Upah Tukang dan Kuli Bangunan Standar Pemerintah

Mau Renovasi Rumah ?☑️ Ketahui dulu upah tukang bangunan 2021 standar pemerintah untuk upah tukang harian & jasa borongan tanpa material☑️

Ketika hendak membangun rumah atau gedung, biasanya orang menggunakan jasa tukang bangunan. Pekerjaan ini memiliki banyak spesifikasi yang membuat masing-masing pekerjanya bekerja sesuai dengan tugasnya. Berikut ini adalah rincian mengenai kuli bangunan, tukang batu, dan tarif harganya.

Jenis Tukang Bangunan

tukang bangunan

semua pekerja yang membangun rumah atau bekerja dalam pembangunan konstruksi memang sering disebut tukang atau kuli bangunan seluruhnya. Padahal ada beragam tugas dan jenis pekerjaan yang mereka miliki, misalnya tukang galian, jenis pekerjaan lainnya adalah:

  • Tukang Besi

Merupakan tukang yang memegang kendali terkait dengan pemasangan besi pada pondasi rumah. Tukang besi diharuskan memiliki tangan yang kaut dan cekatan, serta mengetahui perhitungan pemasangan besi yang benar agar pondasi rumah tidak bengkok, entah perhitungan pemasangan besi hollow, besi siku, dan juga besi wiremesh.

  • Tukang Kayu

Berikutnya adalah tukang kayu, mereka bekerja dengan membuat dan membentuk berbagai pondasi yang terbuat dari kayu. Misalnya kayu untuk bagian atap dan tiang rumah, jika rumah atau bangunan dibuat menggunakan kayu sebagai bahan dasar. Namun akan berbeda jika menggunakan atap baja ringan maupun atap spandek.

  • Tukang Cat

Tukang cat juga termasuk sebagai kuli bangunan, dengan tugas untuk melakukan pengecatan dan finishing pada bangunan atau rumah. Tidak hanya harus mengetahui jenis cat yang tepat untuk diaplikasikan, ia juga harus mengetahui berbagai model cat yng ada di pasaran.

  • Tukang Beksiting

Anda mungkin agak asing dengan tugas sebagai tukang bekisting, akan tetapi dalam pekerjaan pembangunan atau konstruksi, tukang ini memiliki peran yang penting. Ia akan memasang beksiting pada kayu dan juga bondek, merapikannya, dan menempatkannya di area yang benar.

  • Tukang Gambar (Drafter)

Meskipun sederhana, namun tugas kuli bangunan lain yang perlu diperhatikan adalah tukang gambar (drafter). Tugas mereka tidak sederhana meskipun hanya menjadi penggambar selama proses kerja. Gambar yang dibuat harus akurat dan sesuai dengan pesanan klien, serta gambar tersebut mempresentasikan bangunan yang hendak dibuat.

  • Tukang Spesialis Cor

Ketika membangun pondasi, tentu ada pengecoran yang harus dilakukan dan menjadi tugas bagi tukang spesialis cor. Tukang ini tidak hanya melakukan pengecoran untuk mendapatkan tempat pembangunan pondasi, ia juga harus menyiapkan berbagai peralatan cord an menghitung proses pengecoran dengan benar.

  • Tukang Aluminium

Berikutnya adalah tukang spesialis aluminium yang cocok untuk mereka yang memiliki pengetahuan terkait dengan penggunaan baja atau aluminium. Mereka tidak hanya memilihkan aluminium atau baja yang tepat untuk rumah, mereka juga harus memasang baja tersebut sesuai dengan draft yang sudah dibuat sebelumnya.

  • Tukang Keramik

Banyak rumah yang saat ini sudah menggunakan keramik sebagai lantai, bahkan ada pula yang menggunakan keramik sebagai pelapis dinding. Agar tidak salah dalam pemasangan, Anda bisa menggunakan tukang keramik yang berpengalaman. Mereka tentu akan memberikan hasil kerja yang baik dan tidak mengecewakan Anda.

  • Tukang Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, karena itu setelah rumah selesai dibangun, menggunakan tukang listrik bisa menjadi pilihan. Mereka akan membangun dan membuat instalasi listrik, sehingga Anda bisa bekerja dan beraktifitas di rumah dengan listrik yang menyala.

  • Tukang Plumbing

Untuk rumah atau gedung yang dibuat sederhana, Anda tidak perlu menggunakan tukang plumbing untuk membuat pondasi bangunan. Berbeda jika rumah atau bangunan yang Anda buat dibuat kompleks, lengkap dan kuat, maka menggunakan tenaga ahli plumbing sangat diperlukan.

  • Tukang Pengukuran/Surveyor

Pembangunan gedung atau rumah tidak dilakukan dengan sekejap, pengukuran dan pemilihan lokasi yang tepat juga harus dilakukan. Hal ini akan menentukan konstruksi bangunan berhasil dibangun dengan benar ataukah tidak.

Tukang bangunan yang memiliki kriteria untuk bekerja sesuai dengan kualifikasi tersebut adalah tukang spesialis pengukuran/surveyor, yang akan mengukur area bangunan dan membuatnya berdiri di tanah yang Anda miliki secara sah.

Upah Tukang Bangunan Standar Pemerintah

upah tukang bangunan standar pemerintah

Upah tukang bangunan menurut PP Nomot 70 Tahun 2015 yakni Rp 120.000 hingga 180.000 per hari ,sedangkan untuk tarif upah tukang borongan berkisar antara Rp 2.550.000 hingga Rp. 5.500.000 tergantung daerah dan material yang akan digunakan. Detail rinciannya bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

Upah Satuan Harga
Buruh Semi Terampil Harian Rp. 80.000
Buruh Tak Terampil Harian Rp. 70.000
Buruh Terampil Harian Rp. 90.000
Kepala Tukang Harian Rp. 120.000
Mandor Harian Rp. 140.000
Mekanik Terampil Harian Rp. 120.000
Mekanik Semi Terampil Harian Rp. 100.000
Operator Terlatih Harian Rp. 140.000
Ahli Bor Harian Rp. 130.000
Pekerja Harian Rp. 80.000
Pekerja Tak Terlatih Harian Rp. 70.000
Pembantu Sopir Harian Rp. 80.000
pembantu Operator Harian Rp. 80.000
Penjaga malam Harian Rp. 100.000
Sopir Terlatih Harian Rp. 150.000
Tukang Harian Rp. 120.000
Tukang Las Konstruksi Harian Rp. 100.000
Tukang Bor Dalam Harian Rp. 110.000
Tukang Listrik Harian Rp. 100.000
Juru Ukur Harian Rp. 120.000
Pembantu Juru Ukur Harian Rp. 90.000

Untuk memberikan upah pada tukang atau kuli bangunan, Anda tidak boleh melakukannya sembarangan. Sebab sudah ada aturan yang mengatur masalah tersebut dan diterbitkan di tahun 2015. Rincian upah minimum tukang bangunan standar pemerintah menurut PP Nomot 70 Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Upan Tukang Bangunan Harian

Jika Anda menggunakan tukang atau kuli bangunan dan membayarnya secara harian, umumnya tarif tukang bangunan standar berkisar antara 120.000 hingga Rp. 180.000. Pemberian upah tukang bangunan harian tersebut harus sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan dengan pemerintah.

Jangan sampai Anda memberikan upah yang terlalu rendah, padahal tukang melakukan pekerjaan yang berat.

  1. Upah Tukang Bangunan Borongan

Ada pula orang yang lebih tertarik menggunakan jasa pekerja borongan, sebab pembayaran bisa dilakukan langsung sesuai dengan kontrak atau kesepakatan yang telah dilakukan. Umumnya adalah antara Rp 2.550.000 hingga Rp. 5.500.000.

Meski demikian, sama seperti upah harian, upah tukang bangunan borongan juga harus sesuai dengan ketetapan pemerintah dan daerah.

  1. Upah Lembur Tukang Bangunan

Sama seperti pekerjaan lainnya, kuli bangunan juga bisa mengambil lembur apabila memang dibutuhkan. Upah lembur tukang bangunan mungkin berbeda-beda di berbagai wilayah, sebab harga pasaran pekerjanya juga berlainan.

Sebelum melakukan lembur, tanyakan pada kontraktor atau mandor mengenai biaya yang harus Anda berikan. Setiap pekerjaan satuan tukang memiliki tarif lembur yang berbeda beda. Berikut KISARAN tarif lembur tukang per jam yang coba Hargabangunan.id rangkum untuk anda:

Jenis Lembur Satuan Upah/ Tarif
Upah Tukang Galian
Mandor Tukang Gali Tanah Per 1 Jam Rp 16.500
Kepala Tukang Gali Tanah Per 1 Jam Rp 13.500
Tukang Tukang Gali Tanah Per 1 Jam Rp 13.500
Upah Tukang Batu
Kepala Tukang Batu Per 1 Jam Rp 16.500
Tukang Batu Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Tukang Batu Semi Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Kenek Per 1 Jam Rp 10.500
Upah Tukang Kayu
Kepala Tukang Kayu Per 1 Jam Rp 16.500
Tukang Kayu Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Tukang Kayu Semi Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Upah Tukang Las & Besi
Kepala Tukang Besi Per 1 Jam Rp 16.500
Tukang Besi Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Tukang Besi Semi Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Upah Tukang Cat
Kepala Tukang Cat Per 1 Jam Rp 16.500
Tukang Cat Terampil Per 1 Jam Rp 13.500
Tukang Cat Semi Terampil Per 1 Jam Rp 13.500

Tarif upah diatas hanyalah KISARAN dan BISA BERUBAH SEWAKTU WAKTU. Jika ingin memberikan kemudahan dalam memberikan upah pada tukang bangunan, Anda bisa menggunakan upah tukang bangunan berstandar pemerintah (SNI).

Anda bisa bertanya pada orang yang lebih paham mengenai jumlah upah tersebut, atau menanyakannya langsung pada mandor dan kontraktor yang ada pada daerah dimana anda tinggal untuk mendapatkan tarif/ upah yang lebih VALID.

Cara Menghitung Upah Tukang Bangunan

Sumber : Channel Rendi Official

Ada cara yang mudah untuk Anda yang masih bingung untuk menentukan upah kuli atau tukang bangunan. Cara menghitung upah tukang bangunan sebenarnya sederhana, yakni dengan mengalikan upah harian yang hendak dibayar dengan waktu pelaksanaan.

Nantinya pihak kontraktor bisa saja menambahkan keuntungan dengan jumlah tertentu. Untuk lebih mudah dalam memahami bagaimana cara menghitung upah tukang bangunan harian dan lembur, silahkan simak baik baik video yang kami paparkan diatas.

Kriteria Tukang Bangunan Profesional

upah tukang

Apabila Anda hendak menggunakan tukang bangunan, ketahui kriteria tukang bangunan professional berikut ini. Sehingga Anda tidak salah dalam memilih dan mendapatkan hasil yang maksimal, diantaranya adalah:

  • Disiplin dan tepat waktu, sehingga pekerjaan bisa selesai sesuai rencana.
  • Memiliki fisik yang sehat dan sempurna, sehingga tidak lekas lelah ketika bekerja.
  • Sebaiknya pilih yang sudah berpengalaman dan terpercaya, dengan begitu hasilnya akan baik.
  • Dapat memahami gambar yang dibuat oleh desainer draft atau arsitek, sehingga bisa bekerja secara mandiri.
  • Memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai untuk pekerjaan kuli bangunan.

Sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan yang dilakukan oleh tukang dan kuli bangunan, misalnya upah tukang aspal dan juga yang paling umum adalah mandor. Profesi mandor inilah yang akan menjembatani pekerja bangunan lain dengan klien. Mandor akan membantu proses pengerjaan bangunan dengan menyampaikan instruksi atau complain.

Mandor juga mengurus berbagai pembelian material yang digunakan untuk membangun rumah, diantaranya adalah semen, granit dan mermet, cat, serta berbagai bahan lain untuk membangun rumah. Walaupun tidak ikut turun membangun, namun ia memberikan sumbangsih yang cukup besar.

Info Perkembangan Harga Lainnya :
Harga Kalsiboard Harga Triplek
Harga GRC Harga HPL

Itulah berbagai informasi mengenai upah tukang bangunan 2021 standar pemerintah, jenis pekerjaan kuli atau tukang bangunan dan kriteria tukang bangunan professional. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang hendak mempekerjakan mereka dalam waktu dekat, baik untuk membangun rumah atau melakukan renovasi.

Related posts:
Gravatar Image
Sarjana Teknik Sipil yang senang dekorasi rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *