Ukuran dan Harga Hebel / Bata Ringan

Posted on

Selain memperhatikan jenis, merek, dan ukuran bata ringan, cara perhitungannya juga harus dipahami. Hal ini sangat penting agar penggunaan hebel bisa sesuai dengan kebutuhan. Agar bisa menjawab pertanyaan mengenai bata ringan 1 kubik jadi berapa meter ? perhatikan penjelasan berikut ini.

  1. Menghitung Panjang Dinding

Cara yang pertama adalah menghitung panjang dinding secara menyeluruh. Hal ini berguna untuk mengetahui perkiraan awal penggunaan bata ringan.

  1. Mengalikan dengan Ketinggian

Setelah menghitung panjang dinding secara keseluruhan, langkah berikutnya adalah mengalikan dengan tinggi bangunan. Hal ini berguna untuk mendapat total luas dinding yang menggunakan bata ringan.

  1. Mengalikan dengan kebutuhan Bata Ringan

Cara ketiga setelah mendapatkan total luas dinding adalah mengalikan kembali sesuai dengan ketebalan dan juga dimensi bata ringan. Misalnya, bata ringan yang digunakan adalah ukuran AAC Block dengan dimensi 10 cm, maka perhitungannya adalah 1 : (0,1x 0,2 x 0,6) dengan hasil 83,333. Jadi bata ringan ukuran AAC Block yang dibutuhkan adalah 83 buah.

Setelah mengetahui total bata ringan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menghitung biayanya. Jika harga bata ringan adalah 600 ribu per m3, maka perhitungannya adalah 600.000 : 83 dengan hasil Rp. 7228,91.

Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah kebutuhan bata ringan dengan luas dinding per m2. Perhitungannya adalah 1 : (0,6 x0,2) dengan hasil 8,33. Hasil tersebut dikalikan dengan biaya bata ringan yang sudah dihitung sehingga menjadi 8,33 x 7228,91. Jadi, luas dinding permeter membutuhkan biaya Rp 60.378, 48.

Terakhir, untuk menghitung luas dinding dari 83,33 bata ringan dengan ketebalan 10 cm, maka cukup mengalikan luas bata dengan jumlah per kubik. Perhitungannya menjadi 0,12 x 83,333.  Jadi luasan dinding untuk bata ringan adalah 9,99996 m2.

Cara Pemasangan Bata Ringan

Sumber : Tukang Rumah Channel

Untuk anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara pemasangan bata ringan/ hebel yang benar, berikut coba kami berikan contoh video pemasangan bata ringan yang bisa anda jadikan refrensi terbaik.

Kelebihan & Kekurangan Bata Ringan

Keunggulan :

Sebelum menggunakan bata ringan, kelebihan dan kekurangannya harus diketahui terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kebutuhan konstruksi nantinya. Jadi, ketahui kelebihan bata ringan berikut ini.

  1. Rapi

Bata Ringan dapat dipasang dengan rapi karena ukurannya sangat presisi. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya dipotong sesuai standar sehingga ukuran dan bentuknya sangat presisi.

  1. Kuat dan Tahan Lama

Bata Ringan sangat kuat dikarenakan bobotnya yang ringan sehingga tidak terlalu menjadi beban untuk struktur. Selain itu, bata ringan juga tahan terhadap gempa. Bata ringan juga tahan terhadap api karena campuran beton di dalamnya tahan suhu tinggi.

  1. Pemasangan Mudah

Pemasangan bata ringan juga cukup mudah karena ukurannya sudah presisi. Jadi, tenaga, waktu dan biaya bisa dihemat secara efisien.

  1. Kedap Suara

Bata ringan juga bisa meredam suara dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan rongga-rongga udara yang ada di dalamnya bisa membuatnya lebih kedap suara.

  1. Resapan Air Rendah

Bata ringan juga bisa membuat resapan air menjadi rendah. Hal ini meminimalisir terjadinya rembesan air sehingga bangunan akan aman ketika musim hujan.

  1. Bobot Ringan

Bobot dari bata ini lebih ringan dibandingkan bata biasa. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang terstruktur sehingga tidak membebani bangunan.

Kekurangan :

Meski memiliki berbagai kelebihan, bata ringan juga memiliki kekurangan. Kekurangan bata ringan terdiri dari:

  1. Pengeringan lama

Bata ringan memiliki kelemahan berupa proses pengeringan yang lama. Hal ini dikarenakan kondisinya yang terlalu basah akibat terkena air hujan terus-menerus.

  1. Belum tersedia secara luas

Bata ringan juga masih belum tersedia secara luas di berbagai daerah terpencil. Hal ini tentu berbeda dengan bata merah yang hampir tersedia di berbagai tempat.

  1. Harus menggunakan Perekat Khusus

Perekat yang digunakan untuk bata merah haruslah semen instan atau mortar. Kedua perekat ini lebih mahal dari campuran pasir dan semen biasa.

  1. Harganya Mahal

Harga dari bata ringan juga bisa lebih mahal dibandingkan dengan bata merah. Hal ini sangat tergantung dari kualitas pembuatan serta keunggulannya.

  1. Membutuhkan Tenaga Khusus yang Berpengalaman

Terakhir, pemasangan bata ringan membutuhkan tenaga yang berpengalaman. Hal ini dikarenakan pemasangan bata ringan sangat berbeda dengan bata merah. Perekat dan rostam yang digunakan untuk bata ringan memiliki jenis tersendiri sehingga membutuhkan tenaga berpengalaman.

Katalog Harga Material Lainnya :
Harga Bata Merah Harga Triplek
Harga Baja Ringan Harga Batako Per Biji
Harga Semen Terbaru Harga Besi Hollow

Itu tadi penjelasan lengkap tentang bata ringan meliputi jenis, merek, ukuran hebel, harga hebel serta kelebihan dan kekurangannya versi Hargabangunan.id yang penting untuk diketahui.

Bata ringan sendiri memiliki keunggulan dibanding bata merah biasa karena pemrosesannya yang canggih dan hasilnya berkualitas. Meski begitu, penggunaannya harus dengan kebutuhan konstruksi yang direncanakan. Pastikan anda membeli harga bata ringan dan ukuran bata ringan yang benar benar sesuai kebutuham.

Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.