40+ Harga Batako Per Biji 2021 Semua Ukuran & Jenis

Cari Harga Batako TERMURAH?⭐ Berikut promo harga batako per biji, per meter & per kubik☑️ Ukuran batako Standar SNI, Putih, Press, DLL☑️

Batako memang dibutuhkan untuk berbagai proyek konstruksi, pembangunan ataupun renovasi. Dengan jenisnya yang beragam, misalnya batako press dan batako model beton, maka ia bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Banyaknya permintaan pasar terhadap batu batako ini membuat varian jenis dan harga batako kian beragam dipasaran. Untuk membantu anda dalam mencari informasi detail seputar batu batako, berikut adalah informasi terlengkap mengenai harga batako, ukuran batako dan jenis jenis batako di Indonesia.

Ukuran Batako

ukuran batako

Ukuran batako standar SNI memiliki panjang 36-40 cm, tinggi 18-20 cm dan tebal 8-10 cm. Sedangkan untuk ukuran batako putih memiliki dimensi panjang 20-30 cm, tebal 8 -10 cm dan tinggi 14-18 cm. Detailnya bisa anda lihat pada tabel ukuran batako lengkap dibawah ini.

Jenis Batako Ukuran (Panjang x Lebar x Tinggi)
Batako Standar SNI 30x10x15 cm
Batako Putih (Trass) 25x10x18 cm
Batako Ringan 30x12x8 cm
Batako Press 36x20x10 cm
Batako Biasa Kecil 20x8x8 cm
Batako Dinding Luar 40x20x20 cm
Batako Beton Kolom 29x29x14 cm
Batako Beton Balok 300x6x10 cm
Batako Beton Lengkung 50×30 cm
Batako Beton Bentuk U 29x14x14 cm
Batako Beton Bentuk H 29x14x14 cm
Batako Dinding Pengisi 40x10x20 cm Tebal 10 cm
Batako Semen PC 40x10x15 cm Tebal 20 cm

Selain mengenal jenis batako, ada baiknya Anda juga mengetahui ukuran batako yang ada di pasaran, misalnya batako beton kolom. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan yang tepat sesuai dengan kebutuhan, diantara ukurannya adalah:

  1. Batako Press Standar

Untuk batako press standar, ukurannya sudah disesuaikan dengan yang ada di pasaran. Ia lebih mudah diaplikasikan dan dicari karena ukurannya yang dibuat serupa hampir di semua wilayah dengan standar tertentu. Ukuran batako press standar adalah 36x20x10 cm.

  1. Batako Semen PC

Jenis batako semen pc dibuat berdasarkan ukuran pabriknya, jadi antara satu pabrik dengan pabrik yang lain mungkin memiliki perbedaan. Anda bisa bertanya pada pabrik atau produsen mengenai jenis dan ukuran yang tepat, yang bisa Anda gunakan. Namun umumnya untuk ukuran batako semen PC adalah 40x10x15 cm Tebal 20 cm.

  1. Batako Beton U

Ukuran dari batako beton U cukup beragam, Anda bisa memilih yang mana saja yang sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan pembelian secara daring maupun dengan datang langsung ke toko. Ukuran batako beton U umumnya adalah 29x14x14 cm.

  1. Batako Beton H

Untuk jenis ini, ia memiliki ukuran yang pasti agar letak batako dan bentuknya tetap seimbang. Batako beton H mungkin akan memiliki perbedaan jika Anda membelinya dari produsen yang berbeda, sebab standar masing-masing juga berbeda. Untuk batako beton H rata rata memiliki ukuran 29x14x14 cm.

  1. Batako Beton Lengkung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, batako beton lengkung merupakan batako dengan ukuran lengkung yang telah ditentukan. Jadi Anda tidak bisa melakukan pesanan lengkungan atau custom pada produsen. Ukuran batako beton lengkung yang dijual dipasaran umumnya adalah 50×30 cm.

  1. Batako Dinding Luar

Untuk batako dinding luar, ia memiliki ukuran yang bervariasi, dari kecil, menengah dan besar. Anda bisa bertanya kepada penjual batako apabila hendak membeli batako jenis ini, karena ia berpengaruh pada kualitas konstruksi Anda.

Masih banyak jenis dan ukuran batako lain, misalnya batako dinding pengisi yang memiliki ukuran variatif. Batako jenis ini juga mudah ditemukan di pasaran, apabila Anda tertarik untuk membelinya dalam waktu dekat. Batako dinding luar memiliki ukuran standar 40x20x20 cm.

Tabel Ukuran dan Toleransi Batako Standar SNI :

Panjang (cm) : 30 – 40
Lebar (cm) : 15 – 20
Tebal (cm) : 8 – 10
Berat kering : 950 kg/m3
Berat basah : 1.000 kg/m3
Contoh ukuran (cm) : 30 x 20 x 10
: 40 x 20 x 10
Kebutuhan per 1 m2
30 x 20 x 10 : 13 – 14 buah
40 x 20 x 10 : 10 – 11 buah

Untuk Anda yang hendak membeli berbagai jenis batako, penting untuk mengetahui tabel ukuran dan toleransi batako standar SNI. Ini akan membuat Anda lebih mudah membandingkan antara satu jenis batako dengan jenis yang lain, sebab informasinya cukup mudah untuk didapatkan.

Selanjutnya mari kita ulas secara lengkap daftar harga batako standar SNI terbaru 2021 yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, DLL.

Harga Batako Terbaru 2021

harga batako

Terkait dengan informasi harga batako terbaru, Anda bisa mendapatkan harga yang berbeda tiap pembelian di tempat yang sama, sebab jenis dan rentang harganya juga berbeda. Masing-masing wilayah juga memiliki standararisasi harga batako sehingga baiknya Anda bertanya langsung pada penjual.

Namun untuk memudahkan anda dalam mencari refrensi daftar harga batako terbaru 2021, berikut kami paparkan tabel harga lengkap untuk harga batako per biji, harga batako per meter maupun harga batako per kubik.

Jenis Batako Satuan Harga
Batako Murni 30x10x15 cm Biji Rp 2.950
Batako Hebel 60x20x7.5 cm Kubik Rp 745.500
Batako Standar 30x10x15 cm Biji Rp 3.350
Batako Putih 25x10x18 cm Biji Rp 3.650
Batako Semen 40x10x15 cm Biji Rp 3.150
Batako Biasa 36x20x10 cm Biji Rp 2.950
Batako Bekisting 30x16x7 cm Biji  Rp 1.350
Batako Dinding Pres 39x19x9 cm Biji Rp 3.350
Batako Press 3 Lubang Biji Rp 1.050
Batako Reguler 2 Lubang Biji Rp 3.950
Batako Reguler 3 Lubang Biji Rp 3.750
Batako Conblock Murni Biji Rp 5.050
Batako Press Semen Biji Rp 1.950
Loster Beton Batako Kawat Biji Rp 15.500
Batako Press Mesin Biji Rp 3.650
Batako Press Hitam Biji Rp 1.750
Batako Press Jombang Biji Rp 2.850
Press Franco 3 Lubang Biji Rp 1.250
Batako Jogja Biji Rp 3.650
Batako Press Lock Biji Rp 2.150
Batako Putih Biji Rp 3.650
Batako Semen Biji Rp 3.150
Batako Biasa Biji Rp 2.950
Batako Press 3 Lubang Biji Rp 1.050
Batako Reguler 2 Lubang Biji Rp 3.950
Batako Reguler 3 Lubang Biji Rp 3.750
Batako Conblock Murni Biji Rp 5.050

Jenis Batako

jenis batako

Anda bisa memilih dan mendapatkan berbagai jenis batako di pasaran sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak salah memilih, berikut adalah jenis batako yang bisa Anda pakai untuk membangun rumah dan berbagai hal lainnya.

  • Batako Press

Merupakan batako yang dibuat dengan berbagai bahan campuran, diantaranya adalah campuran semen atau pasir yang kasar dan dicetak padat. Ia juga menggunakan campuran kapur, batu bara hingga semen untuk membuat batako press lebih padat. Harga batako press bervariatif tergantung ukuran.

  • Batako Semen/ Beton

Berikutnya adalah batako beton (bataton) yang terkenal karena modelnya yang simetris. Ia juga kuat dan dapat direkatkan menggunakan paku ke bagian dinding agar makin erat. Bahan yang digunakan untuk membuat batako jenis ini adalah beton dan tanah liat matang. Harga batako semen relatif tidak mahal.

  • Batako Putih

Anda tentu sudah sering melihat batako putih (trass) dalam berbagai kesempatan, ia bisa menggunakan campuran trass, batu kapur dan yang lainnya untuk membuat bata ini semakin kuat. Selain harga batako putih yang terjangkau, untuk mendapatkannya juga cukup mudah. Anda bisa dengan mudah membeli di pasaran atau toko batako.

  • Batako Ringan

Lebih dikenal sebagai bata ringan, batako ringan memiliki banyak keunggulan karena tidak begitu berat dan bisa digunakan untuk berbagai model konstruksi. Dibandingkan dengan jenis lain, ia memiliki sifat yang lebih tahan air, sehingga cocok untuk Anda yang ingin rumah lebih hangat dan kuat. Harga batako ringan juga relatif tidak mahal.

  • Batako Partisi

Jenis yang satu ini merupakan batako dengan fungsi sebagai konstruksi dinding partisi. Bentuknya menyerupai balok pilar beton namun memiliki ukuran tinggi yang lebih besar dari lebarnya. Lubang pada batako partisi terbagi menjadi dua hingga tiga komponen. Masing masing memiliki harga batako partisi yang berbeda.

  • Batako Lubang

Untuk Anda yang sering menggunakan batako, tentu sudah pernah melihat batako lubang. Lubang pada batako tidak dibuat sembarangan, dalam teknik sipil ia bisa membuat ruangan menjadi lebih dingin. Ini karena batako dengan bentuk lubang terbuat dari semen yang bisa membuat ruangan menjadi lebih panas. Harga batako lubang relatif murah.

  • Batako Persegi Panjang

Berikutnya adalah jenis batako persegi panjang yang juga umum ditemui di berbagai tempat. Dengan bentuknya yang persegi panjang, diharapkan pondasi bangunan yang hendak dibuat lebih kuat. Jenis ini juga cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Batako Gedhek

Jenis selanjutnya adalah batako gedhek, yang merupakan batako jenis khusus yang bisa membuat rumah lebih nyaman. Dengan desain yang ia miliki, batako jenis ini bisa membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman, sehingga tidak membuat penghuni merasa kegerahan di musim kemarau.

  • Batako Trapesium

Merupakan jenis batako dengan bentuk seperti trapezium, namun dengan fungsi yang serupa dengan batako lainnya. Jenis batakao trapezium tidak bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, karena itu Anda harus mencari gerai atau toko yang tepat untuk mendapatkannya. Harga batako jenis ini cukup mahal dipasaran.

  • Batako Lengkung

Terakhir adalah batako lengkung yang memiliki bentuk lengkungan berbeda dengan batako kebanyakan. Jenis ini bisa membuat tukang lebih mudah dalam melakukan pemasangan sebab sudut yang dimiliki lebih pas dan tidak mudah bergeser. Terkait dengan harga, ia kemungkinan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kebanyakan batako lain.

  • Batako Merah

Lebih dikenal sebagai batu bata, sebab terbuat dari tanah liat yang dikeringkan. Ia memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki kekuatan yang sama baiknya dengan batako pada umumnya. Batako merah dibuat dengan pembakaran suhu tinggi untuk membuatnya liat. Harga batako merah relatif murah dipasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Batako :

batako

Setiap batako tentu memiliki model yang cukup berbeda antara satu dengan yang lain. Setelah anda mengetahui ragam ukuran batako, jenis dan juga harga batako terbaru 2021, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan batu batako.

Jenis dan karakteristik batako beton balok juga berbeda, sebab ia memiliki ukuran yang berbeda dengan batako biasanya. Jenis ini terbuat dari beton dan sudah diukur dengan standar tertentu agar mudah dipasang.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan batako, ia cukup populer digunakan sebagai bahan bangunan karena mudah didapat dan harganya terjangkau. Namun ia memiliki sifat panas jika menggunakan bahan beton, sehingga perlu menggunakan batako dengan model khusus agar penghuni bangunan tidak mudah kegerahan.

Update Harga Material Terbaru Lainnya :
Harga Kalsiboard Harga Bondek Cor
Harga Baja Ringan Harga Cat Tembok
Harga Wiremesh Harga Besi Hollow

Demikianlah berbagai informasi mengenai harga batako, jenis, kelebihan kekurangan, serta ukuran batako lengkap versi Hargabangunan.id. Semoga informasi tersebut dapat membantu, terutama untuk anda yang hendak membelinya dalam waktu dekat dan membangun, meronavasi atau membongkar rumah serta bangunan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *