Harga Triplek Semua Jenis dan Ukuran Lengkap

⭐PROMO harga triplek Terbaru 6mm, 9mm, 12mm – 32 mm LENGKAP terbaru 2021☑️ info ukuran triplek melamin, albasia, meranti, MDF, DLL & Plus minusnya☑️

Hardboard plywood atau secara sederhana dikenal dengan plywood adalah suatu tipe kayu buatan, jadi secara teknis bukanlah kayu alami namun kayu hasil buatan pabrik. Plywood dibuat dengan merekatkan atau menempelkan tiga atau lebih lapisan kayu dengan menggunakan lem khusus di bawah tekanan tinggi.

Masyarakat awam umumnya menyebut dengan triplek atau multiplek.  Varian dari triplek ini terbagi menjadi tiga jenis yakni triplek 3 lapis, 5 lapis dan multi lapis/ banyak lapisan. Berikut ulasan lengkapnya.

Ukuran Triplek

ukuran triplek

Ukuran triplek standar normalnya adalah 2440 mm x 1220 mm atau setara dengan 96 inch untuk panjang x 48 inch untuk lebarnya. Sedangkan untuk ukuran ketebalan triplek sangatlah bervariasi, mulai dari triplek ukuran tebal 3 mm hingga 32 mm.

Ukuran Triplek Melamin :

Jenis Triplek Ukuran (cm)
Triplek melamin putih 3 mm 40 x 60 cm
Triplek melamin putih 6 mm 50 x 50 cm
Triplek melamin putih 9 mm 40 x 80 cm
Triplek melamin putih 12 mm 60 x 60 cm
Triplek melamin putih 15 mm 60 x 80 cm
Triplek melamin putih 18 mm 70 x 70 cm
Triplek melamin putih 18 mm 50 x 100 cm
Triplek melamin putih 18 mm 60 x 100 cm
Triplek melamin warna 18 mm 80 x 80 cm
Triplek melamin glossy 18 mm 60 x 120 cm
Triplek melamin doff/ mate 18 mm 120 x 240 cm

Ukuran Triplek Multiplek :

Jenis Triplek Ukuran (mm) Ukuran (Inch)
Triplek 3 mm 2440 mm x 122 mm x 3 mm 96 inci x 48 inci x 1/8 inci
Triplek 6 mm 2440 mm x 122 mm x 6 mm 96 inci x 48 inci x 1/4 inci
Triplek 9 mm 2440 mm x 122 mm x 9 mm 96 inci x 48 inci x 3/8 inci
Triplek 12 mm 2440 mm x 122 mm x 12 mm 96 inci x 48 inci x 1/2 inci
Triplek 15 mm 2440 mm x 122 mm x 15 mm 96 inci x 48 inci x 5/8 inci
Triplek 18 mm 2440 mm x 122 mm x 18 mm 96 inci x 48 inci x 3/4 inci
Triplek 25 mm 2440 mm x 122 mm x 25 mm 96 inci x 48 inci x 1 inci
Triplek 32 mm 2440 mm x 122 mm x 32 mm 96 inci x 48 inci x 1 1/4 inci

Ukuran Triplek Untuk Plafon

Ukuran triplek untuk plafon rumah adalah 1220 mm x 2440 mm (122 cm x 244 cm) dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm. Pemilihan ketebalan triplek tersebut bisa anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan plafon rumah anda.

Umumnya penggunaan triplek untuk plafon rumah memiliki ketebalan 4 mm dengan penggunaan rangka plafon kayu kaso 4/6 atau 5/7 yang memiliki panjang 60 cm x 60 cm. Pemasangan triplek untuk plafon rumah pun tergolong mudah dibandingkan menggunakan plafon PVC ataupun gypsum

Ukuran Triplek Cor

Ukuran Triplek Cor 1220 mm x 2440 mm (122 cm x 244 cm) dengan ketebalan 6 mm, 12 mm, dan 15 mm dengan jenis triplek hardwood. Pemilihan ukuran ketebalan triplek cor ini berdasarkan komponen beton yang akan anda gunakan. Semakin berat beban beton cor yang digunakan, anda membutuhkan triplek cor dengan ketebalan yang lebih.

Pemilihan triplek jenis Hard Wood atau multiplek sangat ideal digunakan untuk media tatakan beton cor anda. Hal ini karena triplek hardwood memiliki ketahanan yang tinggi dan juga memiliki sifat yang sedikit elastis.

Ukuran Standar Ketebalan Triplek

Umumnya ketebalan triplek berkisar dari 1/8 inci sampai 1 inci. Namun, perlu diingat bahwa angka-angka tersebut sebenarnya tidak mewakili ketebalan triplek sebenarnya.

Pengamplasan kayu, yang dilakukan selama pembuatan, dapat menghilangkan material hingga 1/32 inci dari lembaran triplek. Jadi, misalnya lembaran plywood dengan ketebalan 3/8 inchi memang memiliki ketebalan 11/32 inchi.

Ketebalan standar untuk ukuran triplek adalah 1 ¼, 1 1/8, ¾, 5/8, ½, 3/8, ¼, dan 1/8 inci. Ketebalan aktual yang sesuai adalah masing-masing 1 ¼, 1 1/8, 23/32, 19/32, 15/32, 11/32, 1/4, dan ⅛. Hal ini mempengaruhi pengamplasan selama proses pembuatan triplek untuk masing-masing ukuran ini.

Sebagaimana sudah sedikit disebutkan sebelumnya, material plywood ini dibuat dengan merekatkan 3 atau lebih lapisan triplek. Beberapa keperluan mungkin membutuhkan lapisan kayu yang tebal, namun beberapa lagi tidak.

Lapisan ini jugalah yang akan membuat plywood lebih kuat. Plywood ini kemudian diklasifikasikan berdasarkan lapisan terluarnya, yaitu venir muka dan belakangnya.

  1. Triplek 3 Lapis

Jenis level plywood pertama adalah triplek 3 lapis yang merupakan tipe paling umum ditemui. Tipe ini memiliki 3 lapis venir dan dibuat dengan lapisan yang kuat dan tahan lama.

Disisi lain, dari segi tampilan, tampilannya lebih dekoratif daripada plywood dengan lapisan lebih. Karena itulah tipe ini menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan indoor. Triplek 3 lapis ini umumnya memiliki ketebalan 3 mm hingga 6 mm.

  1. Triplek 5 Lapis

Berikutnya ada triplek 5 lapis yang memiliki 5 lapis venir. Tipe ini juga merupakan tipe lain yang umum ditemui dan digunakan. Tipe plywood ini digunakan untuk project yang membutuhkan daya tahan dan kekuatan lebih rendah dibandingkan dengan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior. Umumnya triplek 5 lapis memiliki ketebalan 9 mm sampai 15 mm.

  1. Triplek Multi Lapis

Tipe plywood berdasarkan lapisannya yang terakhir adalah triplek multi lapis. Tipe ini umumnya digunakan untuk kebutuhan eksterior dan pembuatan atap. Tipe ini bisa terdiri atas beberapa venir, biasanya terdiri dari 7 atau lebih.

Pelapisan venir yang lebih banyak ditujukan untuk menciptakan kekuatan lebih besar dan lebih tahan lama terhadap kerusakan atau akibat angin. Untuk ketebalan triplek multilapisan ini sendiri umumnya mulai dari 15 mm sampai 32 mm tergantung permintaan.

Toleransi Ukuran Triplek

ketebalan triplek

Triplek dibuat dengan menyatukan beberapa lapis kayu dan merekatkannya menggunakan lem. Butir kayu dari setiap lapisan ditempatkan tegak lurus dengan lapisan berikutnya. Lapisan luar setiap lembar menentukan tingkat triplek.

Dalam beberapa kasus, hal ini dapat diartikan bahwa lapisan luar juga menentukan penggunaan triplek. Triplek yang diampelas, yang dianggap kelas atas, memiliki lapisan luar yang bebas dari segala jenis cacat. Itu terbuat dari kayu lunak atau kayu keras berkualitas tinggi.

Banyak pembuat dan pembangun lemari tingkat atas lebih menyukai jenis triplek ini karena kualitas dan penampilannya yang tinggi. Toleransi ukuran untuk plywood jenis ini, terutama untuk ketebalan, lebih kecil dari plywood kelas utilitas.

Toleransi untuk ketebalan triplek kelas utilitas adalah 1/32 inci. Sedangkan untuk toleransi ukuran triplek yang berkelas kabinet adalah 1/64 inci.

Jenis Triplek

Saat memilih jenis-jenis triplek untuk kebutuhan project Anda akan menemukan banyak sekali jenis triplek. Maka dari itu, Anda harus tahu lebih dulu jenis-jenisnya agar bisa menentukan jenis triplek mana yang paling sesuai untuk kebutuhan project Anda.

  • Triplek Melamin

triplek melamin

Jenis triplek melamin ini dikenal juga dengan decorative plywood. Permukaannya dilapisi dengan melamin dan polyester lalu diberi warna sehingg tampilannya semakin menarik. Umumnya triplek melamin ini digunakan sebagai pelapis furniture rumah.

Selain harga triplek melamin yang relatif murah, kualitas dari triplek melamin ini juga tidak perlu diragukan lagi. Material yang mudah dibersihkan dan juga tahan terhadap cipratan air membuat triplek melamin ini sangat cocok menjadi dekorasi furniture anda.

  • Multipleks

harga multiplek

Multipleks (plywood)  ini dibuat dari kulit kayu yang berlapis-lapis lalu dipress dengan tekanan tinggi. Memiliki sifat tahan air dengan daya tahan yang tinggi. Biasanya digunakan untuk pembuatan perabot.

  • Triplek HPL

triplek HPL

High Pressure Laminates (HPL) merupakan lapisan tipis yang terbuat dari kertas kerajinan dengan pola tertentu lalu ditambahkan resin kemudian dicetak di mesin bertekanan tinggi. Hasilnya adalah lembaran tipis bergambar namun kuat. Biasanya digunakan pada mebel, kitchen set atau cabinet.

  • Triplek Overlaid

triplek overlaid

Jenis triplek overlaid ini pada dasarnya yang menggunakan struktur sebagaimana yang digunakan pada triplek lain, yaitu dengan lapisan viner yang dilekatkan satu sama lain. Namun bedanya adalah  jenis ini memiliki lembaran overlaid yang membuat tampilannya tampak seperti sudah difinishing.

  • Blockboard

triplek blockboard

Blockboard atau triplek meranti ini dibuat dari tiga susunan kayu yang berbeda. Lapisan luarnya cukup tipis, namun lapisan dalamnya tebal dan terbuat dari kayu yang solid.

  • Fiberboard (Triplek MDF)

triplek MDF

Fibreboard (MDF) ini adalah jenis triplek yang penggunaannya biasanya untuk pembangunan. Jenis ini dibuat dari hardwood dan softwood yang kemudian dipecah menjadi residu melalui suatu proses khusus hingga menghasilkan material yang kuat.

  • Particle Board

triplek partikel

Jenis particle board ini adalah jenis dengan kualitas terendah, terbuat dari serbuk kayu dengan sifat sangat rentan terhadap air. Penggunaannya biasanya untuk kebutuhan furniture ataupun interior rumah.

  • Teakblock

triplek teakwood

Triplek jenis teakblock ini terbuat dari papan kayu jati yang ditumpuk jadi satu, tapi bukan kayu jati solid. Fungsinya adalah untuk memberi corak pada blockboard atau pada multiplek.

  • Triplek Soft Wood

triplek softwood

Jenis triplek soft wood ini adalah jenis yang memiliki tekstur lebih lunak. Umumnya terbuat dari bahan kayu sengon atau albasia. Teksturnya yang lunak dan sedikit elastis membuatnya sering dijadikan atap plafon rumah.

  • Triplek Hard Wood

jenis triplek

Triplek hard wood ini umumnya terbuat dari jenis kayu keras seperti meranti yang memiliki ketahanan tinggi. Penggunaannya umumnya adalah untuk furniture. Sebagian orang juga menggunakan triplek hardwood ini untuk keperluan cor rumah.

  • Lumber Core Triplek

triplek albasia

Lumber core triplek ini biasanya dibuat dengan tiga lapis, dua lapisan venir di setiap sisinya dan satu lapisan tebal. Penggunaannya adalah untuk project yang membutuhkan penyekrupan yang kuat.

  • Marine Plywood

triplek kapal

Marine Plywood ini adalah salah satu jenis plywood berkelas tinggi yang ada di pasaran. Jenis ini bukanlah triplek yang anti air. Jenis ini dibuat dengan face and core veneer sehingga memiliki sifat yang lebih tahan lama.

  • Aircraft Plywood

triplek pesawat

Diantara triplek dengan grade tertinggi, Aircraft Plywood ini adalah jenis yang paling tahan lama yang bisa ditemukan. Jenis ini menggunakan kayu solid seperti mahoni untuk menghasilkan triplek yang kuat serta tahan terhadap panas dan lembab.

Penggunannya biasanya pada project yang membutuhkan kayu industrial berkekuatan tinggi seperti pada pesawat atau furniture yang ditujukan untuk menampung beban berat.

Klasifikasi Kualitas Triplek

triplek untuk plafon

Setelah mengetahui jenis-jenis dari triplek seperti yang dijelaskan di atas, hal lain yang juga perlu diketahui adalah klasifikasinya. Sistem grade pada plywood menggunakan huruf A,B,C dan D dengan A adalah yang terbaik dan D adalah kualitas terendah. Berikut adalah grade yang digunakan untuk mengklasifikasikan triplek dan arti yang ditunjukkannya.

  1. Triplek Grade A

Triplek Grade A merupakan tingkatan atau grade tertinggi dari material kayu ini. Triplek yang memiliki grade A ini umumnya memiliki permukaan papan yang sangat lembut dan halus. Harga triplek grade A relatif memiliki harga paling mahal dibanding triplek grade lainnya.

  1. Triplek Grade B

Berikutnya ada triplek Grade B yang memiliki karakteristik permukaannya yang keras dan solid. Kualitas pembuatan triplek grade ini memang tidak sebaik dan sehalus grade A namun masih tetap terlihat rapid an halus. Harga triplek grade B sedikit lebih murah dibandingkan grade A.

  1. Triplek Grade C

Grade C ini adalah tingkatan ketiga dari tingkat kualitas triplek. Pada umumnya, triplek yang tergolong triplek grade C ini kualitas tekstur kayu dan warnanya sudah mengalami perbedaan. Tidak sebaik triplek pada grade A maupun B. Demikian juga dengan harga triplek grade C yang identik lebih murah.

  1. Triplek Grade D

Tingkatan atau grade kualitas triplek terakhir adalah grade D. Triplek grade D hanya boleh digunakan untuk menjadi panel bagian dalam. Hal ini karena tekstur kayunya yang kasar dan strukturnya yang juga sudah tidak terlalu rapi. Harga triplek grade D ini merupakan jenis dengan harga paling murah.

Meski demikian pada kebanyakan triplek, biasanya akan ditemukan dua huruf. Satu huruf menunjukkan grade dari bagian depan triplek dan satu huruf lainnya adalah grade dari bagian belakangnya. Umumnya, salah satunya pasti memiliki grade yang lebih rendah.

Panel yang digunakan untuk eksterior umumnya adalah panel triplek yang memiliki tingkatan grade tinggi seperti A-B atau A-C. Karena itu, saat memilih panel triplek ini, pilih grade setinggi mungkin, terutama untuk penggunaan yang membuatnya harus terkespos pada cuaca atau ketika membutuhkan kekuatan lebih.

Tingkatan triplek C-D biasanya masih memungkinkan untuk penggunaan struktur internal namun tetap tidak seharusnya digunakan apabila tidak didukung dengan pelapisan tambahan. Nah, selain itu, Anda mungkin juga akan menemukan tambahan X di belakang huruf grade, seperti A-BX. Ini artinya bahwa triplek tersebut sudah memenuhi standard untuk penggunaan eksternal.

Harga Triplek Terbaru 2021

harga triplek

Triplek memiliki bermacam-macam jenis ketebalan, harga dan juga ukuran. Seperti pada umumnya harga triplek kayu ini bermacam-macam sesuai material triplek itu sendiri dan tentunya sesuai dengan kebijakan pemberian harga dari tiap toko masing-masing.

Walaupun mungkin sangat jarang ada, namun ternyata di beberapa daerah ada yang menjual triplek dengan bahan dasar kayu kamper, bangkirai, rimba, dan tak ketinggalan triplek kayu jati.

Triplek berbahan dasar kayu jati dikenal dengan kekuatan dan motif alaminya yang indah. Triplek jenis ini biasanya diaplikasikan pada lantai atau pelapis dek teras dan kolam. Harga triplek kayu jati ini juga ditentukan oleh ketebalan dan ukurannya.

  • Harga Triplek Melamin

Ketebalan Ukuran Harga
Melamin Merk Kunci 3mm 122 x 244 cm Rp 120.000
Melamin Putih Doff 6mm A4 21 x 29.7 cm Rp 7.200
Melamin Putih Glos 3mm A3 29.7 x 42 cm Rp 12.000
Triplek melamin 15mm SF 122 x 244 cm Rp 230.000
Melamin 18mm 1 Muka 30 x 78 cm Rp 66.000
Melamin Blokmild 18mm 120 x 60 cm Rp 121.000
Triplek melamin doff 18 mm 122 x 244 cm Rp 270.000
Triplek melamin putih 3 mm 40 x 60 cm Rp 23.000
Triplek melamin putih 3 mm 50 x 50 cm Rp 24.000
Triplek melamin putih 3 mm 40 x 80 cm Rp 30.000
Triplek melamin putih 3 mm 60 x 60 cm Rp 34.000
Triplek melamin putih 3 mm 60 x 80 cm Rp 45.000
Triplek melamin putih 3 mm 70 x 70 cm Rp 46.500
Triplek melamin putih 3 mm 50 x 100 cm Rp 47.000
Triplek melamin putih 3 mm 60 x 100 cm Rp 56.200
Triplek melamin warna 3 mm 80 x 80 cm Rp 59.150
Triplek melamin glossy 3 mm 60 x 120 cm Rp 66.300

Jenis triplek melamin banyak digunakan untuk dekorasi karena bagian permukaannya yang licin serta dilapisi polyester sehingga tampak lebih menarik. Harga triplek melamin ini juga bervariasi tergantung ukurannya mulai dari kecil, sedang hingga besar. Hal ini mempermudah pelanggan yang untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya.

  • Harga Triplek Multiplek:

Jenis Triplek Ukuran (mm) Harga/ Lembar
Triplek 2 mm 2440 x 122 x 3 mm Rp 29.950
Triplek 3 mm 2440 x 122 x 3 mm Rp 39.000
Triplek 4 mm 2440 x 122 x 3 mm Rp 49.000
Triplek 6 mm 2440 x 122 x 6 mm Rp 69.000
Triplek 9 mm 2440 x 122 x 9 mm Rp 98.000
Triplek 12 mm 2440 x 122 x 12 mm Rp 145.000
Triplek 15 mm 2440 x 122 x 15 mm Rp 180.000
Triplek 18 mm 2440 x 122 x 18 mm Rp 240.000
Triplek 25 mm 2440 x 122 x 25 mm Rp 294.500
Triplek 32 mm 2440 x 122 x 32 mm Rp 350.000
Blockboard 12 mm 244 x 122 cm Rp 115.000
Blockboard 15 mm 244 x 122 cm Rp 155.000
Triplek MDF 18 mm 40 cm x 60 cm Rp 44.550
Teakwood 3 mm 122 x 244 cm Rp 62.000
  • Harga Triplek Albasia

Jenis Ukuran Harga
Triplek Albasia 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 65.500
Triplek Albasia 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 119.500
Triplek Albasia 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 170.000
Triplek Albasia 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 225.000
Triplek Albasia 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 272.500
Triplek Albasia 18 mm 2440 mm x 1220 mm x 18 mm Rp 328.100
Triplek Albasia 25 mm 2440 mm x 1220 mm x 25 mm Rp 340.800

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, harga triplek kayu albasia juga berbeda-beda tergantung dengan ukuran dan ketebalannya masing-masing. Selain itu, triplek kayu albasia memiliki tekstur kayu yang renyah dan ringan sehingga sering diperlukan untuk beragam keperluan.

  • Harga Triplek Meranti

Jenis Ukuran Harga
Triplek Meranti 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 41.500
Triplek Meranti 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 68.500
Triplek Meranti 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 94.000
Triplek Meranti 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 135.000
Triplek Meranti 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 162.500
Triplek Meranti 18 mm 2440 mm x 1220 mm x 18 mm Rp 183.100
Triplek Meranti 25 mm 2440 mm x 1220 mm x 25 mm Rp 220.800

Di pasaran harga triplek kayu meranti sering berubah-ubah tergantung dengan kebijakan penjual dan toko masing-masing. Untuk harganya, triplek satu ini juga dilihat dari ukuran dan ketebalan tiap triplek. Triplek kayu meranti ini merupakan salah satu jenis triplek yang banyak dicari oleh konsumen.

  • Harga Triplek Tebal Kayu Sengon

Jenis Ukuran Harga
Triplek Sengon 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 58.500
Triplek Sengon 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 107.500
Triplek Sengon 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 163.000
Triplek Sengon 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 212.000
Triplek Sengon 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 263.500
Triplek Sengon 18 mm 2440 mm x 1220 mm x 18 mm Rp 297.100
Triplek Sengon 25 mm 2440 mm x 1220 mm x 25 mm Rp 325.800

Harga triplek kayu sengon sangat bervariasi mulai dari panjang, lebar dan ketebalannya. Jenis triplek kayu ini paling banyak digemari karena ketahanan, tekstur yang lunak. Oleh karena itu, banyak yang menyebut juga triplek ini dengan triplek softwood.

  • Harga Triplek Tipis Kayu Tunas

Jenis Ukuran Harga
Triplek Tunas 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 32.100
Triplek Tunas 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 45.500
Triplek Tunas 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 59.000
Triplek Tunas 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 78.000
Triplek Tunas 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 92.500

Triplek kayu tunas merupakan salah satu jenis triplek yang banyak digunakan untuk keperluan furniture karena ia memiliki sifat yang keras dan lebih tahan lama. Oleh karena itu, harga triplek kayu tunas ini cukup bervariasi tergantung dengan tebal dan ukurannya.

  • Harga Triplek Kayu Palem

Jenis Ukuran Harga
Triplek Palem 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 49.200
Triplek Palem 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 87.200
Triplek Palem 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 129.000
Triplek Palem 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 180.000
Triplek Palem 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 230.500
Triplek Palem 18 mm 2440 mm x 1220 mm x 18 mm Rp 285.100
Triplek Palem 25 mm 2440 mm x 1220 mm x 25 mm Rp 315.800

Untuk triplek palem, sebenarnya hampir sama dengan jenis tunas yang digunakan untuk furniture. Harga triplek kayu palm tak jauh berbeda dengan lainnya yang ditentukan dengan ukuran dan ketebalan triplek.

  • Harga Triplek Sonokeling (Fancy Plywood)

Jenis Ukuran Harga
Triplek Sonokeling 3 mm 244 x 122 cm Rp 70.000
Triplek Sonokeling 6 mm 244 x 122 cm Rp 125.000
Triplek Sonokeling 9 mm 244 x 122 cm Rp 195.000
Triplek Sonokeling 12 mm 244 x 122 cm Rp 245.000

Harga triplek kayu sonokeling bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar dan toko masing-masing. Ukuran dan ketebalan menjadi penentu harga, biasanya semakin tebal triplek maka semakin tinggi pula harganya.

  • Harga Triplek Mahoni (Fancy Plywood)

Jenis Ukuran Harga
Triplek Mahoni 3 mm 244 x 122 cm Rp 69.000
Triplek Mahoni 6 mm 244 x 122 cm Rp 123.000
Triplek Mahoni 9 mm 244 x 122 cm Rp 193.000
Triplek Mahoni 12 mm 244 x 122 cm Rp 243.000
Triplek Mahoni 15 mm 244 x 122 cm Rp 287.000

Sesuai dengan namanya, triplek satu ini berbahan kayu mahoni yang dikenal berkualitas. Harga triplek kayu mahoni ini cukup variatif sehingga bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing.

  • Harga Teakwood

Jenis Ukuran Harga
Teakwood Jati 3 mm 122 x 244 cm Rp 62.000
Teakwood Viva 60 x 60 cm Rp 47.000
Teakwood Twin Doves 3 x 7 Rp 125.000
Teakwood Silver 4 × 8 Rp 92.000
Teakwood Besar 90 X 210 Rp 15.000
Teakwood Sungkai 3 x 7 Rp 66.200

Triplek teakwood sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kayu jati karena jenis ini terbuat dari lembaran kayu jati yang dipadatkan. Oleh karena itu, harga teakwood ini hampir sama dengan triplek kayu jati tergantung kebijakan toko masing-masing.

  • Harga Partikel Board

Jenis Ukuran Harga
Partikel Board 6 mm 244 x 122 cm Rp 48.000
Partikel Board 9 mm 244 x 122 cm Rp 72.000
Partikel Board 12 mm 244 x 122 cm Rp 89.000
Partikel Board 15 mm 244 x 122 cm Rp 101.000
Partikel Board 18 mm 244 x 122 cm Rp 124.000

Harga partikel board sangat bermacam-macam sesuai dengan tebal dan ukuran. Jenis satu ini banyak digunakan untuk interior rumah karena ia rentan terhadap air dan tidak bisa bertahan lama.

  • Harga Blockboard

Jenis Ukuran Harga
Blockboard 12 mm 244 x 122 cm Rp 115.000
Blockboard 15 mm 244 x 122 cm Rp 155.000
Blockboard 18 mm 244 x 122 cm Rp 175.000
Blockboard 25 mm 244 x 122 cm Rp 201.000

Blockboard merupakan jenis triplek tebal dan cukup eksklusif karena ia memiliki tiga lapisan triplek. Harga triplek blockboard ini sangat bervariasi mengingat kekuatan, ketebalan dan ukurannya yang beragam.

  • Harga Triplek MDF

Jenis Ukuran Harga
Triplek MDF Mini 6 mm 15 cm x 30 cm Rp. 2.750
MDF Anti air 6 mm 40 cm x 30 cm Rp. 7.450
MDF Lembaran 6 mm 1220 cm x 2440 cm Rp. 92.100
MDF 9 mm warna 20 cm x 20 cm Rp. 5.800
MDF 9 mm warna 30 cm x 40 cm Rp. 17.500
MDF 9 mm warna 30 cm x 60 cm Rp. 26.200
MDF 9 mm 30 cm x 40 cm Rp. 8.350
MDF Board 12 mm 40 cm x 30 cm Rp. 11.100
Triplek MDF 18 mm 40 cm x 60 cm Rp. 44.550

MDF atau Medium Density Fibreboard adalah triplek yang paling umum digunakan untuk konstruksi bangunan karena memiliki kekuatan standar. Harga MDF di pasaran cukup bermacam-macam sesuai dengan ukuran dan ketebalan.

Tips Memilih Triplek Terbaik

  • Kenali lapisan triplek

Untuk mendapatkan triplek yang baik dan sesuai, sebaiknya mengetahui jenis-jenis triplek terlebih dahulu. Setelah tahu apa saja jenis-jenis triplek, akan lebih baik untuk kenali lapisan triplek pula. Hal ini dapat menghindari kesalahan dalam memilih triplek yang terkadang salah pengaplikasian.

  • Periksa kerataan dan kelurusan periksa tiap tepi

Bagian yang paling penting untuk mendapatkan triplek terbaik yakni dengan memeriksa fisik triplek tersebut. Adapun yang dimaksud dengan cara periksa kerataan dan kelurusan periksa tiap tepi triplek. Periksa bagian kanan kiri, depan belakang triplek apakah benar-benar lurus dan tidak ada gelembung yang membuat permukaan triplek tidak rata.

Tidak hanya memeriksa bagian depan belakang saja, namun penting juga untuk periksa tiap tepi triplek. Pastikan bagian tepi triplek memiliki presisi, lurus serta tidak memiliki gelembung pada bagian tepi sebab jika demikian triplek tidak akan memberikan hasil yang maksimal sesuai keinginan.

  • Periksa apakah ada bercak noda/cacat pada triplek

Penting pula untuk periksa apakah ada bercak noda/cacat pada triplek. Adanya noda ini dapat mengurangi nilai dan keindahan ruangan mengingat beberapa triplek dibuat dengan adanya motif yang indah. Semakin bersih dan lurus triplek maka akan semakin mudah pemasangannya.

  • Pilih material kayu sesuai kebutuhan

Saat membeli triplek, sangat penting untuk mengetahui jenis triplek seperti apa yang dibutuhkan. Pilih material kayu sesuai kebutuhan dan tertunya berkualitas. Akan lebih baik jika memilih triplek yang bebas formaldehyde sehingga cat lebih ramah lingkungan baik anak-anak maupun orangtua. Dan yang tidak kalah penting adalah memilih jenis triplek yang kuat agar tahan lebih lama.

  • Beli di toko bonafit dan terpercaya

Untuk mendapatkan triplek bagus dan berkualitas, maka triplek harus beli di toko bonafit dan terpercaya. Saat ini banyak tempat yang menjual berbagai jenis triplek dengan beragam merk, jenis, ukuran dan ketebalan. Namun untuk toko yang dapat memberikan layanan berkualitas dan kesempatan bagus bisa dikatakan terbatas.

Dengan memperoleh triplek ditempat yang terpercaya maka besar kemungkinan triplek tersebut memiliki kualitas yang baik karena biasanya mereka menjamin kualitas barang yang dijual. Selain itu, toko triplek tersebut mempunyai beragam pilihan merk, ukuran dan ketebalan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

  • Ajak tukang yang berpengalaman

Memasang triplek memang terlihat mudah, namun pada dasarnya memasang triplek bukanlah yang mudah ajak tukang yang berpengalaman. Dengan bantuan ahli ini triplek bisa dipasang dengan benar dan meminimalisir kesalahan.

Beberapa bagian yang sering mengalami gangguan dan kesulitan yakni menyamakan ukuran triplek dengan tempat pemasangan. Hal ini bisa terjadi karena waktu pengukuran kurang teliti sehingga kerap kali mengalami kesalahan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memasang triplek baik untuk desain interior, eksterior maupun untuk furniture dengan bantuan para ahli.

Fungsi Triplek

ukuran triplek cor

Triplek merupakan salah satu material yang juga pasti dipertimbangkan dalam membuat konstruksi bangunan, baik itu untuk konstruksi rumah maupun bangunan. Pada dasarnya, material triplek ini sendiri memiliki banyak fungsi dan kegunaan, baik untuk interior maupun eksterior. Berikut adalah beberapa fungsi diantaranya.

  • Material Pelapis Dinding

Fungsi paling sering ditemui dari triplek untuk konstruksi bangunan adalah untuk material pelapis dinding. Memanfaatkan triplek untuk pelapis dinding akan menambah nilai estetik pada bangunan rumah. Selain itu, triplek biasanya juga digunakan untuk sekat pembatas ruang.

  • Untuk Material Lantai Rumah

Jika kebanyakan rumah menggunakan lantai dari keramik, namun triplek juga bisa digunakan sebagai material untuk latai rumah. Sama seperti dinding tadi, penggunaan triplek untuk lantai rumah juga akan menambahkan nilai estetik. Sayangnya, lantai dari bahan triplek ini tidak tahan air.

  • Material Pelapis Furniture

Ini adalah fungsi umum lain dari penggunaan triplek untuk konstruksi bangunan, yaitu sebagai material pelapis furniture. Karakteristiknya yang memiliki permukaan halus dan licin menjadikan triplek cocok untuk pelapis furniture. Penggunaannya misalnya pada lemari, buffet, kitchen set dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Triplek

triplek

Triplek memiliki peran penting dalam konstruksi bangunan. Bahan dasar pembuat triplek ini yaitu dari helaian kayu yang direkatkan menjadi satu hingga padat dengan ketebalan yang sudah ditentukan. Triplek yang dijual di pasaran memiliki jenis dan harga yang bervariasi tergantung dari ukuran dan ketebalan.

Nah untuk teman teman yang kebetulan sedang membutuhkan informasi mengenai keunggulan dan kelemahan material papan lapis ini, berikut akan kami paparkan informasi macam macam kelebihan dan kekurangannya yang bisa kalian simak..

Kelebihan / Keunggulan Triplek

Sebelum memutuskan untuk menggunakan material ini pada konstruksi bangunan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan material ini. Dengan begitu nantinya bisa menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya. Berikut adalah kelebihannya:

  • Penggunaannya Praktis dan Mudah untuk Dibentuk

Dibandingkan jenis material lain, kebanyakan triplek memiliki sifat yang lentur. Inilah yang membuatnya jadi lebih mudah dibentuk serta praktis penggunaannya.

  • Pilihannya Beragam

Kelebihan selanjutnya adalah triplek memiliki pilihan yang beragam. Mulai dari ukuran hingga warna. Karena itulah triplek banyak dipilih untuk material konstruksi karena konsumen tidak jadi memiliki lebih banyak pilihan sesuai dengan kebutuhannya.

  • Ketahanannya Tinggi

Material triplek ini unggul dari segi ketahanan, terutama ketahanan terhadap penyusutan. Jadi, meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun pun bentuk maupun ukurannya tidak akan mengalami perubahan.

  • Strukturnya Lebih Kokoh

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, material triplek ini tersusun atas beberapa lapisan. Inilah yang membuat strukturnya jadi lebih kokoh. Maka dari itu triplek ini banyak digunakan untuk rangka utama furniture.

  • Perawatannya Lebih Mudah

Tidak hanya mudah dibentuk dan praktis, dari segi perawatan pun material triplek ini lebih mudah. Perawatan untuk triplek tidak membutuhkan banyak biaya karena pada dasarnya merupakan produk kayu yang sudah diolah.

Kekurangan / Kelemahan Triplek

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, triplek juga memiliki kekurangan yang tak kalah penting untuk anda ketahui. Berikut langsung saja anda simak ulasan lengkapnya :

  • Kurang Cocok untuk Ditempatkan Outdoor

Material triplek kurang cocok jika digunakan untuk penggunaan outdoor. Saat terkena perubahan cuaca yang signifikan, triplek pun akan mudah rusak.

  • Proses Pemilihan, Pemasangan hingga Finishing Harus Teliti

Kekurangan lain dari penggunaan triplek ini adalah butuh ketelitian tinggi, mulai dari pemilihan, pemasangan hingga finishing. Dengan begitu nantinya kualitas yang didapatkan juga sesuai dengan harapan.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang ukuran triplek, grade, jenis, fungsi, kelebihan kekurangan dan tentunya harga triplek terbaru tahun 2021 yang perlu anda ketahui. Sebagai salah satu material untuk konstruksi, triplek tentu memberikan daya tarik tersendiri sehingga banyak digunakan.

Meski demikian, sebelum menggunakannya, ada baiknya mengetahui hal-hal dasar tentang material ini lebih dulu. Terus ikuti perkembangan harga material bangunan hanya di situs katalog bahan bangunan terbaik Hargabangunan.id

Kata Kunci :

harga multiplek 9mm,harga triplek 9mm,ukuran panjang lebar multiplek,Ukuran panjang triplek,triplek 1 lembar,jual kayu mdf 96 x 48,harga triplek per lembar 2021,Harga triplek megateak 3 mm,Harga Triplek 3mm 120 x 240,ukuran triplek

Related posts:
Gravatar Image
Yok dekorasi rumah kamu secantik mungkin bersama Tim Kami!

2 comments

  1. At this moment I am ready to do my breakfast, after having my breakfast coming over again to read more news.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *