Harga Batu Bata Merah

Posted on

Batu bata memiliki pembagian masing-masing. Dari pembagian tersebut dapat dilakukan klasifikasi sifat dan kualitas yang baik dan bagus.

  • Bata Merah Kelas Satu

Batu bata kelas satu memiliki kualitas yang paling bagus dan paling baik. Umumnya batu bata kelas ini tidak memiliki cacat. Memiliki ukuran yang sesuai dan seragam. Selain kuat dan bagus, harga batu bata itu cukup mahal.

Batu bata bakar ini diproses dengan sangat baik, sehingga menghasilkan batu bata yang favorit nomor satu. Dimana daya tekanan dari batu bata itu yaitu sekitar 140 kg/cm2.

  • Bata Merah Kelas Dua

Perbedaan dari batu bata ini dengan sebelumnya yaitu, batu bata kelas dua memiliki bentuk yang tidak seragam dengan permukaan yang kasar. Dimana kekuatan daya tahan dari batu bata ini yaitu 70 kg/cm2.

Batu bata tersebut cocok untuk dinding. Karena memiliki sifat yang hampir sama dengan batu bata sebelumnya.

  • Bata Merah Kelas Tiga

Batu bata berikutnya yaitu batu bata dengan kualitas terendah. Batu bata ini kalah dengan batu bata tanpa pembakaran. Dimana sifat dari batu batu itu yaitu memiliki kekuatan tekan yang lebih rendah.

Struktur dari batu bata yaitu memiliki permukaan yang kasar, bentuk yang tidak seragam dan hanya boleh digunakan untuk bahan bangunan yang tidak menanggung beban berat. Sehingga umumnya penggunaan batu bata kelas tiga ini jarang digunakan untuk membuat rumah.

  1. Bata Putih

Batu bata putih (kapur) adalah batu bata yang memiliki kekuatan tahan asam, tahan lingkungan berair, dan tidak mudah keropos.  Kelebihan batu bata itu lebih baik dibandingkan dengan batu bata lainnya.

Pembuatan batu bata ini dengan proses penambangan dari alam, maka bongkahan batu tersebut langsung dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hal ini yang membuat batu bata tersebut berbeda dari batu bata lainnya. Batu bata ini dapat digunakan untuk pembuatan jembatan, bangunan pabrik, dan lainnya.

  1. Batu Bata Lubang (Batako)

Batu bata lubang (batako) dibuat dengan mencampurkan pasir dengan semen. Ukuran dari batu bata tersebut lebih besar dari batu batu lainnya. Batako juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Batu bata tersebut yaitu tahan di lahan basah, kedap air dan cukup kuat. Namun beberapa masyarakat tidak menggunakan batu bata ini untuk bahan dasar pembuatan rumah, dimana sifatnya yang panas membuat ruangan menjadi kurang sejuk.

  1. Bata Ringan (Hebel)

Hebel ini memiliki nama lain batu bata ringan (hebel). Di Indonesia batu bata itu dibuat dengan mencampurkan kapur, abu, serbuk alumunium dan juga campuran semen. Batu bata ini memiliki kekurangan dan kelebihan saat menggunakannya.

Batu bata itu sangat cocok digunakan untuk pembuatan gedung, sekolah, hotel, kantor dan lainnya. Sifat dari batu bata tersebut yaitu lebih ringan, tahan api dan dapat menghalau panas dan kedap udara. Ukuran hebel yang beragam membuatnya laris manis untuk digunakan pada konstruksi dinding.

  1. Bata Beton

Batu bata ini dibuat dengan campuran krikil, pasir, agregat dan semen. Bentuknya yang beraneka ragam dan memiliki rongga menjadikan beton lebih efisien dari pada batu bata lain.

Batu bata beton yang memiliki rongga dapat difungsikan sebagai jalur dari kabel-kabel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rongga itu sebagai jalur pipa-pipa air yang yang disambungkan.

  1. Batu Bata Ekspos

Ciri-ciri dari batu batu ini yaitu memiliki permukaan dan bentuk yang bagus dan rapi. Warna dari batu bata tersebut cukup mencolok, seragam dan cerah. Batu bata ini disebut juga dengan nama batu bata press. Ha itu karena proses pembentukan dari batu bata ini dengan pressing atau penekanan.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.