Detail Pondasi Tiang Pancang

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada pondasi jenis ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut.

  1. Kelebihan / Keunggulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan fondasi jenis ini mungkin sudah diketahui oleh mereka yang bergelut di bidang ini. Adapun kelebihannya di antaranya yaitu dapat dibuat dengan system pabrikasi, sehingga mutu yang akan dihasilkan pun cukup bagus dan terjamin.

Dengan tiang pancang ini pula, bisa mencapai daya dukung tanah yang cukup keras, tak hanya dari ujung tiang, namun juga pada lekatan di sekeliling tiang. Harga tiang pancang pun cukup murah, tidak terlalu mahal.

  1. Kekurangan / Kelemahan

Untuk kekurangannya sendiri yaitu jika digunakan pada proyek yang masuk ke gang kecil, akan cukup sulit untuk dikerjakan, karena ukuran angkutan yang besar. Dan kebanyakan sistem ini berada di daerah kota dan sekitarnya.

Jika digunakan pada daerah yang penggunaan volume yang sedikit, maka harganya akan sangat mahal. Adapun detail tiang pancang dan perhitungannya menggunakan excel juga cukup rumit, sehingga  harus dilakukan oleh ahlinya. Dan dalam proses pemancangannya juga menimbulkan getaran dan kebisingan.

Contoh Perhitungan Perencanaan Pondasi Tiang Pancang dengan Excel :

Sumber : Channel Wijaya Training Center

Katalog Harga Material Terkait Pondasi Tiang Pancang:
Harga Besi Beton Harga Besi UNP
Harga Pipa Besi Harga Besi Hollow
Harga Besi Wiremesh Harga Besi CNP

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai pondasi tiang pancang yang bisa hargabangunan.id paparkan. Jika akan menggunakan tiang pancang tersebut, maka ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu baik fungsi tiang pancang maupun hal-hal detail yang penting.

Semoga artikel ini membantu Anda membuat tiang pancang yang bisa mengokohkan konstruksi bangunan pekerjaan anda. Salam sukses selalu!

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *