasi ini sangat baik untuk beban atau bangunan yang merata. Sistem ini bisa bertahan untuk mendukung beban seberat 500-600 ton per kolom. Pada bagian bawah kolom harus dibuatkan suatu telapak beton yang berguna untuk mengurangi tegangan geser.

  1. Paten

Sistem pondasi ini sangat sederhana. Maka dari itu, pondasi ini cocok diterapkan di  daerah dengan peralatan modern dan tenaga yang sudah ahli.

Sampai dengan batas tertentu, pondasi ini dapat menggantikan pondasi tiang pancang. Asalkan cara membuat konstruksi ini dilakukan dengan tepat. Termasuk pula pada proses suntik pondasi cakar ayam.

Ukuran Kedalaman Pondasi Cakar Ayam

Kedalaman pondasi yang satu ini harus benar-benar diperhitungkan dengan tepat. Apalagi ketika Anda hendak membuat pondasi cakar ayam rumah 2 lantai. Sebenarnya pondasi memiliki banyak sekali jenis atau tipe, dan bergantung pada lokasi yang hendak dibuat bangunan.

Untuk kedalamannya sendiri, ada yang memiliki kedalaman 1,5 meter, dan ada pula yang 2 meter. Adapun lebar platnya sekitar 100 cm, 80 cm, atau 60 cm. Semua itu adalah ukuran standarnya.

Dengan ukuran standar, maka akan semakin baik konstruksinya. Adapun besi yang biasanya dipakai memiliki diameter 16 mm, dan juga 13 mm, dan ukurannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 1 Lantai

pondasi cakar ayam rumah 1 lantai
Gambar pondasi cakar ayam rumah 1 lantai

Kedalaman Pondasi cakar ayam rumah 1 lantai standarnya adalah 50 – 70 cm dengan ukuran pondasi 50×50-25cm / 60×60-25 cm. Konstruksi pada pondasi rumah 1 lantai ini terbagi dalam pelat beton bertulang yang mempunyai ketebalan di antara 10-15 cm.

Namun angka tersebut tidak baku karena bergantung juga pada keadaan tanah dibawahnya dan tipe konstruksinya. Pada bagian bawah pelat beton itu dibikin sumuran untuk peletakan pipa-pipa dalam jarak 2-3 meter dengan pipa berdiamater 1,2 meter dan tebal 8 cm.

  • Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

pondasi cakar ayam rumah 2 lantai
Gambar pondasi cakar ayam rumah 2 lantai

Kedalaman galian pondasi cakar ayam rumah 2 lantai standarnya adalah 2 meter dan 1.5 m. Panjang lebar pelat cakar ayam yang digunakan bisa menggunakan ukuran 100cm x 80cm dan 80cm x 60 cm dengan ketebalan plat beton 15 – 20 cm.

Pondasi dalam biasanya dibikin pada kedalaman 80 100cm sama ukuran fondasi 80×80 25cm untuk bangunan simpel 2 lantai dan untuk menyokong susunan bangunan khusus.

3 kerikil dan besi tulangan ø12. Sementara untuk rumah 2 lantai pasangan fondasi batu kali di atas harus disokong oleh konstruki cakar ayam di setiap sudut dan persimpangan tembok pas di bawah kolom.

Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam

Untuk membuat fondasi cakar ayam yang kokoh dan benar, anda perlu memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan. Diatas sudah disebutkan mengenai komponen dan kedalaman yang dibutuhkan. Supaya lebih memudahkan anda, berikut kam isertakan video pembuatan pondasi cakar ayam sederhana untuk rumah.

3 Replies to “Mengenal Pondasi Cakar Ayam Secara Detail”

  1. I seriously love your blog.. Pleasant colors & theme.

    Did you create this website yourself? Please reply back as
    I’m attempting to create my own site and would like to find out where you got this from or exactly what the theme is called.
    Thanks!

  2. Rencana mau bangun kafling dengan ukuran tanah 8×10 meter dan mau di buat kokoh pondasinya,,siapa tau kedepanya mau di bikin 2 lantai jadi gak bongkar lagi..maunya biyaya gak terlalu mahal dan gak pondasi tiang mengingat lokasi yang sempait…kira kira pasnya berapa ukuranya ya yang minimalais…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page