Upah Tukang Bangunan Standar Pemerintah Th. 2024

5 min read

Mau Renovasi Rumah ?☑️ Ketahui dulu upah tukang bangunan 2024 standar pemerintah untuk upah Tukang & Kuli harian dan borongan☑️

Ketika hendak membangun rumah atau gedung, biasanya orang menggunakan jasa tukang bangunan. Pekerjaan ini memiliki banyak spesifikasi yang membuat masing-masing pekerjanya bekerja sesuai dengan tugasnya. Berikut ini adalah rincian mengenai kuli bangunan, tukang batu, dan tarif harganya.

Jenis Tukang Bangunan

tukang bangunan

semua pekerja yang membangun rumah atau bekerja dalam pembangunan konstruksi memang sering disebut tukang atau kuli bangunan seluruhnya. Padahal ada beragam tugas dan jenis pekerjaan yang mereka miliki, misalnya tukang galian, jenis pekerjaan lainnya adalah:

  • Tukang Besi

Merupakan tukang yang memegang kendali terkait dengan pemasangan besi pada pondasi rumah. Tukang besi diharuskan memiliki tangan yang kaut dan cekatan, serta mengetahui perhitungan pemasangan besi yang benar agar pondasi rumah tidak bengkok, entah perhitungan pemasangan besi hollow, besi siku, dan juga besi wiremesh.

  • Tukang Kayu

Berikutnya adalah tukang kayu, mereka bekerja dengan membuat dan membentuk berbagai pondasi yang terbuat dari kayu. Misalnya kayu untuk bagian atap dan tiang rumah, jika rumah atau bangunan dibuat menggunakan kayu sebagai bahan dasar. Namun akan berbeda jika menggunakan atap baja ringan maupun atap spandek.

  • Tukang Cat

Tukang cat juga termasuk sebagai kuli bangunan, dengan tugas untuk melakukan pengecatan dan finishing pada bangunan atau rumah. Tidak hanya harus mengetahui jenis cat yang tepat untuk diaplikasikan, ia juga harus mengetahui berbagai model cat yng ada di pasaran.

  • Tukang Beksiting

Anda mungkin agak asing dengan tugas sebagai tukang bekisting, akan tetapi dalam pekerjaan pembangunan atau konstruksi, tukang ini memiliki peran yang penting. Ia akan memasang beksiting pada kayu dan juga bondek, merapikannya, dan menempatkannya di area yang benar.

  • Tukang Gambar (Drafter)

Meskipun sederhana, namun tugas kuli bangunan lain yang perlu diperhatikan adalah tukang gambar (drafter). Tugas mereka tidak sederhana meskipun hanya menjadi penggambar selama proses kerja. Gambar yang dibuat harus akurat dan sesuai dengan pesanan klien, serta gambar tersebut mempresentasikan bangunan yang hendak dibuat.

  • Tukang Spesialis Cor

Ketika membangun pondasi, tentu ada pengecoran yang harus dilakukan dan menjadi tugas bagi tukang spesialis cor. Tukang ini tidak hanya melakukan pengecoran untuk mendapatkan tempat pembangunan pondasi, ia juga harus menyiapkan berbagai peralatan cord an menghitung proses pengecoran dengan benar.

  • Tukang Aluminium

Berikutnya adalah tukang spesialis aluminium yang cocok untuk mereka yang memiliki pengetahuan terkait dengan penggunaan baja atau aluminium. Mereka tidak hanya memilihkan aluminium atau baja yang tepat untuk rumah, mereka juga harus memasang baja tersebut sesuai dengan draft yang sudah dibuat sebelumnya.

  • Tukang Keramik

Banyak rumah yang saat ini sudah menggunakan keramik sebagai lantai, bahkan ada pula yang menggunakan keramik sebagai pelapis dinding. Agar tidak salah dalam pemasangan, Anda bisa menggunakan tukang keramik yang berpengalaman. Mereka tentu akan memberikan hasil kerja yang baik dan tidak mengecewakan Anda.

  • Tukang Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, karena itu setelah rumah selesai dibangun, menggunakan tukang listrik bisa menjadi pilihan. Mereka akan membangun dan membuat instalasi listrik, sehingga Anda bisa bekerja dan beraktifitas di rumah dengan listrik yang menyala.

  • Tukang Plumbing

Untuk rumah atau gedung yang dibuat sederhana, Anda tidak perlu menggunakan tukang plumbing untuk membuat pondasi bangunan. Berbeda jika rumah atau bangunan yang Anda buat dibuat kompleks, lengkap dan kuat, maka menggunakan tenaga ahli plumbing sangat diperlukan.

  • Tukang Pengukuran/Surveyor

Pembangunan gedung atau rumah tidak dilakukan dengan sekejap, pengukuran dan pemilihan lokasi yang tepat juga harus dilakukan. Hal ini akan menentukan konstruksi bangunan berhasil dibangun dengan benar ataukah tidak.

Tukang bangunan yang memiliki kriteria untuk bekerja sesuai dengan kualifikasi tersebut adalah tukang spesialis pengukuran/surveyor, yang akan mengukur area bangunan dan membuatnya berdiri di tanah yang Anda miliki secara sah.

Upah Tukang Bangunan Standar Pemerintah

upah tukang bangunan standar pemerintah

Upah tukang bangunan menurut PP Nomot 70 Tahun 2015 yakni Rp 120.000 hingga 180.000 per hari ,sedangkan untuk tarif upah tukang borongan berkisar antara Rp 2.550.000 hingga Rp. 5.500.000 tergantung daerah dan material yang akan digunakan. Detail rinciannya bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

11 Replies to “Upah Tukang Bangunan Standar Pemerintah Th. 2024”

  1. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was good.

    I don’t know who you are but certainly you’re going to
    a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!

  2. I am regular reader, how are you everybody? This article
    posted at this site is really nice.

  3. Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
    I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I will definitely return.

  4. I absolutely love your blog and find many of your post’s to be exactly what I’m looking for.

    Does one offer guest writers to write content
    to suit your needs? I wouldn’t mind composing a post
    or elaborating on some of the subjects you write concerning here.
    Again, awesome web site!

  5. Kalau untuk proyek dengan nilai RAB kisaran 500jt berapa harga harian ,mandor,kepala tukang,tukang ,dan kuli bos

  6. Informasi daftar upah yang anda share sudah tidak relevan lagi. Sudahkah anda survey langsung ke lapangan?
    Informasi yang kurang tepat mungkin dapat mengakibatkan kerugian untuk beberapa pihak terkait.

    1. Baik, trimakasih atas masukannya bapak…awal januari lalu tim kami sudah melakukan riset ke beberapa proyek pembangunan perumahan di surabaya.. sehingga utk area surabaya, tarif diatas masih relevan…namun jika bapak ada masukan maupun informasi yang bisa memberikan manfaat lebih untuk para pembaca kami sangat terbuka menerimanya. Akan kami revisi tarif yang sekiranya tidak relevan dengan kondisi di lapangan. Terimakasih,

  7. Mantappp..jadi tau perkembangan harga tukang, btw harga yg kakak paparkan diatas sama persis dengan daerahku kak. kebetulan ak di Sukodono Sidoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page